Nasional

Runner Up 1 Miss Indonesia, dr. verna Gladies Merry Inkiriwang Menjadi Wanita Pertama Bupati Poso

Srikanda Asal Manado

Waktu.news | Bupati dan Wakil Bupati Poso terpilih pada pilkada serentak tahun 2020 dr. verna Gladies Merry Inkiriwang dan M. Yasin Manguns S. Sos dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Drs H Longki Djanggola, M.Si.

Pelantikan tersebut berlangsung dengan menerapkan protocol Kesehatan. Turut hadir dan menyaksikan juga dari Forkompinda Sulteng, KPU, Bawaslu dan para tamu undangan yang bertempat di convention center palu, jumat (26/02/2021)

Pelantikan ditandai dengan pemgambilan sumpah jabatan dan pengucapan kata-kata pelantikan, penandatanganan pakta integritas dan pemasangan tanda pangkat bupati.

Ada yang menarik dalam pelantikan ini, yakni srikandi dr Verna Gladies Merry Inkiriwang yang merupakan wanita pertama yang menjadi bupati poso dan hal tersebut menjadi sejarah baru untuk para kartini-kartini.

Profil dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang

Verna yang lahir di Manado pada 27 November 1983 dan Mengawali pendidikan di SD Katolik 17 St Tarisius Manado. kemudian dirinya melanjutkan ke pendidikan di SLTP Katolik St Agustinus Tahuna dan masuk SMA Negeri 1 Manado. Selanjutnya Ia masuk di Universitas Sam Ratulangi Manado jurusan Pendidikan Kedokteran.

Putri cantik ini juga pernah menjadi Runner Up 1 pada pemilihan Miss Indonesia tahun 2007. Dengan Prestasi itu, akhirnya Partai Demokrat melirikn dirinya untuk mengikuti pemilihan anggota DPR RI dapil Sulawesi Tengah.

Dirinya pun kemudian terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014, bahkan yang paling termuda saat itu, karna Verna baru berusia 26 tahun. Selanjutnya Ia kembali terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

Putri dari Piet Ingkiriwang, yang juga mantan Bupati Poso ini, menghabiskan masa kecilnya hingga kuliah di Manado.

Untuk diketahui, verna Gladies Merry Inkiriwang mengikuti Pilkada pada Desember 2020 di Kabupaten Poso, diusung oleh Partai Demokrat, PAN, Hanura dan Perindo. Dia tercatat sebagai Bupati pertama perempuan di Poso.

Memang karir politiknya sangat cemerlang. Perempuan cantik asal Manado ini telah dilantik sebagai Bupati Poso, Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), berpasangan dengan Yasin Mangun sebagai Wakil Bupati.

Gubernur diakhri sambutannya mengatakan, untuk para bupati dan wakil bupati yang baru saja dilantik agar dapat menjalankan mandat yang diterima dengan jiwa ksatria, berintegritas, ikhlas dan bertanggung jawab.

“Kiranya dapat merangkul semua kalangan dan kepernitngan yang ada diwilayahnya, mengingat masa pilkada sudah berakhir dan kini saatnya untuk kembali bersama-sama bersinergi membangun daerah,” tuturnya.(**)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button