Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Bisnis

Ekonomi Gorontalo Tumbuh 4,49% pada Triwulan I 2024, Lebih Rendah dari Triwulan Sebelumnya

Advertisement

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Gorontalo memaparkan perkembangan ekonomi Gorontalo pada triwulan pertama 2024 di hadapan media, Selasa (25/06/2024).

Kepala KPwBI, Dian Nugraha, menyampaikan bahwa perekonomian Gorontalo tumbuh sebesar 4,49% (yoy), yang lebih rendah dibandingkan pertumbuhan pada triwulan IV 2023 sebesar 4,92% (yoy).

Advertisement

“Pertumbuhan ekonomi Gorontalo tercatat lebih lambat dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi kawasan Sulampua yang mencapai 7,97% (yoy) dan pertumbuhan nasional sebesar 5,11% (yoy),” jelasnya.

Pada triwulan pertama, kinerja ekonomi didorong oleh pertumbuhan Lapangan Usaha (LU) perdagangan yang meningkat sebesar 9,18% (yoy) dan LU transportasi yang tumbuh sebesar 6,50% (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar 6,19% (yoy).

Advertisement

“Meskipun ada akselerasi pertumbuhan di LU Perdagangan dan LU Transportasi, LU utama lainnya seperti Pertanian hanya tumbuh terbatas sebesar 1,01% (yoy),” tambahnya.

Dian juga menekankan bahwa sektor pertanian masih menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo dengan kontribusi sebesar 36,79%.

“Kontribusi terbesar dari sektor pertanian berasal dari subsektor tanaman pangan sebesar 52%, dengan komoditas utama jagung dan padi, diikuti oleh kontribusi perikanan sebesar 24%,” tandas Dian.

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button