Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
HealthLifestyle

Manfaat Cacing untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Alternatif Pengobatan Tradisional

Advertisement

Bagi setiap orang beranggapan ada berbagai cara untuk dapat menyembuhkan penyakit yaitu dengan cara tradisional hingga modern. Hal ini juga berkaitan dengan manfaat cacing untuk kesehatan sebagai bentuk pengobatan yang tak perlu mengeluarkan budget besar dan cara mencarinya cukup mudah.

Khasiat Cacing Tanah untuk Lambung

Salah satu manfaat dari cacing tanah yaitu sebagai penyembuh berbagai masalah penyakit lambung. Hal ini benar oleh pihak kesehatan termasuk dokter yang mengatakan bahwa, obat tradisional yang seringkali digunakan adalah ekstrak atau kandungan dari cacing tanah / disebut Lumbricus Rubellus.

Advertisement

Tak hanya sebagai pengobatan tipes saja, akan tetapi ekstrak cacing tanah yang kemudian dimasukkan ke dalam kapsul dapat mengobati demam, tekanan darah yang tinggi, paru-paru basah, asam urat, rematik, gatal-gatal dan masih banyak lagi. Akan tetapi, belum ada bukti secara medis terkait hal ini.

Meskipun dokter secara pribadi mengatakan bahwa ekstrak cacing ini juga bisa berguna untuk penyakit lambung seperti maag, akan tetapi mereka tidak bisa menjawab secara pasti apakah obat tersebut aman untuk konsumsi. Jika ingin mengkonsumsinya pun, jangan biarkan perut dalam keadaan kosong.

Advertisement

Manfaat Air Cacing untuk Demam

Tak hanya berguna sebagai bahan pengobatan untuk penderita lambung seperti maag saja, akan tetapi manfaat cacing tanah ini juga bisa mengobati masalah kesehatan seperti sakit demam. Hal tersebut memeang benar karena adanya kandungan lumbrofebrin, lumbritin, hypoxanthine, dan juga lumbrofebrin.

Bukan hanya itu saja, cacing tanah juga terkenal memiliki kandungan seperti asam amino, chloroquin, adenin, choline, xanthine, dan juga guanidine yang terkenal mampu menurunkan panas demam pada badan, tekanan darah serta dapat melebarkan saluran pernapasan dan juga bisa melegakan napas.

Mungkin sebagian orang akan merasa jijik, bahkan sebelum mengkonsumsinya pun sudah enggan. Namun, ada cara tersendiri jika ingin minum jadi cacing tanahnya akan merea kukus bersamaan dengan bahan lainnya, kemudian ambil airnya lalu konsumsi dengan menambahkan satu sendok madu.

Manfaat Cacing Tanah untuk Tipes

Kabarnya, cacing tanah juga dapat menyembuhkan orang yang terjangkit penyakit tipes. Bahkan sudah menjadi sebuah kepercayaan tersendiri. Selain mudah untuk didapatkan, masyarakat juga tidak harus mengeluarkan biaya banyak agar bisa sembuh dari tipes. Apalagi mudah orang beli tanpa resep dari dokter.

Advertisement

Pada sala satu kapsul bermerk yang telah teregistrasi pihak BPOM, ekstrak cacing tanah sebenarnya hanya dapat bermanfaat untuk penyembuhan demam saja. Namun, tidak sedikit masyarakat percaya bahwa kapsul tersebut juga dapat menyembuhkan penyakit tipes, tak heran jika banyak yang mencari.

Padahal pihak medis saja masih meragukan hal tersebut dan dokter juga belum menebak manfaat serta kandungan di dalam cacing tanah itu. Akan tetapi, di samping masalah ini ada beberapa penelitian yang meneliti lewat tikus dan mendapatkan hasil bahwa hewan tersebut sembuh dari tipes setelah mereka beri ekstrak cacing. penulis sendiri sudah merasakan bagaimana Manfaat Cacing untuk Kesehatan apalagi untuk tipes.

Manfaat Cacing Tanah untuk Liver

Ada juga masyarakat yang beranggapan bahwa cacing tanah juga dapat menyembuhkan penyakit liver. Meski pihak medis belum mengetahui pasti bagaimana kandungan serta efek sampingnya jika kita konsumsi, tak sedikit orang percaya ekstrak cacing tersebut justru bisa mengobati berbagai penyakit.

Terinspirasi dari salah satu masyarakat seorang penjual kopi dan menambahkannya dengan serbuk cacing tanah. Banyak pembelinya mengaku bahwa setelah mengkonsumsinya, penyakit tipes berangsur-angsur membaik dan tak pernah kambuh kembali. Tak heran jika sampai saat ini cacing dipercaya menyembuhkan penyakit.

