Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Menikmati Keindahan Eksotis Pulau Burung di Pantai Utara Belitung

Batu Granit Unik yang Menjadi Ikon Pulau

Advertisement

Pulau Burung adalah salah satu destinasi unik dan menawan di pantai utara Belitung yang layak untuk dijelajahi. Pulau ini dikenal dengan pasir putih yang membentang, batu granit besar yang menyerupai burung, dan perairan yang jernih, menjadikannya tempat yang memikat untuk dikunjungi.

Daya Tarik Pulau Burung

Nama Pulau Burung mungkin membuat Anda membayangkan pulau yang dipenuhi oleh burung-burung. Namun, daya tarik utama pulau ini bukan hanya burung, melainkan pemandangan alam yang luar biasa. Nama pulau ini diambil dari bentuk batu granit besar yang menyerupai paruh burung ketika dilihat dari kejauhan. Oleh karena itu, pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Burong, menggunakan burung sebagai ikon dan lambang kebanggaan.

Advertisement

Keindahan Alam yang Menakjubkan

Pulau Burung menawarkan pemandangan alam yang masih alami dan belum banyak diketahui oleh banyak orang. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini akan disambut oleh air laut yang jernih dan biru. Saking jernihnya, Anda bisa melihat batu karang dan ikan-ikan kecil di dasar laut. Kebersihan airnya terjaga karena pulau ini tidak berpenghuni dan wisatawan dihimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Pasir putih bersih yang membentang di sepanjang pesisir pantai menambah keindahan pulau ini. Pemandangan ini berpadu dengan air laut yang biru, menciptakan gradasi warna yang memukau.

Advertisement

Batu Granit yang Ikonik

Salah satu daya tarik utama Pulau Burung adalah batu granit besar yang menjadi ikonnya. Batu ini memiliki bentuk yang unik dan menyerupai paruh burung, menambah nilai seni dan estetika pulau ini. Batu granit raksasa ini terletak di bibir pantai sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan.

Aktivitas Wisata di Pulau Burung

Meskipun pulau ini tidak berpenghuni, Pulau Burung menawarkan banyak aktivitas menarik untuk wisatawan. Dengan ombak yang tenang, pulau ini cocok untuk bersantai sambil menikmati suara ombak. Aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan memancing sangat populer di sini. Wisatawan juga dapat berjemur di bibir pantai, berkeliling pulau, atau sekadar menikmati keindahan alam yang menenangkan.

Akses Menuju Pulau Burung

Pulau Burung terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di desa Tanjung Binga. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus menempuh perjalanan laut menggunakan perahu dari Tanjung Binga selama sekitar 20 menit. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan perairan Laut Cina yang menawan.

Fasilitas di Pulau Burung

Meskipun pulau ini kecil, dengan luas sekitar dua meter, Pulau Burung dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk kenyamanan wisatawan. Terdapat bungalow di dekat pantai untuk beristirahat, sumur bor yang menyediakan air tawar bersih, dan area untuk berjemur. Penginapan mewah seperti Sheraton Belitung Resort dan Capital O 399 Kelayang Beach Hotel juga tersedia di dekat pulau ini, menawarkan fasilitas eksklusif dan pemandangan laut yang menakjubkan.

Advertisement

Kesimpulan

Pulau Burung di Kepulauan Bangka Belitung adalah destinasi yang mempesona dengan keindahan alamnya yang eksotis. Dengan daya tarik batu granit ikonik, pasir putih, dan air laut yang jernih, pulau ini menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Fasilitas yang memadai dan berbagai aktivitas wisata yang menarik menjadikan Pulau Burung tempat yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam Belitung.

Advertisement

Fifi Farla

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button