Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Boltim

Dinas Ketahanan Pangan Boltim Garansi Ketersediaan Beras dan Minyak Goreng Hingga Idul Fitri 1444 H

Advertisement

WAKTU.news – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur memastikan ketersediaan beras dan minyak goreng selama Ramadan hingga Idul Fitri 1444 H tahun 2023.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bolaang Mongondow Timur, Ayko Mentemas mengatakan pihaknya telah menyusun jadwal operasi pasar murah secara besar-besaran di tujuh kecamatan.

Advertisement

“Jadwalnya sudah ada. Untuk pelaksanaannya dalam waktu dekat ini sampai menjelang Idul Fitri. Agenda OPM secara besar-besaran ini dilakukan agar kebutuhan bahan pangan bagi masyarakat tetap tersedia,” kata Ayko Mentemas, Selasa (4/5/2023).

Ayko juga mengatakan, Dinas Ketahanan Pangan terus memantau ketersediaan kebutuhan pokok di seluruh Bolaang Mongondow Timur. Pasalnya, pasokan bahan pangan yang minim akan sangat mempengaruhi harga pasar dan memicu inflasi.

Advertisement

“Stok beras aman. Setiap minggu kami juga turun operasi pasar. Yang paling penting untuk saat ini adalah pangan segar tetap tersedia,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Malik Jocom. Menurutnya, tujuan dari OPM adalah mendorong masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok mulai dari beras murah, minyak goreng hingga gula pasir.

“Operasi pasar murah ini nantinya akan digelar sampai ke desa-desa. Kami melihat berdasarkan potesnsi inflasi,” ungkap Malik Jocom.

Lebih lanjut Malik mengungkapkan, sebelum awan bulan Ramadhan Dinas Ketahanan Pangan Boltim juga menggelar operasi pasar murah.

Advertisement

“Di nuangan saja 3 ton lebih beras bulog kualitas medium, itu habis didistribusikan dengan harga yang murah,” ungkapnya.

Malik menambahkan, disamping melaksanakan operasi pasar murah, Dinas Ketahanan Pangan Boltim juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang peningkatan ekonomi keluarga.

“Tak hanya menggelar pasar murah saja, kami juga melakukan penyuluhan mengenai pemanfaatan pekarangan rumah guna meningkatkan ekonomi keluarga, seperti menanam rica, tomat dan lainnya,” tambahnya.

Diketahui, berdasarkan data yang diperoleh waktu.news, sejak operasi pasar digelar, Dinas Ketahanan Pangan Boltim telah mampu mendistribusikan sembako murah yakni 24,5 ton beras, minyak goreng sebanyak 840 liter, dan gula pasir sebanyak 1.800 kilogram. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button