Berita Boltim

Dua Kelompok Tani di Boltim Dapat Dana 280 Juta

Tutuyan – Dua kelompok tani di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, mendapatkan 9 unit pembangunan pintu air untuk sarana pertanian di kecamatan Nuangan.

Kegiatan swakelola tipe empat tahun 2021 untuk pembangunan sarana pertanian wilayah tersebut, akan dikerjakan oleh kelompok tani Sinalogan dan Usaha Tani dengan anggaran 280 juta rupiah.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Boltim, Mat Sunardi, pembangunan mulai dilakukan setelah penandatanganan kontrak kerja antara kelompok tani dengan pejabat pembuatan komitmen (PPK).

“Dana untuk pembangunan pintu air ini akan disalurkan dalam tiga tahap dan langsung masuk ke rekening kelompok tani,” kata Mat Sunardi, Selasa (13/7/2021), kemarin, di kantor Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Nuangan.

Dari 9 pintu air yang akan dibangun, 6 diantaranya, dikerjakan oleh kelompok tani Sinalogan, sedangkan sisanya dikerjakan oleh kelompok tani Usaha Tani.

“Per satu kegiatan, anggarannya 31 juta rupiah dengan panjang sekitar 60 meter,” kata Mat Sunardi.

Dia berharap, kegiatan itu benar-benar dapat dilakukan oleh kedua kelompok tani dengan baik. Karena jika kegiatan ini gagal, pada tahun 2022 mendatang, Dinas Pertanian Boltim tidak lagi mengambil kebijakan pembangunan dengan cara swakelola.

“Saya berharap paket-paket kecil yang mereka rencanakan dan bangun sendiri bermanfaat bagi petani. Tetapi jika tidak, lebih baik tahun depan dilelang,” tegasnya. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button