Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
BolmutDaerah

Krisis Anggaran Ancam Keamanan Pilkada Bolmut 2024: TNI dan Polri Tanpa Dana Pengamanan

Advertisement

Pilkada Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) 2024 menghadapi ancaman serius terhadap kelancaran penyelenggaraannya karena DPRD Bolmut gagal memparipurnakan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk tahun 2024. Akibatnya, sejumlah program dan kegiatan yang vital, termasuk pengamanan oleh TNI dan Polri, terancam tidak dapat dilaksanakan.

Salah satu dampak paling kritis dari kegagalan ini adalah ketiadaan dana tambahan untuk pengamanan Pilkada. Dana yang bersumber dari APBD Bolmut ini, adalah kunci untuk memastikan Pilkada dapat berlangsung aman dan damai tanpa ada gejolak di masyarakat.

Advertisement

“Peran dan fungsi TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat Pilkada sangat krusial,” ujar Ketua LSM Gabungan Lembaga Anti Korupsi (GALAKSI) Rheinal Mokodompis. “Tanpa dana pengamanan, mereka akan menghadapi risiko yang signifikan terhadap stabilitas sosial selama pemilihan.”

Selain itu kata Rhein, Warga Bolmut kini menunggu dengan was-was, berharap solusi cepat dapat ditemukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama Pilkada berlangsung.

Advertisement

Undang-undang Pemilu Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menegaskan bahwa pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk mengalokasikan anggaran yang cukup untuk aktivitas pengamanan ini. Namun, dengan kebuntuan saat ini di DPRD, Bolmut berada di ambang potensi krisis keamanan yang dapat mengganggu proses demokrasi.

Kegagalan ini tidak hanya menimbulkan pertanyaan tentang kesiapan Bolmut dalam menghadapi Pilkada, tetapi juga tentang komitmen para pemangku kepentingan terhadap penyelenggaraan pemilu yang aman dan adil.

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button