Berita Boltim

Fuad Landjar Sebut Dua Kecamatan Ini, di Peripurna HUT Ke-13 Boltim

Tutuyan – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Fuad Landjar SH menyebut kecamatan Kotabunan dan Modayag merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Hal itu ia sampaikan pada saat memimpin jalannya rapat paripurna dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Boltim ke-13, Rabu, (21/7/2021) tadi siang.

Secara historis kata Fuad Landjar, buah dukungan dan simpati dari seluruh komponen masyarakat di kedua wilayah itulah akhirnya menghasilkan lima kecamatan yang kemudian menjadi spirit perjuangan pemekaran kabupaten, mulai didengungkan.

“Wilayah Kotabunan terbagi menjadi tiga kecamatan, yaitu Kotabunan, Nuangan dan Tutuyan, dan pada saat yang sama, Modayag dibagi menjadi dua, yaitu Modayag dan Modayag Barat,” ucap Fuad Landjar.

Guna menunaikan niatan luhur dan tulus seluruh masyarakat, lanjut Fuad. Bupati Bolaang Mongondow Marlina Moha Siahaan dan Wakil Bupati Sehan Mokoagow kala itu, melalui komitmen bersama panitia serta presidium pemekaran yakni Sunardi Sumanta, Sudirman Mamonto dan Jainuddin Damopolii, berhasil mewujudkan kelima kecamatan dibagian timur Bolmong tersebut, menjadi sebuah daerah otonom baru yang bermana Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

“Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2008, maka pada tanggal 30 September, Boltim resmi menjadi kabupaten, yang dipimpin oleh Kandoli Mokodongan sebagai Pj Bupati hingga 4 Oktober 2010,” sebut Fuad.

Kini, buah perjuangan itu telah tumbuh dan berkembang pesat seiring dengan berjalannya waktu. Tiga belas tahun telah berlalu, tak terasa tinta pemekaran masih membekas dan menggema di hati masyarakat Bolaang Mongondow Timur.

“Terima kasih arsitek pemekaran. terima kasih Bunda pembaharu, Marlina Moha Siahaan. Jasamu tak lekang dimakan zaman,” pungkas Ketua DPRD Boltim, Fuad Landjar. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button