Berita Boltim

Jelang Pemilu 2024, KPUD Boltim Terus Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih

Tutuyan, WAKTU.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur terus melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Pemutakhiran data ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan guna menyajikan daftar pemilih yang komprehensif, akurat, dan mutakhir menjelang Pemilu 2024.

“Setiap bulan kami rekap. Misalnya, orang yang telah meninggal, kita coret. Dan orang yang baru genap berusia 17 tahun, langsung kita tambahkan sebagai pemilih baru, itupun harus dibuktikan dengan KTP,” kata Ketua KPU Boltim Jamal Rahman, Senin (27/6/2022) tadi.

Jamal menjelaskan, kegiatan PDPB merupakan terobosan KPU RI dalam memelihara, memperbarui, mengevaluasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu secara terus menerus dan berkelanjutan.

Hasil dari pemuktahiran ini, akan digunakan untuk penyusunan DPT pada pemilu maupun pemilihan kepala daerah serentak 2024 mendatang.

“Nah, hasil pemutakhiran inilah yang kemudian akan menjadi acuan ketika c klik data pemilih nanti. Dan saya yakin, selisihnya tidak jauh berbeda,” jelasnya.

Berita Terkait; KPU Boltim Umumkan Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

Selain pemutakhiran data pemilih, Jamal juga menambahkan KPU Boltim rutin melakukan penguatan internal kelembagaan melalui pelatihan yang erat kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia.

Terpisah, Sekretaris KPU Boltim Ariesto J. Matantu mengungkapkan, pleno rekapitulasi PDPB di triwulan kedua tahun ini, akan digelar pada Rabu, 28 Juni 2022.

“Plenonya akan dilaksanakan hari Rabu besok,” singkat Ariesto saat dihubungi waktu.news melalui WhatsApp. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button