Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Mancanegara

Joe Biden Ajak Warga AS Untuk Menyambut 11 September Dengan Menolak Ekstremisme

Advertisement

Waktu.news | Presiden Joe Biden mengajak warga Amerika Serikat pada hari Senin (11 Sep) untuk tidak terjerumus dalam “politik beracun yang memecah belah” ketika ia berusaha menghidupkan kembali semangat persatuan nasional setelah serangan mematikan pada 11 September 2001, yang sudah berlangsung 22 tahun yang lalu.

“Saatnya mengingatkan kita akan kekuatan persatuan nasional tidak seharusnya hanya datang setelah tragedi nasional, tetapi inilah cara sebenarnya kita menghormati mereka yang telah kita kehilangan pada 9/11,” ujar Biden di hadapan sekitar 1.000 personel militer AS di Pangkalan Gabungan Elmendorf-Richardson di Alaska.

Advertisement

Biden, beserta istrinya Jill, Wakil Presiden Kamala Harris, suaminya Doug Emhoff, serta para komandan militer AS, ikut dalam acara terpisah untuk mengenang mereka yang meninggal dalam serangan 11 September dan perang di Afghanistan yang berlanjut.

Pada 11 September 2001, para penculik merebut kendali tiga pesawat jet dan menabrakkannya ke Menara Kembar World Trade Center di New York serta Pentagon, menewaskan hampir 3.000 orang. Sementara pesawat keempat jatuh di sebuah ladang di Pennsylvania setelah penumpang berhasil mengalahkan penculiknya.

Advertisement

Pilihan Biden untuk mengadakan acara ini di Alaska, bukan di Washington atau New York, adalah sebuah keputusan yang berbeda dari tradisi yang biasanya dilakukan oleh para presiden.

Dengan masih tersisa 14 bulan menuju pemilihan presiden tahun 2024, pidatonya tidak terlepas dari pesan politik.

Biden mengecam apa yang ia sebut sebagai “gelombang kebencian, ekstremisme, dan kekerasan politik yang semakin meningkat” di Amerika Serikat. Bukti semakin banyak bahwa negara ini sedang menghadapi peningkatan kekerasan politik terbesar dan paling berkelanjutan sejak tahun 1970-an.

“Kita tidak boleh luluh oleh politik beracun yang memecah belah. Kita tidak boleh pernah membiarkan diri kita terpecah oleh keluhan-keluhan palsu yang diciptakan,” kata Biden, sambil mengenang persahabatannya dengan John McCain, pahlawan perang Vietnam yang sudah meninggal dan senator Partai Republik.

Advertisement

McCain, katanya, mengutamakan tugas kepada negara “di atas partai, di atas politik, di atas dirinya sendiri. Hari ini mengingatkan kita untuk tidak kehilangan rasa persatuan nasional itu.”

Harris dan pejabat lainnya bergabung dengan keluarga korban di Memorial 9/11 di New York, yang berdiri di tempat bekas bangunan yang runtuh.

“Telah berlalu 22 tahun dan saya masih merasakannya seperti kemarin, seolah-olah semua ini baru saja terjadi,” kata Sybil Ramsaran, yang putrinya, Sarah, meninggal dalam serangan itu.

Gubernur Florida Ron DeSantis, yang merupakan calon untuk nominasi presiden Partai Republik tahun 2024, juga hadir dalam acara di New York.

Donald Trump, calon utama Partai Republik untuk pemilihan tahun 2024, mengeluarkan video yang bersumpah “kita tidak akan pernah, pernah lupa” korban 9/11.

Di seberang Sungai Potomac dari Washington, para pemimpin militer AS mengadakan acara tahunan mereka di Pentagon, sementara Jill Biden ikut dalam upacara peletakan karangan bunga.

Di Shanksville, Pennsylvania, Emhoff meletakkan karangan bunga di memorial United Flight 93.

Advertisement

Serangan ini mendorong Presiden saat itu, George W. Bush, untuk memulai “perang global melawan teror” yang mencakup serangan militer ke Afghanistan untuk menemukan pemimpin al Qaeda, Osama bin Laden. Bin Laden berhasil menghindari penangkapan hingga akhirnya tewas dalam serangan AS di kompleksnya di Pakistan pada tahun 2011 yang diperintahkan oleh Presiden saat itu, Barack Obama.

Serangan 9/11 merupakan serangan terparah di tanah AS sejak serangan Jepang di Pearl Harbor, Hawaii, pada tahun 1941, yang menewaskan 2.400 orang. (red)

Sumber: Reuters

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button