Bahkan penjual kopi tersebut beranggapan bahwa kopi ekstrak cacingnya mampu menjadi alternatif bagi para masyarakat yang menderita penyakit liver, tipes, dan juga penyakit lain. Semuanya terbukti dari pelanggannya yang tak pernah mengeluh atau komplain. Itu berarti mereka cocok dan manfaatnya benar.

Manfaat Cacing Tanah bagi Kesehatan Tubuh

Dari berbagai jenis obat tradisional, masyarakat banyak mempercayai kepada ekstrak cacing tanah yang mereka tahu mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti halnya demam, tipes dan masih banyak lagi. Tak heran jika penjualan cacing ini sangat meningkat drastis dari tahun ke tahun.

  1. Cacing Tanah dapat Mengatasi Diare dan Peradangan

Selain dapat menyembuhkan tipes serta demam, cacing tanah juga bisa menjadi obat untuk mengatasi diare. Perlu Anda ketahui bahwa si penderita diare disebabkan oleh bakteri bernama E.coli dan sifat antibakteri pada cacing tanah akan mampu melawan perkembangannya dan bisa disembuhkan cepat.

Advertisement

Bahan ini dapat juga orang konsumsi untuk mengatasi mereka olah menjadi suplemen makanan. Kandungan tersebut sangat bermanfaat dan bisa mengurangi peradangan yang disebabkan oleh hiperkoagulasi.

  1. Mampu Memberikan Energi

Manfaat cacing tanah selanjutnya ialah dapat memberikan energi pada tubuh Anda, itu karena cacing tersebut memiliki kandungan penting seperti tanin yaitu semacam senyawa yang dapat mengurai lemak di dalam tubuh sehingga menjadi energi. Oleh karena itu, direkomendasikan mengkonsumsi ekstrak ini.

Tak hanya mampu memberikan energi bagi tubuh saja, cacing tanah juga terkenal sering orang manfaatkan sebagai salah satu menu diet bagi wanita yang ingin kurus dan badannya langsing. Hal ini karena cacing mereka anggap bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh, sehingga Anda akan memiliki badan ideal.

  1. Dapat Mengatasi Gangguan Pembuluh Darah

Cacing tanah juga terkenal mampu mengatasi gangguan pada pembuluh darah, itu karena bahan tersebut memiliki kandungan seperti enzim fibrinolitik yang mereka anggap bisa mengatasi atau bahkan mencegah penyakit sehubungan dengan gangguan trombosit seperti halnya saat mengalami demam berdarah.

Cacing tanah ini sering orang manfaatkan untuk dapat menjaga kondisi sel saraf dalam tubuh supaya tetap dalam kondisi yang cukup baik. Penelitian mengatakan bahwa cacing tersebut mempunyai potensi bisa memperbaiki jalur sinyal sel Schwann yang mampu menyembuhkan saraf rusak pada tubuh.

  1. Dapat Mengatasi Konstipasi Dan Antitumor

Manfaat cacing tanah selanjutnya ialah dapat mengatasi konstipasi, kondisi terjadi masalah di sistem pencernaan ketika feses menjadi bertekstur lebih keras dari sebelumnya. Penyakit ini dapat menimbulkan luka pada sekitar area anus dan juga hal tersebut bisa memicu timbulnya ambeien.

Cacing tanah yang memiliki kandungan enzim fibrinolitik atau EFE dapat orang percaya untuk digunakan dalam rangka melawan sel hepatoma di dalam tubuh Anda. Hepatocellular Carcinoma tersebut merupakan kanker paling mematikan di dunia, oleh karena itu kandungan enzim dalam cacing inilah penyembuhnya.

Manfaat Cacing Tanah Bagi Lingkungan Sekitar

Tak hanya sebagai bentuk pengobatan saja, akan tetapi cacing tanah juga bermanfaat pada kelangsungan kesuburan tanah di lingkungan sekitar. Itulah sebabnya, pembudidaya selalu membiarkan cacing tersebut hinggap di dalam atau di area tumbuhan karena memang cacing berperan penting.

  1. Dapat Meningkatkan Nutrisi pada Tanah

Tanaman sangatlah bergantung pada nutrisi yang ada di dalam tanah untuk diambil dan juga diubah menjadi makanan. Cacing tanah ini memakan puing, kotoran hewan bahkan bangkai seperti kotoran sapi. Tubuh merekalah yang menggali tanah kemudian memakan apapun yang ditemukan.

