Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Sports

Jerman Lolos ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Mengatasi Badai dan Tantangan VAR

Advertisement

Penalti Kai Havertz dan gol Jamal Musiala mengantarkan Jerman meraih kemenangan 2-0 atas Denmark pada hari Sabtu, membawa mereka ke perempat final Euro 2024. Pertandingan ini diwarnai dengan drama yang cukup intens, termasuk penundaan hampir setengah jam di babak pertama karena badai hebat.

Gol pertama datang dari Havertz yang mencetak penalti di awal babak kedua di Dortmund, setelah Joachim Andersen, bek Denmark, terkena handball. Andersen sendiri sebelumnya mengalami kekecewaan karena golnya dianulir hanya beberapa saat sebelum insiden tersebut.

Advertisement

Gol kedua dicetak oleh Musiala dari Bayern Munich di pertengahan babak kedua, memperlihatkan keunggulan Jerman dalam pertandingan babak 16 besar ini.

Pada satu titik, pertandingan hampir dibatalkan ketika wasit Inggris, Michael Oliver, menghentikan permainan pada menit ke-35 dan membawa para pemain keluar lapangan karena badai hebat. Hujan deras, hujan es, angin kencang, guntur, dan kilat menyebabkan penundaan selama 25 menit sebelum pertandingan bisa dilanjutkan.

Advertisement

Pertandingan ini menjadi malam yang tak terlupakan, berakhir dengan tuan rumah menunjukkan ketangguhan mereka dan tetap menjaga mimpi untuk memenangkan trofi di Berlin pada 14 Juli. Namun, perjalanan akan semakin menantang karena tim Julian Nagelsmann akan bertanding di Stuttgart pada hari Jumat melawan Spanyol yang diunggulkan atau Georgia yang mengejutkan.

“Pada akhirnya, ini adalah pertandingan penuh kesulitan. Kami berjuang dengan baik melawan kesulitan itu,” kata pelatih Jerman, Nagelsmann, kepada penyiar Magenta. Bek Nico Schlotterbeck menambahkan, “Kami bermain dengan euforia dan kesenangan, dan itulah saat sepak bola paling indah.”

Denmark, yang terkenal mengalahkan Jerman di final Kejuaraan Eropa 1992, pulang tanpa kemenangan satu pun setelah lolos dari grup mereka dengan tiga hasil imbang. Pelatih mereka, Kasper Hjulmand, mengeluhkan dua keputusan VAR yang merugikan timnya. “Bukan seperti ini seharusnya kita menggunakan VAR. Itu hanya satu sentimeter,” katanya tentang offside terhadap Andersen. “Dan satu menit kemudian ada penalti, saya sangat lelah dengan aturan handball yang konyol.”

Nagelsmann melakukan tiga perubahan pada tim Jerman setelah hasil imbang 1-1 melawan Swiss. Schlotterbeck menggantikan Jonathan Tah yang diskors di lini belakang, David Raum masuk sebagai bek kiri, dan Leroy Sane dipilih daripada Florian Wirtz di sayap kanan.

Advertisement

Schlotterbeck, dari Borussia Dortmund, mengira dia telah memberi Jerman keunggulan dalam empat menit ketika dia menyundul tendangan sudut dan merayakannya, tetapi gol tersebut dianulir karena pelanggaran oleh Joshua Kimmich.

Andersen dari Denmark kurang beruntung, mengancam akan menjadi malam yang frustrasi bagi tim tuan rumah karena mereka dihalangi beberapa kali oleh kiper Denmark, Kasper Schmeichel. Schmeichel menepis tendangan Kimmich dan mengarahkan tendangan voli Havertz ke luar tiang gawang saat Denmark bertahan dari serangan awal Jerman.

Badai lain sedang datang, dan ketika permainan akhirnya dilanjutkan dengan lapangan yang basah kuyup, Jerman segera meningkatkan tekanan lagi. Umpan silang Raum disambut oleh sundulan Havertz, tetapi Schmeichel, yang ayahnya bermain di final 1992, kembali melakukan penyelamatan yang baik.

Denmark mengancam melalui serangan balik saat mereka menyerang ke arah pendukung mereka sendiri. Rasmus Hojlund mengenai sisi jaring setelah merebut bola dari Schlotterbeck, dan kemudian melihat Manuel Neuer menyelamatkan di kakinya.

Pertandingan kembali terhenti untuk babak pertama, sebelum Denmark, terutama Andersen, menyesali dua intervensi VAR di awal babak kedua. Pertama, pada menit ke-48, Andersen mencetak gol saat bola jatuh kepadanya di dalam kotak, tetapi VAR menganulir gol karena offside terhadap Thomas Delaney. Begitu permainan dilanjutkan, Jerman menyerang dan umpan silang Raum membelok dari tangan Andersen di area penalti. Andersen dihukum karena pelanggaran ini setelah pemeriksaan VAR lainnya, dan Havertz mencetak gol penalti keduanya dalam kompetisi ini.

Havertz dan Sane melewatkan peluang besar untuk membuat skor menjadi 2-0 sebelum Musiala menerima bola di atas dan berlari untuk mencetak gol ketiganya di Euro, menjadi pencetak gol terbanyak bersama Georgia Georges Mikautadze. Pemain pengganti Wirtz memiliki gol telat yang seharusnya membuat skor menjadi 3-0 yang dianulir karena offside, tetapi Jerman memiliki momentum dan akan sulit dihentikan.

Advertisement

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button