Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Techno

G42 dan Cerebras Menghadirkan Superkomputer AI Tercepat: Condor Galaxy 3 dengan 64 Sistem CS-3

Advertisement

Suasana antusias memenuhi udara saat G42, grup teknologi yang berbasis di Abu Dhabi, dan Cerebras Systems, pelopor dalam percepatan AI generatif, mengumumkan kelahiran Condor Galaxy 3 (CG-3), klaster ketiga dari rangkaian superkomputer AI mereka, Condor Galaxy. Mengusung 64 sistem CS-3 terbaru dari Cerebras – semuanya ditenagai oleh chip AI tercepat di industri, Wafer-Scale Engine 3 (WSE-3) – Condor Galaxy 3 akan menghasilkan kekuatan AI sebesar 8 ExaFLOPs dengan 58 juta inti yang dioptimalkan khusus untuk AI.

Kemitraan strategis antara Cerebras dan G42 telah menghadirkan keajaiban sebesar 8 ExaFLOPs dalam kinerja superkomputasi AI melalui Condor Galaxy 1 dan Condor Galaxy 2, keduanya menduduki peringkat tertinggi di antara superkomputer AI terbesar di dunia. Kini, Condor Galaxy 3, yang berlokasi di Dallas, Texas, mengangkat total jaringan Condor Galaxy menjadi 16 ExaFLOPs.

Advertisement

“Dengan kehadiran Condor Galaxy 3, kami terus mewujudkan visi bersama kami untuk mengubah landskap komputasi AI global dengan mengembangkan superkomputer AI terbesar dan tercepat di dunia,” ujar Kiril Evtimov, Group CTO of G42, penuh semangat. “Jaringan Condor Galaxy yang sudah ada telah melatih beberapa model open-source terkemuka dalam industri, dengan puluhan ribu unduhan. Dengan meningkatkan kapasitas hingga 16 ExaFLOPs, kami tak sabar menantikan gelombang inovasi baru yang akan dihadirkan oleh superkomputer Condor Galaxy.”

Di jantung Condor Galaxy 3, terdapat 64 Sistem CS-3 dari Cerebras. Setiap CS-3 didukung oleh WSE-3 baru, dengan 4 triliun transistor dan 900.000 inti AI. Diproduksi di TSMC dengan node 5 nanometer, WSE-3 menghasilkan dua kali lipat kinerja dengan konsumsi daya yang sama dan dengan harga yang sama dengan generasi sebelumnya. Dirancang khusus untuk melatih model AI terbesar di industri, WSE-3 menghadirkan kinerja AI puncak sebesar 125 petaFLOPs per chip yang mengagumkan.

Advertisement

Andrew Feldman, CEO dan co-founder of Cerebras, menyatakan, “Kami bangga bahwa sistem CS-3 yang baru diumumkan akan memainkan peran penting dalam kemitraan strategis pionir kami dengan G42. Condor Galaxy 3 dan superkomputer lanjutannya akan bersama-sama menghasilkan puluhan ExaFLOPs komputasi AI, menandai tonggak sejarah yang signifikan dalam komputasi AI, dengan memberikan daya pemrosesan dan efisiensi yang tak tertandingi.”

Condor Galaxy telah melatih model AI generatif terkemuka dalam industri, termasuk Jais-30B, Med42, Crystal-Coder-7B, dan BTLM-3B-8K. Jais 13B dan Jais30B adalah model bilingual Arab terbaik di dunia, kini tersedia di Azure Cloud. BTLM-3B-8K adalah model 3B terkemuka di HuggingFace, menawarkan kinerja parameter 7B dalam model parameter 3B ringan untuk inferensi. Med42, dikembangkan dengan M42 dan Core42, adalah LLM klinis terkemuka, dilatih di Condor Galaxy 1 dalam akhir pekan dan melampaui MedPaLM dalam kinerja dan akurasi.

Condor Galaxy 3 akan tersedia pada kuartal kedua tahun 2024.

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button