Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Keindahan Tersembunyi Pulau Pasir Belitung: Destinasi Wisata Unik di Kepulauan Bangka Belitung

Advertisement

Belitung, sebuah pulau eksotis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah menjadi magnet bagi para wisatawan dengan keindahan alamnya yang memukau. Terletak di antara Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan, Belitung menyimpan berbagai destinasi alam yang menakjubkan, dan salah satu yang paling menonjol adalah Pulau Pasir Belitung. Pulau ini menawarkan keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain, menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam dan petualang.

Pulau Pasir: Keajaiban yang Muncul dan Tenggelam

Pulau Pasir Belitung terkenal dengan fenomena uniknya: tumpukan pasir putih yang hanya muncul saat air laut surut. Saat air laut pasang, pulau ini seolah menghilang, menyisakan keindahan yang tersembunyi di bawah permukaan laut. Keunikan ini menjadikan Pulau Pasir sebagai salah satu daya tarik utama di Belitung, menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Advertisement

Daya Tarik Pulau Pasir Belitung

Pasir Putih yang Berkilau

Daya tarik utama dari Pulau Pasir Belitung adalah pasir putihnya yang berkilau di bawah sinar matahari. Pulau ini tidak memiliki pohon yang tumbuh, sehingga pemandangan yang tersaji benar-benar hamparan pasir putih yang luas. Jangan lupa untuk membawa topi atau pelindung kepala lainnya untuk melindungi diri dari terik matahari saat berkunjung.

Air Laut yang Jernih

Karena letaknya yang jauh dari pulau berpenghuni, air laut di sekitar Pulau Pasir Belitung sangat jernih. Kejernihan air ini membuat aktivitas berenang dan snorkeling menjadi pengalaman yang luar biasa. Dengan air laut yang segar dan mengundang, pastikan Anda membawa pakaian renang untuk menikmati sensasi berenang di perairan yang memukau ini.

Advertisement

Bintang Laut yang Menawan

Pulau ini juga dikenal sebagai habitat bagi banyak bintang laut. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan dan berfoto dengan bintang laut ini. Namun, penting untuk selalu mengembalikan bintang laut ke habitatnya setelah berfoto agar ekosistem tetap terjaga.

Perjalanan Menuju Pulau

Perjalanan menuju Pulau Pasir Belitung dimulai dari Bandar Udara Depati Amir di Pangkal Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dari sini, Anda harus terbang ke Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Setelah tiba di Tanjung Pandan, Anda bisa menyewa mobil atau taksi menuju Tanjung Kelayang, tempat penyedia penyeberangan laut. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 38 menit dengan jarak sekitar 32 km.

Biaya Perjalanan dan Fasilitas

Biaya perjalanan dari Pangkal Pinang ke Pulau Belitung menggunakan pesawat sekitar Rp 431.700 per orang. Sewa mobil di Belitung berkisar Rp 300.000 per hari tanpa supir, atau Rp 100.000 sekali jalan dengan taksi dari bandara ke Tanjung Kelayang. Di Tanjung Kelayang, Anda bisa menyewa perahu atau kapal dengan berbagai ukuran, dengan harga sewa berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000, tergantung kapasitas dan jenis perahu.

Aktivitas Menarik di Pulau Pasir

Fotografi dan Bermain Air

Aktivitas pertama yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto di atas hamparan pasir putih dengan latar belakang air laut yang jernih. Pulau ini juga merupakan tempat yang ideal untuk bermain air di sekitar pulau yang dangkal, menjadikannya aman bagi anak-anak.

Advertisement

Snorkeling

Keindahan bawah laut Pulau Pasir Belitung dapat dinikmati dengan snorkeling. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling dari penyedia jasa sewa perahu atau kapal yang ada di Tanjung Kelayang.

Mencari Bintang Laut

Aktivitas seru lainnya adalah mencari bintang laut yang banyak ditemukan di sekitar pulau. Kegiatan ini sangat menyenangkan, terutama jika dilakukan bersama anak-anak.

Tips Berkunjung ke Pulau Pasir

Karena Pulau Pasir Belitung berada di tengah laut, tidak ada fasilitas umum yang tersedia di pulau ini. Satu-satunya fasilitas yang ada adalah jasa penyewaan perahu di Tanjung Kelayang yang siap mengantar dan menjemput Anda. Untuk pengalaman yang lebih nyaman, disarankan untuk mengunjungi pulau ini pada sore hari untuk menghindari terik matahari langsung, serta menghindari musim hujan agar pulau terlihat saat air surut.

Kenangan yang Tak Terlupakan

Pulau Pasir Belitung, dengan segala keindahannya, siap memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Keunikan fenomena alam yang ditawarkan oleh pulau ini, bersama dengan keindahan pasir putih, air laut yang jernih, dan keberadaan bintang laut yang menawan, menjadikan Pulau ini sebagai destinasi wisata yang harus ada dalam daftar perjalanan Anda. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen indah selama berlibur di surga tersembunyi ini. Pulau di Belitung ini adalah tempat di mana keajaiban alam dan petualangan bertemu, menawarkan pengalaman yang akan selalu Anda kenang.

Advertisement

Fifi Farla

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button