Berita Boltim

Meriahkan Akhir Ramadhan, Pemuda Nuangan Gelar Tradisi Monuntul

Tutuyan – Pemuda Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur menggelar tradisi monuntul atau pasang lampu, Sabtu (8/5/2021), tadi malam.

Ketua panitia, Farlin Momonto mengatakan, acara yang dihadiri Wakil Bupati Oskar Manoppo ini, merupakan inisiatif pemuda Nuangan untuk merayakan bulan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.

“Sejak awal Ramadhan, kami telah melakukan persiapan, dan Alhamdulillah, tradisi Monuntul ini dapat terlaksana berkat solidaritas pemuda-pemudi, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata Farlin Mamonto.

Selain menyalakan lebih dari seribu lampu botol, kata Farlin, mereka juga memasang ratusan lampu hias beraneka warna guna menambah meriahnya tradisi yang biasa dilakukan masayarakat Nuangan pada empat malam diakhir bualn suci Ramadhan.

Berita Lainnya: Sambut Idul Fitri, Pemuda di Boltim Pasang Lampu Hias

“Dari 12.000 lampu botol yang telah kami sediakan, hanya 1.100 dapat dipasang, karena memang keterbatasan dana,” sebut Farlin.

Pemuda yang akrab di sapa Olin ini, berharap, kegiatan monuntul tersebut, akan menjadi momentum untuk menjalin kembali tali silaturahmi pemuda dan masyarakat yang sempat terputus pada paerhelatan pemilihan kepala daerah tahun 2020 lalu.

“Selain itu, kami juga berharap bahwa pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan keberlanjutan kegiatan pemuda, terutama pada momentum semacam ini, karena kedepan, akan banyak kegiatan pemuda,” harap Farlin Mamonto.

Artikel TErkait: Keindahan Pulau Lampu Bolsel yang Wajib Anda Kunjungi

Ditempat sama, camat Nuangan Sinyo Mamonto, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para pemuda dalam rangka merawat tradisi Monuntul. Sebab, kata Sinyo, tradisi pasang lampu pada malam ke dua puluh tujuh Ramadhan ini, merupakan sebuah tradisi yang telah berlangsung sejak lama dan turun temurun di kalangan umat Muslim.

“Karena kita masih dalam periode pandemi, tentu saja, kita terus mengikuti protokol kesehatan,” kata Sinyo, usai foto bersama para pemuda.

Sinyo juga menambahkan, kegiatan pemuda di kecamatan Nuangan tidak hanya berhenti pada kegiatan ini saja. Namun, kegiatan lainnya juga harus lebih ditingkatkan lagi serta terus dipertahankan.

“Tadi Pak Wakil Bupati menitip, kedepan nantinya menjadi fokus perhatian dan harus diakomodir semaksimal mungkin, terutama berkaitan dengan anggaran,” tambah Sinyo.

Pada kegiatan bertajuk Indahnya Mempererat Silaturrahmi Di Malam Lailatul Qadar Antar Sesama Umat Islam Kecamatan Nuangan, hadiri oleh Wakil Bupati Bolaang Mongodow Timur Oskar Manoppo, Camat Nuangan Sinyo Mamonto, Kepala Desa Nuangan I (satu) Fuad Bazmul, dan Kepala Desa Nuangan Selatan Muldan Akasi. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button