Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Boltim

Kepemimpinan Sementara yang Berkelanjutan: 4 Bos OPD Pemkab Boltim Sudah Setahun Enam Bulan Jadi Plt

Advertisement

WAKTU.news – Sejak dilantik Sam Sachrul Mamonto pada 30 Desember 2021, empat kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur masih berstatus sebagai pelaksana tugas (Plt).

Keempat kepala OPD tersebut adalah Kepala Inspektorat Daerah Hardiman Pasambuna, Kepala Dinas Kesehatan Saifudin Gobel, Kepala Dinas Perikanan Nasruddin Paputungan dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ayko Mentemas.

Advertisement

Hingga sekarang, para bos atau pemengang jabatan kepala OPD itu sudah memasuki satu tahun enam bulan menjabat terhitung semenjak dilantik akhir Desember 2021 dan belum pernah diganti.

Keberadaan Plt ini jutru melanggar aturan PermenPANRB nomor 22 tahun 2021 tentang Pola Karier Pegawai Negeri Sipil. Dimana masa waktu Plt kepala dinas atau kepala badan paling lama 6 bulan dengan batas 2 kali perpanjangan masa jabatan.

Advertisement

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Moh Rezhah Mamonto saat ditemui waktu.news tak membantah jika empat kepala OPD di lingkungan Pemkab Boltim sudah setahun lebih menjabat sebagai pelaksana tugas.

“Sudah dua kali diperpanjang, tiap tiga bulan. Perpanjangan terakhir itu, itu yang sampai dengan sekarang,” kata Rezhah Mamonto, Senin, (19/6/2023).

Rezhah menerangkang, pemerintah kabupaten sejak perpanjangan Plt kedua memang sudah akan mengadakan pengisian jabatan 4 kepala bersamaan dengan sejumlah OPD lainnya. Namun karena situasi COVID-19 dan keterbatasan anggaran, 4 OPD pun masih tertunda.

“Sebenarnya ini sudah direncanakan. Sudah beberapa kali bikin penganggaran untuk seleksi terbuka, tapi karena covid jadi hanya sebagian saja dulu, sebagian belum,” terang Rezhah.

Advertisement

Rezhah mengungkapkan, keempat jabatan Plt itu akan segera didefinitifkan melalui Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama setelah penetapan APBD Perubahan nanti.

“Untuk pengisian JPT, Insyaallah di APBD Perubahan ini, segera didefinitifkan,” ungkapnya.

Diketahui, selain empat kepala OPD tersebut, ada tiga OPD lainnya yang masih berstatus Plt juga akan dilelang. Masing-masing OPD itu adalah Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Dinas perhubungan. (aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button