Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Bisnis

Drama Keuangan Samsung: Laba Operasional Terkikis di Kuartal Keempat

Advertisement

Waktu.news (09 Januari) | Samsung Electronics Co Ltd (005930.KS) melaporkan penurunan laba operasional sekitar 35% pada kuartal keempat, lebih buruk dari ekspektasi analis. Permintaan konsumen yang lesu masih berlanjut meskipun harga chip memori mengalami kenaikan.

Pabrikan chip memori, ponsel pintar, dan televisi terbesar di dunia memperkirakan laba operasional turun menjadi 2,8 triliun won ($2,13 miliar) pada Oktober-Desember, dari 4,31 triliun won tahun sebelumnya.

Advertisement

Laba tersebut tidak mencapai estimasi SmartEstimate LSEG sebesar 3,7 triliun won, yang lebih mengarah pada perkiraan dari analis yang konsisten akurat.

Analisis menyatakan bahwa laba yang lebih rendah dari yang diharapkan dari bisnis manufaktur chip kontrak, prosesor mobile, televisi, dan peralatan rumah tangga Samsung mungkin menjadi penyebabnya.

Advertisement

Pesainnya, LG Electronics (066570.KS), pada hari Senin melaporkan laba operasional kuartal keempat sebesar 313 miliar won, jauh di bawah perkiraan akibat persaingan yang semakin ketat dan pengeluaran tinggi untuk pemasaran di pasar televisi dan peralatan rumah tangga. Mereka berusaha menghidupkan kembali permintaan konsumen yang terpukul oleh inflasi tinggi.

“Satu-satunya yang mengalami perbaikan adalah chip memori, karena produsen PC dan ponsel China mulai mengisi stok chip memori pada kuartal keempat setelah lama menggunakan stok mereka sendiri,” ujar Lee Min-hee, analis di BNK Investment & Securities.

“Namun, permintaan konsumen masih belum membaik, dan kecuali suku bunga diturunkan dan ekonomi dirangsang, mungkin tidak akan banyak perubahan.”

Bisnis ponsel Samsung kemungkinan melihat pengiriman dua model lipat andalannya turun sekitar 1 juta unit masing-masing dibandingkan kuartal sebelumnya, menyebabkan sedikit penurunan pendapatan, kata analis.

Advertisement

PULIHNYA MEMORI Meskipun lebih lemah dari yang diharapkan, ini adalah penurunan laba tahunan terkecil Samsung dalam lima kuartal, setelah melaporkan penurunan 31% pada kuartal ketiga 2022, karena kelebihan stok chip memori dari permintaan gadget yang melambat menyebabkan penurunan industri yang parah tahun lalu.

Divisi chip Samsung kemungkinan mengurangi kerugiannya pada kuartal keempat dibandingkan dengan kuartal-kuartal sebelumnya, dengan pendapatan chip memori membaik karena bisnis DRAM kembali ke laba.

Pulihnya chip memori diperkirakan terjadi tahun ini karena harga meningkat pada kuartal Desember setelah pemotongan produksi, dan tren tersebut diharapkan berlanjut.

Harga chip DRAM mobile naik sekitar 18%-23% selama kuartal keempat, sedangkan harga chip flash NAND mobile naik 10%-15%, menurut penyedia data TrendForce.

Saham Samsung Electronics dibuka naik 1,2%, tetapi mengurangi kenaikan untuk diperdagangkan 0,1% lebih tinggi pada pagi hari Selasa dibandingkan dengan kenaikan 0,6% di pasar lebih luas (.KS11).

Perusahaan akan merilis laporan laba rinci pada 31 Januari.

“Pada akhir bulan ini, investor akan tertarik untuk mendengar rencana Samsung yang akan meningkatkan permintaan untuk lebih banyak chip memori per perangkat, seperti kecerdasan buatan di perangkat,” kata Lee. (red/reuters)

Advertisement

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button