Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Khazanah

Closing Statement Operasional Akhir Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2022

Advertisement

Waktu.news | Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2022 telah berakhir hari ini, kamis 18 agustus 2022, sebagaimana mana dilansir dari kanal Kemenag RI.

Closing Statement Akhir Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2022 Oleh Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Republik Indonesia

Penyelenggaraan ibada haji tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Selaku menteri agama Republik Indonesia yang oleh undang undang diberikan Amanah untuk menyelenggarakan ibadah haji, saya ingin mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo karena atas arahan dan petunjuk petunjuk beliaulah, Penyelenggaraan ibadah haji Tahun 2022 berjalan tuntas dengan baik.

Advertisement

Ketua dan Wakil Ketua DPR RI yang juga selalu memberikan support kepada Kita semua selaku penyelenggara. Pimpinan dan anggota komisi 8 DPR RI yang sudah sangat luar biasa dalam memberikan waktu, tenaga, pikiran dan dedikasinya dan kerja samanya bersama dengan Kementerian Agama yang dalam tiap tahap penyelenggaraan ibadah haji selalu terlibat memberikan kontrol dan pengawasan kepada kami semua. Sehingga alhamdulillah ibadah ini bisa berjalan dengan lancar.

Terima kasih juga secara khusus kepada Pak yandri Susanto, Wakil Ketua MPR RI Yang Luar biasa kepada kita memberikan arahan, solusi-solusi atas kebuntuan-kebuntuan. Sebagaimana yang kita tahu, semua di awal pelaksanaan, tiba tiba harga massa air naik Dan kita sempat mengalami kebuntuan bagaimana mencari solusi dan pak yandri selaku ketua komisi 8 DPR RI pada waktu itu memberikan Solusi yang sangat baik sehingga Ibadah haji bisa terlaksana sesuai dengan apa yang kita rencanakan.

Advertisement

Terima kasih kepada Menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Republik Indonesia pak Menko PMK, Menteri kesehatan Republik Indonesia yang mengirimkan Petugas kesehatan dan sangat dedikatif luar biasa,  berdedikasi tinggi dengan semangat juang yang juga tidak kalah dengan petugas yang lainnya.

Jamaah yang Wafat pada misi haji tahun ini Sangat Kecil jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Update per saat ini 90 jamaah wafat dan masih tertinggal 8 jamaah haji yang dirawat di sana yang insya allah sebentar lagi juga akan segera kembali ke tanah air.

Terima kasih kepada menteri Perhubungan Republik Indonesia yang tanpa Beliau tanpa pak budi karya ini saya kira jamaah haji ini juga tidak mungkin bisa terbang ke saudi. Hambatan hambatan yang terjadi selama misi haji, salah satunya pemberangkatan jamaah dari bandara juanda Surabaya yang pada saat itu belum siap secara teknis untuk di jadikan cara untuk pemberangkatan, tetapi karena solusi solusi yang diberikan oleh menteri Perhubungan Republik Indonesia budi karya. Alhamdulillah akhirnya bisa digunakan Dan sebagai bandara untuk memberangkatkan para jamaah haji.

Terima kasih juga kepada menteri hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia Yang karena fasilitas-fasilitas dari Kementerian Hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia ini. Meskipun belum seluruhnya fast track bisa kita laksanakan meskipun baru diindikasi Jakarta. Kemudian paspor jamaah juga sangat lancer, tidak ada sama sekali kendala.

Advertisement

Terima kasih Secara khusus spesial juga kami berikan kepada kepolisian Republik Indonesia. petugas dari kepolisian Indonesia di arab saudi dikenal dengan nama linjam perlindungan jam. Bekerja total sehingga Hampir tidak ada Kasus kasus yang Menonjol serius terkait dengan keamanan jamaah.

Terima kasih juga Secara khusus saya sampaikan kepada Panglima TNI karena tentara nasional Republik Indonesia ini juga bagian dari petugas linjam kemarin dedikasinya juga luar.

Terima kasih juga harus kami berikan kepada duta besar kerajaan saudi arabia di Jakarta yang selama proses pelaksanaan ibadah haji ini terus berkomunikasi dengan kami dan Memberikan update-update terkini, sehingga hampir semua Perubahan atau situasi bahkan cuaca di sana kami bisa update pertama kali dari
Duta besar kerajaan saudi arabia yang ada di Jakarta.

