Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Techno

Mengenal Jaringan Data 5G dan Keunggulannya

Lalu apa saja keunggulannya? Simak penjelasan berikut ini:

Advertisement

Waktu.News – Zaman semakin maju, perkembangan internet sangatlah pesat sekali. Kini ada rilisan tentang jaringan data 5G. Kabarnya, penggunaan teknologi terbaru ini bisa secara cepat bahkan 2 kali lebih lancar daripada generasi sebelumnya yaitu 4G. Sungguh perubahan terbesar dalam era ini.

Mengenal Jaringan Data 5G

Jaringan data 5G merupakan perkembangan konektivitas internet yang memberikan kecepatan melebihi pendahulunya yaitu 4G. Dengan kemampuan tersebut, banyak kalangan mengharapkan dapat mempermudah sekaligus mempercepat sambungan komunikasi antar negara sekalipun.

Advertisement

Kecepatan dari 5G ini mencapai 10 Gbps berbeda dengan pendahulunya 4G yang memiliki 15MBps. Perbedaan yang sangat jauh sekali. Menurut pendapat GSMA bahwa jaringan ini akan mencapai 1.2 miliar koneksi ketika mencapai tahun 2025.

Masa sekarang ini perusahaan handphone semakin berlomba-lomba untuk menanamkan fitur terbaru ini pada sistem smartphone produksi mereka masing-masing. Selain itu jaringan 5G ini akan menimbulkan dampak besar bagi generasi teknologi terbaru, karena banyak hal bisa terkoneksi.

Advertisement

Jaringan Data 5G

Keunggulan Jaringan 5G

Penggunaan jaringan 5G ini tidak hanya pada smartphone saja, melainkan sudah mampu mengadopsi kecanggihan yang dapat mengoperasikan mulai dari jenis kendaraan tertentu sampai menjalankan aktivitas peralatan dapur Kamu.

Lalu apa saja keunggulannya? Simak penjelasan berikut ini:

Berkomunikasi Antar Pengendara

Memang pada zaman sekarang ini sudah tercipta berbagai jenis kendaran yang terdapat fitur-fitur canggih. Dengan adanya penggunaan jaringan 5G, maka para pengendara bisa melakukan komunikasi dengan orang lain pada saat perjalanan menggunakan mobil. Jadi sangat memudahkan.

Hal semacam ini memang sangat penting, karena bilamana mobil terpasang jaringan 5G, maka bisa dengan mudah untuk melakukan pelacakan ketika kendaraan tersebut keluar jalur atau semacamnya. Dengan begitu sangat cocok juga bagi para driver saat konvoi bersama untuk saling berkomunikasi.

Advertisement

Kontrol PC Dari Jauh

Keunggulan yang tak kalah menariknya adalah kemampuannya untuk melakukan pengontrolan terhadap PC pada saat Kamu berada berjauhan dari perangkat itu. Seperti halnya pada cctv yang pengontrolannya jarak jauh melalui jaringan Wi-Fi.

Dengan kemampuan 5G yang mampu mengontrol PC dari kejauhan, maka bisa memudahkan Kamu dalam mengamankan situasi sekitar perangkat tersebut. Bahkan komputer bisa menjadi pemantauan CCTV dadakan bila sudah terpasang webcam. Jadi keadaan akan bisa terpantau dari jarak jauh.

Mendeteksi Terjadinya Bencana Alam

Memang pada sebagian kasus bencana akan datang secara tiba-tiba tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya. Kemudian pada jaringan 5G ini menawarkan sebuah fitur yang mampu mendeteksi terjadinya hal tersebut. Fungsinya sama dengan alat pendeteksi bencana seperti gempa dan lainnya.

Ketika terjadi bencana Alam tidak jarang pula terdapat korban jiwa yang terhanyut maupun tertimbun. Maka dari itu jaringan 5G memberikan kemampuan yang bisa melacak orang hilang menggunakan layanan GPS. Dengan demikian, maka bisa membantu tim sar saat melakukan evakuasi.

Koneksi Internet Cepat

Kelebihan yang mendasar pada jaringan 5G ini adalah pada bagian sambungan koneksi ke internet menjadi semakin lancar dan cepat. Bahkan kecepatannya dua kali lipat dari pendahulunya yaitu 4G. Dengan hadirnya generasi baru tersebut, maka akan memudahkan dalam akses media sosial online.

Dengan adanya kecepatan jaringan seperti itu, maka ini sangatlah menguntung bagi orang-orang yang menggunakan internet sebagai usahanya. Bisnis mereka akan semakin cepat terakses kepada masyarakat karena memang kecepatan 5G dua kali lipat dari 4G.

