Muslim

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Menurut Islam

Perlu Anda ketahui, bahwa dengan mengonsumsi madu asli mendatangkan banyak sekali manfaat. Salah satunya untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi dalam Islam ini merupakan suatu anjuran. Untuk dapat mengetahui khasiatnya apa saja, ketahui manfaat madu dan penjelasan menarik lainnya.

Keistimewaan Madu Dalam Pandangan Islam

Madu merupakan salah satu bahan makanan secara alami yang berasal dari lebah. Dengan tekstur cairan kental berwarna kuning kecoklatan, khasiatnya sangatlah banyak. Tidak heran sudah banyak masyarakat yang selalu mengandalkan bahan alami ini untuk sebagian besar tujuan pengobatan atau pencegahan penyakit.

Dengan rasanya yang manis karena adanya unsur monosakarida fruktosa (38,5%) dan juga glukosa (31,0%). Madu ini juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja, madu juga terdapat kandungan karbohidratnya juga. Bahkan, manfaat madu dalam Islam juga banyak diulas oleh tokoh-tokoh ternama.

Seperti halnya maltosa, sukrosa serta karbohidrat komplek lain. Di dalamnya juga terdapat kandungan antioksidan, walaupun tidak begitu banyak. Kandungan madu menurut Islam ini sudah ada di dalam surat An-Nahl yang berarti lebah. Surat ke – 16 di dalam Al-Qur’an ini menjelaskan khasiat madu tersebut.

Manfaat Madu Menurut Pandangan Agama Islam

Seperti yang sudah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, bahwa manfaat madu untuk kesehatan dalam pandangan Islam ini begitu banyak. Salah satunya untuk kesehatan tubuh bahkan menyembuhkan suatu penyakit. Manfaat ini sudah ada di dalam surat An-Nahl ayat 69, antara lain :

Madu Dapat Mencegah Penyakit Berbahaya

Salah satu manfaat madu asli untuk kesehatan, yaitu dapat mencegah penyakit berbahaya. Telah ada dalam penjelasan Islam, bahwa madu ini bisa masyarakat gunakan sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit. Bahkan saking ampuh bahan alami ini, madu terkenal sebagai rajanya obat dari seluruh penyakit.

Ada beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan mengonsumsi madu secara rutin. Seperti salah satunya penyakit berbahaya, layaknya kanker atau bahkan penyakit jantung. Memang terlihat menakjubkan manfaatnya, mengingat penyakit tersebut berbahaya dan menjadi penyebab kematian.

Madu Dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan

Tidak hanya itu saja, ada beberapa penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa bahan alami madu ini dapat mengatasi gangguan pencernaan. Pengobatan madu bisa membantu gangguan, layaknya bisul dan juga bakteri gastroenteritis. Di mana manfaat madu untuk lambung begitu penting sekali.

Dengan adanya kegunaan madu, sudah ada banyak masyarakat yang mengandalkannya sebagai pengobatan penyembuhan penyakit. Seperti gangguan pencernaan ini, keberagaman manfaatnya juga seakan menganjurkan umat Islam untuk meniru cara makan Nabi yaitu mengonsumsi madu.

Madu Sebagai Anti Bakteri, Anti Iritasi dan Anti Jamur

Selain itu, manfaat madu selanjutnya menurut pandangan Islam adalah sebagai anti bakteri, anti iritasi dan juga jamur. Hampir semua madu memiliki sifat tersebut, itu karena memang lebah dapat menambahkan enzim yaitu hidrogen peroksida. Tidak heran dapat menyembuhkan penyakit berbahaya.

Kemudian, jika madunya Anda konsumsi sebagai bahan dasar pembuatan minuman. Maka manfaatnya, yaitu sebagai anti iritasi dan juga anti jamur. Inilah suatu alasan penting, mengapa madu sangat dianjurkan untuk masyarakat konsumsi. Itu karena dapat mengobati masalah di dalam tubuh.