Sistem pencernaan pada cacing tersebut mengumpulkan unsur mineral organik dan juga anorganik. Di saat mereka bergerak, cacing akan meninggalkan gips yang kaya akan nutrisi. Ketika cacing membusuk, tanah menjadi bernutrisi. Hal inilah yang menyebabkan tanah berubah subur.

  1. Dapat Mengubah Tekstur dan Struktur Tanah

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua tanah itu sama, baik tekstur dan juga strukturnya bergantung pada proporsi lanau, pasir, lempung, dan air dalam tanah. Cacing tanah ini bisa memperkuat partikel tanah dan dapat menahan kelembaban. Itulah mengapa peran cacing sangatlah penting untuk tanah.

Hal ini telah terbukti dari penelitian yang mengatakan bahwa cacing tanah dapat memperkaya lapisan tanah bagian atas yang merupakan substratum. Hal tersebut demi pertumbuhan tanaman pangan agar hasilnya sehat. Itulah mengapa cacing ini merupakan hewan pembawa untung.

  1. Dapat Memperbaiki Drainase Tanah

Banyak sekali tanaman yang tidak dapat mengambil nutrisi saat tergenang oleh air. Di saat cacing tanah menggali, tanah akan dilonggarkan sehingga menciptakan sebuah ruang yang memungkinkan air berlebih dapat keluar secara leluasa.

Akan tetapi sayang sekali karena di zaman yang serba canggih seperti ini justru banyak pembudidaya menggunakan bahan kimia dan juga pestisida yang tentunya dapat membunuh cacing tanah serta menghancurkan kehidupan alami biologis.

  1. Dapat Membantu Aerasi pada Lingkungan Tanah

Pada proses penggalian, tanah akan merka olah dari atas hingga ke bawah. Nah, hal ini memungkinkan oksigen dapat mencapai lapisan tanah di bagian atas. Cacing tanah akan memberikan ventilasi pada tanah dan juga akan mengkondisikan bahan makanan yang dibutuhkan akar tanaman.

Oleh karena itulah, peran cacing tanah sangat penting bagi keberlangsungan suburnya tanah sebagai media tanam. Hal ini juga menurut salah satu peneliti yang mengatakan bahwa cacing ini dapat memberikan laporan kepada tukang kebun terkait bagaimana keadaan tanah yang sebenarnya.

Manfaat Cacing Tanah Sebagai Sebagai Bentuk Pengobatan Penyakit

Seperti yang telah Anda ketahui dari berbagai kabar berita bahwa cacing tanah ini terkenal dan mereka percaya karena dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit bahkan tipes. Namun, pihak medis bahkan dokternya sendiri belum memastikan secara jelas apakah ada efek sampingnya.

Dari berbagai penelitian terhadap masyarakat, mereka mengaku setelah mengkonsumsi ekstrak cacing tanah tersebut penyakit demam atau bahkan tipes berangsur-angsur membaik. Akan tetapi pihak media belum meneliti lebih lanjut dan memberikan kepastian secara pasti apakah cacing ini memang aman.

Di samping pro dan kontra tersebut, sampai saat ini masyarakat lebih mempercayakan terhadap apa yang sudah mereka lakukan dan mampu membuahkan hasil. Jadi, mereka percaya jika ekstrak cacing tanah justru dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tipes.

Kesimpulan Cacing Tanah Sebagai Pengobatan

Anda boleh saja mempercayai bahwa cacing tanah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Akan tetapi, konsumsilah secukupnya atau sewajarnya saja. Mengingat belum ada kepastian secara pasti dari pihak media mengenai hal tersebut.

Oleh karena itu, jika memang memungkinkan ada baiknya mengkonsumsi ekstrak cacing sesuai ketentuan seperti dengan cara tradisional yaitu mengukusnya lalu pakai airnya untuk dapat dikonsumsi. Terlebih dari itu semua, jangan membuat porsi sendiri.

Hal ini karena pihak medis juga belum memberikan keterangan dan mengatakan bahwa cacing tanah benar-benar dapat menyembuhkan penyakit. Oleh karena itu, Anda pun tidak tahu apakah ada efek sampingnya atau tidak. Jadi, konsumsilah sewajarnya saja.

Seperti itulah berbagai macam manfaat cacing untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui apa saja kelebihannya saat mengkonsumsi ekstrak cacing tanah. Meskipun di samping hal tersebut pihak medis belum mengatakan apa-apa dan tidak dapat memastikan cara ini efektif atau bahkan ada efek samping.(rhp)

Berita Terkait: Apa Saja Penyakit yang Lebih Ganas dari Corona ?

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button