Marhaban Ya Ramadhan... Selamat menunaikan ibadah puasa 1445 H

bLOG Waktu
Advertisement
Khazanah

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Menurut Islam

Advertisement

Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

Perlu Anda ketahui, bahwa madu memiliki berbagai macam jenis. Namun, manfaatnya tidak jauh berbeda. Mengingat bahan makanan alami merupakan anjuran dari Nabi, manfaat madu hitam misalnya. Kandungan di dalamnya sudah terbukti dapat membantu dan bermanfaat untuk kesehatan.

Sebagai Suplemen Kesehatan Tubuh dan Untuk Penderita Diabetes

Seperti manfaat madu hitam pahit pada umumnya, khasiat madu hitam ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu suplemen kesehatan tubuh. Itu karena kandungan yang ada di dalam madunya, terdapat kalsium, magnesium, zat besi, mangan, natrium, fosfor dan juga zinc. Konsumsilah setiap hari.

Advertisement

Tidak hanya itu saja, seperti manfaat nanas madu madu hitam ini juga bisa membantu bagi penderita penyakit diabetes. Itu karena kandungan yang ada di dalamm madunya, mengandung kadar glukosa rendah serta alkaloid tinggi. Kombinasi bagus untuk menurunkan kadar gula Anda, bahkan bisa mengurangi frekuensi buang air kecil.

Mengobati Nyeri Sendi dan Menurunkan Kolesterol

Nyeri sendi merupakan salah satu gangguan yang penyebabnya sendiri adalah asam urat. Masalah ini bisa Anda atasi dengan mengonsumsi madu hitam. Kandungan yang ada di dalamnya memiliki sifat detox, sehingga bisa menetralkan zat purin (penyebab utama nyeri sendi terjadi).

Advertisement

Kemudian, madu hitam memilki khasiat yang sama seperti manfaat madu untuk luka operasi. Salah satunya bisa menurunkan kolesterol, cobalah untuk mengonsumsi madu tersebut sekitar dua kali dalam sehari. Bahkan juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Sebagai Program Diet

Selain itu, manfaat minum madu hitam juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu program diet. Mengingat sebagian besar orang yang ingin menurunkan berat badan, mereka menjalani proses yang terbilang salah. Dalam artian mengurangi makan begitu ketat, bahkan hingga tidak makan sama sekali.

Menghindari program diet yang salah dan tidak sehat, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi madu hitam ini. Seperti manfaat minum madu setiap pagi, madu tersebut juga bisa menjadi sumber energi alami yang dapat dengan mudah di serap oleh tubuh. Mengubah kolesterol di dalam darah jadi energi.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Sebagai salah satu bahan makanan alami, agama Islam menganjurkan umat muslim untuk menjadikan madu sebagai pengobatan alami mereka. Bahkan khasiatnya juga bisa memberikan manfaat madu untuk ibu hamil. Salah satunya dapat mengurangi rasa mual yang terkadang muncul tiba-tiba.

Advertisement

Hal tersebut memang terkadang seringkali muncul, terlebih lagi bagi ibu hamil yang masih menginjak trimester pertama. Mual merupakan hal yang biasa / wajar saja, oleh karena itu mengonsumsi madu bisa menjadi salah satu solusi ampuh. Bahkan dapat menambah nafsu makan untuk ibu hamil.

Layaknya madu hutan, Islam juga menganjurkan untuk mengonsumsi madu secara rutin agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk ibu hamil juga sangat berkhasiat, salah satunya dapat menguatkan, membantu pertumbuhan fisik dan mental dari janin. Serta menyehatkan si ibu.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Kekebalan Wanita Hamil ditengah Pandemi Covid-19

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Anak

Khasiat madu asli selanjutnya, memberikan efek positif lain seperti manfaat madu kesehatan anak. Salah satunya sebagai sumber energi untuk dapat mendukung aktivitasnya di luar. Mengingat mereka membutuhkan asupan yang sehat agar dapat tumbuh dengan baik dan selalu bersemangat.

Seperti halnya pada madu hutan, madu asli juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak-anak. Mengingat imunitas mereka terkadang masih lemah, jadi butuh asupan yang benar-benar sehat. Tidak hanya itu saja, madu juga memiliki khasiat meredakan batuk dan pilek.

Layaknya manfaat minum madu sebelum tidur, Anda bisa mengonsumsikan kepada si buah hati secara rutin agar khasiat madunya bisa mereka rasakan. khasiat madu lainnya, yaitu bisa menjaga kesehatan pencernaan si kecil, menyembuhkan luka jauh lebih cepat, obat mual, diare, asma.

Itulah beberapa penjelasan secara detail mengenai manfaat madu bagi kesehatan menurut Islam. Bahkan Nabi menganjurkan umatnya untuk selalu mengonsumsi madu, sebagai salah satu bahan makanan alami. Khasiatnya untuk kesehatan, menjadikan madu selalu jadi andalan banyak orang. (rhp)

Advertisement

Advertisement
Laman sebelumnya 1 2 3

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button