Lebih Efisien

Dalam melakukan pekerjaan dengan menggunakan jaringan online pastinya membutuhkan kelancaran sinyal internet yang cepat. Seperti halnya pula pada saat memberikan pembelajaran secara daring, pastinya akan semakin lancar dalam memberikan pelajaran. Ini lebih efisien waktu.

Advertisement

Ataupun bagi pebisnis sendiri akan lebih mempercepat upload an tentang produk mereka. Semisalnya pada saat menggunakan jaringan lain membutuhkan waktu 10 menit, kemudian dengan jaringan 5G menjadi lebih cepat. Walaupun pengunduhan atau upload file tergolong kapasitas besar.

Hemat Baterai

Kapasitas baterai pada ponsel maupun laptop tidak sepenuhnya bisa bertahan seharian. Bilamana melakukan sambungan jaringan online pasti akan menambah sistem kerja dalam pencarian sinyal. Jika susah, maka secara otomatis daya semakin boros.

Oleh karena itu, dengan hadirnya jaringan 5G ini dapat memberikan akses sinyal dengan jangkauan yang luas. Selain itu kecepatan akan semakin meningkat dan daya tahan baterai tidak perlu lagi bekerja secara ekstra agar tetap lancar tersambung ke Internet.

Cepat Memantau Lalu Lintas

Sistem pengawasan Smart Surveillance adalah sebuah sarana dalam melakukan pengawasan dalam kegiatan masyarakat setiap harinya. Peralatan tersebut menjadi salah satu alat keamanan dalam lalu lintas. Dengan menggunakan jaringan 5G, akan cepat dalam pemindaian plat kendaraan dan wajah.

Jadi dengan menggunakan peralatan tersebut dan dukungan jaringan 5G, pelanggar lalu lintas bisa terkendi dari jarak jauh. Selain itu penggunaan smart surveillance juga sebagai pengawasan kendaraan dalam sektor industri dan logistik. Alhasil memudahkan dalam mengontrolnya.

Bantu Industri era 4.0

Dalam era 4.0 memang semua serba teknologi. Bahkan saat ingin melakukan makan saja melalui pesanan dengan koneksi internet. Seperti grab food dan layanan antar makanan lainnya. Oleh karena itu, para pebisnis bisa dengan cepat merespon pesanan dari konsumen agar lebih memuaskan.

Ataupun jaringan 5G ini juga menjadi manfaat pada era 4.0 dalam sektor logistik. Dari kecepatannya tersebut pelaku bisnis bisa dengan teratur dan cepat melakukan pemantauan terhadap pergerakan barang dalam pabrik maupun gudang. Jangkauan yang luas, sehingga butuh perangkat sedikit saja.

Pemantauan Drone

Memang kebutuhan akan perluasan jaringan yang stabil menjadi salah satu bantuan bagi para pemilik perusahaan pabrik besar. Semisalnya saja pada sebuah tempat yang banyak sekali pipa minyak, tentu mereka membutuhkan drone untuk melakukan monitoring.

Salah satu peralatan canggih adalah smart air patrol. Alat itu merupakan sebuah perkembangan teknologi yang menggunakan drone sebagai monitoring. Semisal pabrik ingin memantau pipa sepanjang 300 meter, maka tidak perlu helikopter. Cukup jangkauan jaringan 5G dan alat pemantau.

Beberapa Isu Tentang 5G

Ada yang mengatakan bahwa hal yang mereka takutkan akan kehadiran jaringan 5G ini adalah sebuah radiasi dari pemancaran sinyal radio. Menurut infonya dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker.

Menurut keterangan dari WHO 2011 menyebutkan bahwa radiasi pada handphone seharusnya terdaftar sebagai hal yang dapat menyebabkan sumber karsinogen ke tubuh manusia. Pada tahun 2016 penelitian dari dana AS menyebutkan terjadi hubungan radiasi terhadap kanker pada tikus.

Akan tetapi beberapa tudingan itu tidaklah benar. Isu radiasi frekuensi dari handphone yang menyebutkan bisa terjadi kanker, sepertinya hal tersebut berlebihan. Kemudian bulan agustus kemarin, Chairman FCC Ajit Pai mengatakan bahwa ponsel dan jaringan 5G aman penggunaannya.

Demikian tadi ulasan tentang jaringan data 5G. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan selamat menyambut teknologi koneksi internet terbaru.(rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button