Berita Bolmut

Matangkan RKPD 2023, Pemkab Bolmut Gelar Forum Perangkat Daerah

Waktu.news, Boroko | Proses Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 memasuki tahap Forum Perangkat Daerah.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Abdul Nazarudin Maloho menjelaskan bahwa, tujuan forum PD ini adalah menyelaraskan program, pendanaan dan kegiatan Perangkat Daerah kabupaten dengan usulan program dan kegiatan hasil Musyawaeah Rencana Pembangunan (musrenbang) kecamatan untuk Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah kabupaten.

Selain itu, kata mantan kadis pendidikan itu, untuk mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah kabupaten sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.

“Kegiatan ini juga dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah serta menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah, dr Jusnan C. Mokoginta Mars mengharapkan OPD melaksanakan tugas sesuai perencanaan yang ada. Sehingga proses untuk penyusunan berjalan lancar dan efisien untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik. [rhp]

Prioritas Pembangunan Tahun 2023

  1. Menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran serta memperkecil kesenjangan
  2. Meningkatkan daya saing produk lokal
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  4. Akselerasi implementasi reformasi birokrasi

Selain isu isu spesifik diatas, teridentifikasi pula isu isu sensitif yang merupakan aspirasi dan harapan masyarakat serta menjadi kesimpulan selama tahapan musrembang dan forum konsultasi publik dilaksanakan, sebagai berikut:

  1. Pembangunan literasi perlu di perhatikan oleh pemerintah daerah. Disamping itu, bantuan dana untuk pendidikan dan memfasilitasi bantuan beasiswa (Khusunya dari luar negeri)
  2. Perlu pengembangan start up untuk menyerap tenaga kerja sebagai solusi meningkatkan angkatan kerja dan pengangguran.
  3. Perlu adanya balai latihan kerja (BLK) dan gedung olahraga untuk menigkatkan atmosfer olaraga daerah.
  4. Perlu adanya pemberdayaan organisasi buruh didaerah dan menjadikan urusan transmigrasi menjadi salah satu fokus pembangunan daerah.
  5. Perlu adanya dukungan nyata terhadap peran serta pemuda dalam pembangunan, banyak organisasi kepemudaan kemasyarakatan yang bergerak namun belum pernah disetuh oleh pemerintah daerah.

Arahan RPJMD untuk tahun 2023:

“Memantapkan sarana dan prasarana dasar serta pertumbuhan ekonomi yang inklusif dalam rangka meningkatkan kemandirian dan daya saing daerah”

Perkembangan Capaian Pembangunan Daerah

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa:

  • Pengangguran masih tinggi (TPT)
  • Gini Ratio relative masih tinggi
  • Kepuasan masyarakat terhadap layanan air bersih dan persampahan masih rendah
  • Ekonomi masih lesu
  • Kinerja RB masih dibawa rata-rata

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button