Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Boltim

KPUD Boltim Umumkan Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

Advertisement

Tutuyan, WAKTU.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mengikuti peluncuran tahapan Pemilu 2024.

Peluncuran tahapan pemilu ini, dilaksanakan secara serentak melalui via zoom oleh KPU RI, Selasa (14/06/2022), tadi malam.

Advertisement

Ketua KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Jamal Rahman mengatakan, rangkaian tahapan pemilihan umum tahun 2024, dimulai pada 14 Juni 2022.

“Tahapan Pemilu 2024 sudah kita mulai pada hari ini, sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017. Regulasi yang digunakan masih sama, belum ada perubahan,” kata Jamal.

Advertisement

Jamal menjelaskan, tahapan pemilu ini akan berlangsung selama 20 bulan hingga hari pemilihan pada 14 Februari 2024, mendatang.

Tahapan-tahapannya menurut Jamal, dimulai dari pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, pendaftatan dan verifikasi peserta pemilu, penetapan peserta pemilu, penetapan jumlah kursi sampai dengan penetapan daerah pemilihan atau Dapil.

“Tahapan pertama yang akan kita lalui, tentunya adalah melakukan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan, yang selama ini memang kita update bersama stakeholder,” jelasnya.

Jaman menambahkan, KPU Boltim juga akan melewati tahapan pemilu, seperti tahapan pencalonan, masa pencalonan, masa kampanye, masa tenang, pemungutan penghitungan suara, penetapan hasil pemilu, dan pengucapan sumpah dan janji presiden terpilih serta anggota legislatif.

Advertisement

“Seperti itulah tahapan panjang yang akan kita lewati. Selain itu, kami juga secara internal ada tahapan sosialisasi dan rekrutmen badan adhock yang mungkin akan diatur dalam peraturan KPU selanjutnya,” tambahnya.

Diketahui, acara peluncuran tahapan pemilu secara serentak ini, dihadiri Wakil Ketua DPRD Boltim Muhammad Jabir, Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara, SIK, Ketua Bawaslu Boltim Harmoko Mando beserta anggota, Hariyanto dan Ikal Salehe, perwakilan dari Kesbangpol Boltim, Dinas Dukcapil Boltim serta Pimpinan Partai Politik. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button