Dunia

Norman Abramson, Bapak Jaringan Nirkabel Modern Tutup Usia

Proyeknya ALOHAnet berfungsi sebagai beberapa basis untuk jaringan Wi-Fi

Waktu.news | Norman Abramson, salah satu pelopor di balik jaringan nirkabel modern, meninggal pada usia 88 tahun. Abramson dan tim mahasiswa pascasarjana dan fakultas yang dipimpinnya bertanggung jawab untuk menciptakan ALOHAnet, jaringan nirkabel awal yang teknik inovatifnya masih digunakan hingga saat ini di jaringan satelit, telepon, dan komputer modern.

Abramson meninggal karena kanker kulit yang telah menyebar di paru-parunya, seperti dilansir dari The New York Times.

Sebuah disiplin ilmu di persimpangan antara matematika, teori informasi, dan semiotik – Abramson belajar di Harvard dan dia menerima gelar master di UCLA dan PhD dari Stanford. Dia tertarik ke Hawaii sebagian karena kecintaannya pada selancar, dan pada tahun 1966, mengambil posisi sebagai pengajar di Fakultas Teknik Universitas Hawai’i (UH) Mānoa. Dia naik menjadi ketua departemen informasi dan ilmu komputer sekolah sebelum pensiun setelah tiga dekade.

Hawaii membantu memberi nama proyek penting Norman Abramson: ALOHAnet dibuat oleh Abramson dan kolaboratornya Franklin Kuo, saat mengajar di UH. Seperti ARPAnet kabel, yang berfungsi sebagai dasar internet, ALOHAnet dirancang sebagai sistem untuk menghubungkan UH ke perguruan tinggi dan universitas lain untuk berbagi penelitian. Ini mengirimkan paket data melalui saluran radio secara lebih efisien dengan tidak perlu menjadwalkan transmisi. Jika paket data tidak diterima, paket akan dikirim lagi. Beberapa ide yang berasal dari proyek ALOHAnet akan digunakan dalam pengembangan Wi-Fi dan Ethernet.

“Hanya ada sedikit orang yang memiliki pengaruh signifikan seperti Norm dalam cara seluruh planet berkomunikasi dan berbagi informasi saat ini,” kata presiden University of Hawai, David Lassner dalam sebuah peringatan yang diposting di blog perguruan tinggi.

“Norman Abramson menghubungkan pulau-pulau Hawaiʻi satu sama lain dengan dunia, meninggalkan warisan di UH dan sekitarnya melalui ide-idenya dan murid-muridnya,”ungkapnya.(rhp)

BACA JUGA: Mengenal Jaringan Data 5G dan Keunggulannya

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button