Terima kasih juga kami berikan kepada duta besar Indonesia untuk kerajaan saudi arabia Yang juga Dengan segala Kemampuannya memberikan fasilitasi kepada seluruh jamaah haji Indonesia Terutama yang terkait dengan urusan urusan diplomatik.

Terima kasih sebesar besarnya kepada seluruh awak media, baik dari televisi, radio, media online, maupun media media yang lain yang telah memberikan informasi yang akurat tepat Kepada seluruh masyarakat terutama yang ada di tanah air sehingga keluarga jamaah haji Bisa mendapatkan update terkini bagaimana situasi haji pelaksanaan ibadah haji dan tidak merasa harus mengkhawatirkan keluarganya yang sedang melaksanakan ibadah Di tanah suci.

Terima kasih dan Penghargaan yang setinggi tingginya tentu kepada seluruh petugas penyelenggara ibadah haji Baik di pusat di embarkasi Arab saudi maupun kloter atas dedikasi yang luar biasa dalam melayani seluruh jamaah mulai dari awal sampai akhir sampai kepulangan terakhir.

Saya tahu Para petugas ini Memberikan seluruh Apa yang mereka miliki, Tenaga, waktu kepedulian, bahkan kasih sayang kepada seluruh jamaah haji Indonesia. Penghormatan setinggi tingginya ini tulus kami berikan dan mudah mudahan karena kami tidak bisa memberikan balasan yang sesuai. Kami hanya mendoakan semoga apa yang saudara ada petugas ini berikan kepada seluruh jamaah mendapatkan Ridho dan pahala yang sepantasnya dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Advertisement

Dan yang paling akhir yang sungguh luar biasa saya ucapkan terima kasih tak terhingga juga serta rasa hormat kepada seluruh jamaah haji Indonesia yang selama pelaksanaan ibadah haji selalu dalam posisi tertib Dan disiplin mengikuti segala ketentuan Dan peraturan baik selama di tanah air maupun di tanah suci.

Ini dibuktikan beberapa penghargaan yang diberikan oleh pemerintah saudi arabia, meskipun tidak dalam bentuk piala piagam atau apa, tapi statement diberikan bahwa jamaah haji Indonesia adalah jamaah yang dikenal sangat tertib dan bisa menjadi contoh bagi jamaah jamaah dari negara lain.

Operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 2022 masehi saya nyatakan selesai dan sembari berharap semoga pelaksanaan ibadah haji di tahun depan yang menurut informasi yang saya terima dari Menteri haji dan umrah kerajaan saudi arabia jumlahnya mungkin akan bertambah dari pelaksanaan ibadah tahun ini.

Closing Statement Akhir Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2022 Oleh Wakil Ketua MPR RI Yandri Sutanto

Alhamdulillah kami tahu persis persiapannya sungguh luar biasa di tengah keterbatasan waktu, ada juga perasaan was was, tapi saya memastikan bahwa.
Segala persiapan termasuk hasil akhir sampai hari ini.
Dan saya melakukan penyelaman sung ke hampir ke semua sektor termasuk di.
Modali adik arafah, muzdalifah dan mina kemudian juga di Madinah.
Saya menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Kementerian Agama, termasuk para jamaah dan seluruh Kementerian terkait para pihak yang terkait itu sudah melakukan kerja kerja yang terbaik.

Oleh karena itu saya ucapkan selamat atas keberhasilan ini. Mudah mudahan yang baik baik kita pertahankan untuk musim haji yang ke depan dan hal hal yang dianggap kurang Kita tingkatkan sehingga kesempurnaan itu tidak mungkin kita capai, tapi menuju yang lebih baik itu menjadi cita cita kita semua.

Terima kasih kepada pimpinan komisi 8, para Wakil Ketua, para anggota yang terkadang siang malam dan yang paling menggetarkan kita atau membuat kita agak panik 4 hari sebelum kloter pertama terbang. Saudi meminta tambahan untuk masa 1,5 triliun. Tapi dengan kepala dingin dengan jiwa yang besar demi merah putih itu semua tidak ada gejolak dan alhamdulillah haji berjalan baik dan lancar.

Insya allah semua jamaah haji kita sekarang maupun tahun akan datang selalu menjadi haji yang mabrur. Saya kira itu komitmen kami dari komisi 8.

Saya memastikan akan tetap akan mengawal proses persiapan haji tahun depan. Dan karena saya sudah tahu a sampai z, bagaimana peluang dan tantangan yang harus kita hadapi,” pungkasnya. (red)

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button