Madu Dapat Meningkatkan Stamina

Khasiat madu selanjutnya, menjurus pada seseorang yang seringkali begadang akibat pekerjaannya. Biasanya mereka yang terlalu sibuk dan bahkan hampir tidak ada waktu istirahat, memiliki masalah pada stamina tubuhnya. Bahkan, ada banyak artikel manfaat madu bagi kesehatan yang mengulasnya.

Bahkan ada seorang Atlet Olimpiade kuno yang memilih untu mengonsumsi madu, alasannya tidak lain adalah untuk bisa mendapatkan staminanya lagi. Itu karena di dalam madu, terdapat beberapa kandungan seperti kadar glikogen yang bisa memulihkan stamina seseorang yang lelah akibat kerja.

Madu Dapat Mengurangi Batuk dan Iritasi Tenggorokan

Selain itu, madu menurut pandangan Islam juga dapat membantu seseorang mengurangi batuk. Bahkan dapat juga mengatasi iritasi pada tenggorokan. Biasanya mereka yang mengalami masalah seperti ini, terkadang selalu suka makan-makanan berminyak atau bahkan keseringan mengonsumsi minuman dingin / gula palsu.

Sebagai bentuk pengobatan alaminya, madu dapat membantu Anda untuk mengatasi batuk dan juga iritasi tenggorokan. Ada sebuah penelitian yang mengatakan, bahwa madu ini memiliki dosis sama efektifnya seperti dekstrometorfan tunggal. Penderita harus mengonsumsi madunya secara rutinan.

Elemen Madu

Sama halnya seperti kombinasi antara manfaat madu dan minyak zaitun untuk kesehatan. Madu ini telah lama menjadi salah satu bentuk pengobatan di India sejak 4000 tahun lamanya. Manfaatnya yaitu dapat memperbaiki penurunan berat bedan, penglihatan, menyembuhkan impotensi serta ejakulasi dini, gangguan saluran kemih.

Tidak hanya itu saja, maanfaat madu lainnya adalah sebagai pengobatan asma bronkial, mual dan diare. Madu sendiri seringkali terkenal dengan sebutan “Yogavahi”, itu karena mempunyai kualitas penetrasi jaringan paling dalam di tubuh manusia. Bahkan Nabi menganjurkan madu untuk obat.

Madu Dapat Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Manfaat madu selanjutnya dalam pandangan Islam, yaitu dapat mengontrol kadar gula di dalam darah. Salah satu alasan mengapa madu selalu menjadi rekomendasi, tidak lain karena kandungannya yang banyak. Bahkan Nabi selalu menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi madu sebagai obat alami.

Kombinasi antara fruktosa dan juga glukosa yang ada di dalam madu, benar-benar sangat membantu tubuh manusia untuk mengatur kadar gula di dalam darah. Sebagian besar madu mempunyai indeks hipoglikemik rendah, sehingga inilah yang memengaruhi kadar gula Anda. Cocok untuk diabetes.

Madu Untuk Membantu Proses Penyembuhan Luka

Seperti halnya madu klanceng untuk kesehatan, menurut pandangan Islam madu ini juga bisa membantu seseorang dalam proses penyembuhan lukanya. Baik saat operasi atau bahkan luka biasa pada umumnya. Bahkan menurut informasi, luka bakar bisa disembuhkan hanya dengan madu.

Ada beberapa varietas di dalam madu yang menyebabkan manfaat madu bagi kesehatan tubuh. Salah satunya seperti 6 spesies lactobacili dan juga 4 spesies bifidobacteria. Islam selalu menganjurkan bahan makanan yang sehat kepada umat muslim, tidak heran jika madu ini memiliki manfaat baik.

Artikel Terkait: Manfaat Daun Pisang dan Ulasan Menarik Lainnya

Manfaat Madu

1 2 3Laman berikutnya

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media dan Pemerintah Daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button