Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Politik

Kisah Sam Sachrul Mamonto, Dari Wartawan Hingga Jadi Bupati Bolaang Mongondow Timur

Advertisement

Sosok Sam Sachrul Mamonto, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) masa jabatan 2021-2024, menarik untuk ditelisik. Perjalanan karirnya dari seorang wartawan hingga mencapai puncak kepemimpinan di daerah ternyata penuh dengan lika-liku dan cukup menginspirasi.

Lahir di Modayag, 16 Desember 1973, Sam Sachrul Mamonto, akrab dengan sebutan Sachrul atau Alul, mengawali pendidikannya di SD Negeri Inpres Modayag (1980-1986). Semangatnya untuk terus belajar mengantarkannya hingga ke bangku SMA Negeri 4 Manado (1989-1992).

Advertisement

Sejak muda, Sachrul menunjukkan tekad yang kuat untuk meraih kesuksesan. Kegigihannya dalam mengejar cita-cita mengantarkannya menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Manado. Ia, berhasil meraih gelar Sarjana Sosial (S.Sos.) pada tahun 2000.

Dunia jurnalistik menjadi awal perjalanan karir Sachrul. Ia mengawali langkahnya sebagai wartawan di Harian Posko Manado pada tahun 2001. Kegigihan dan ketajamannya dalam menulis mengantarkannya menjadi Redaktur Eksekutif di Harian Tribun Totabuan/Radar Bolmong di tahun 2006 hingga 2008.

Advertisement

Kiprahnya tak berhenti di situ, karir Sachrul terus bersinar. Ia berhasil menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan dipercaya mengemban amanah sebagai ketua pada 2009 hingga 2012.

Pengalamannya di bidang kepemiluan ini menjadi bekal berharga baginya untuk melangkah ke dunia politik. Sachrul, terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Dareah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur pada 2012.

Kemampuan kepemimpinannya yang mumpuni mengantarkannya ke kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim di tahun 2014. Ia pun menduduki jabatan pimpinan atau ketua.

Pada tahun 2015, Sachrul nekat memberanikan diri untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bolaang Mongondow Timur (2015-2020). Namun, saat itu, ia belum berhasil meraih mimpinya.

Advertisement

Meskipun gagal terpilih, nasib Sachrul memang terbilang mujur. Ia kemudian berhasil duduk sebagai Anggota Komite Dewan Komisaris Bank SulutGo hingga 2018. Setelah itu, Sachrul kemudian mendapat amanah menjadi Direktur PD Gadasera Bolaang Mongondow (2018-2020).

Pengalamannya di tahun 2015, rupanya tak membuatnya putus asa. Ia kembali bertarung di Pilkada Bolaang Mongondow Timur pada 2020.

Tahun 2020 menjadi titik balik dalam karir Sachrul Mamonto. Bersama pasangannya, Oskar Manoppo, ia berhasil mengantongi suara terbanyak dan dilantik oleh Gunernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey sebagai Bupati Bolaang Mongondow Timur pada 26 Februari 2021.

Meski telah terpilih dan menjadi orang nomor satu di daerah yang dijuluki “Negeri Seribu Danau” tersebut, Sachrul tidak melupakan pentingnya ilmu pengetahuan dan terus berusaha untuk meningkatkan pengetahuannya.

Pada tahun 2020 itu, Sachrul diam-diam melanjutkan studi S-2 di Universitas Samratulangi Manado. Studi ini merupakan kelanjutan dari program Pascasarjana yang sempat terhenti beberapa tahun sebelumnya. Tekad dan kegigihan Sachrul patut diacungi jempol, di tengah kesibukan memimpin daerah, ia tetap meluangkan waktu untuk belajar.

Upaya Sachrul pun tidak sia-sia. Di tahun 2022, ia berhasil menyelesaikan studinya dan meraih gelar Master of Science dengan skor nilai tesis 87,4. Prestasi ini menjadi bukti nyata semangat Sachrul dalam menuntut ilmu pengetahuan.

Di balik kesuksesannya, Sachrul Mamonto adalah seorang suami dan ayah yang berdedikasi. Ia menikah dengan Seska Ervina Budiman dan dikaruniai dua orang anak, Moh Izra Haliantara Mamonto dan Khoirunisa Jingga Badrani Mamonto.

Advertisement

Kisah Sam Sachrul Mamonto adalah bukti nyata bahwa dengan tekad, kerja keras, dan semangat pantang menyerah, semua mimpi dapat diraih. (aah/aah)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button