Berita Boltim

Di Kukuhkan Kapolres, Pusat Ibu Kota Boltim Resmi Miliki Polsek

Kata Sachrul Mamonto: Perlu penambahan Polsek lagi, agar dapat mencakup 6% kebutuhan dari total sekitar 90 ribu penduduk Bolaang Mongondow Timur.

Tutuyan – Kapolres Bolaang Mongondow Timur AKBP Irham Halid S.IK mengukuhkan Kepolisian Sektor Tutuyan, Kamis (8/4/2021), kemarin.

Pengukuhan dilaksanakan terkait peningkatan status Pos Polisi menjadi Polsek tipe D yang mengacu pada surat dari Kapolri tertanggal 24 Februari bernomor B garis miring 1278 tentang persetujuan pembentukan Polsek Tutuyan.

Dengan begitu, maka wilayah hukum Kepolisian Resor Bolaang Mongondow Timur saat ini, telah memiliki 4 Polsek. 4 Polsek tersebut yaitu Polsek Urban Kotabunan, Polsek Nuangan, Polsek Modayag dan Polsek Tutuyan.

Menurut AKBP Irham Halid S.IK, adanya Polsek Tutuyan diharapan dapat memberikan kontribusi dalam menciptakan stabilitas keamanan di wilayah hukum Kepolisian Resor Bolaang Mongondow Timur.

Berita Terkait: Polres Boltim Temukan 23 Galon Miras Jenis Cap Tikus Siap Edar

“Seiring perkembangan dan kemajuan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, salah satu jaminan iklim investasi di daerah adalah keamanan dan stabilitas,” kata Irham Halid.

Lanjutnya, meski perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat adalah tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia. Namun, dirinya tidak dapat bekerja mewujudkannyasendri, tanpa adanya kerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Polres Boltim Sita Ratusan Liter Cap Tikus Di Kotabunan

“Untuk mewujudkan rasa aman tersebut perlu adanya kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang kuat dengan pemerintah daerah dan TNI,” jelas Irham.

Selain itu Irham berharap dengan adanya Polsek tutuyan, kondisi dinamis Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) khususnya di Ibukota Kabupaten Bolaang Mongondow Timur tetap terjaga.

“Mari kita bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas, karena saat ini anggota Polsek Tutuyan hanya ada 7 orang,” harap Irham.

Irham pun mengucap syukur serta memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah karena telah memberikan bantuan, hingga pada September 2020 lalu, Polsek Tutuyan selesai dibangun.

“Terima kasih kepada Bupati yang telah memberikan bantuan. Polres sudah, somoga Koramil dan Kodim juga akan dibangun untuk menjaga stabilitas Kamtibmas di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” tutup Irham

Berita Lainnya: Polres Boltim Bekuk Residivis Khusus Pencuri Sepeda Motor

Sementara itu, Bupati Bolaang Mongondow Timur Sam Sachrul Mamonto mengatakan, adanya Polsek Tutuyan menjadi kebanggaan masyarakat dipusat Kota Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

“Ini menjadi sebuah kebanggaan kita di pusat kota, Pusat kota yang tadinya hanya berharap rekapan dari polsek kotabunan, tapi hari ini sudah punya Polsek sendiri,” kata Sachrul

Ditambahkannya, dengan jumlah penduduk Bolaang Mongondow Timur kurang lebih 90 ribu jiwa dengan panjang garis pantai sekitar 1.222 kilometer, menurut Sachrul, Polsek yang ada di wilayahnya masih terbilang kurang.

“Perlu ditambah lagi sehingga dapat mencakup 6% kebutuhan dari total penduduk yang ada,” pungkasnya. (AAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button