Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Lipsus

Pameran Cagar Budaya Bolsel Menambah Kecintaan Generasi Muda Terhadap Budaya Leluhur

Advertisement

Waktu.news | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DisparBud) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Gorontalo dalam Pekan Budaya Nasional Senin, (Senin 16/11/2020) menggelar Pameran Cagar Budaya.

Pameran Cagar Budaya Bolsel ini mengusung tema “Meniti Peradaban, Menata Masa Depan”, dengan harapan dapat meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap budaya leluhur.

Advertisement

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), DR. Praseno Hadi, MM, Ak, CA dalam sambutannya menyampaikan, sebagai salah satu wilayah yang merupakan bekas eks Swapraja, tentunya memiliki warisan Budaya.

“Sebagai salah satu wilayah yang mempunyai sejarah pemerintahan kerajaan, Yakni Kerajaan Bolango, tentunya mempunyai warisan Budaya. Dan Budaya leluhur ini wajib kita jaga dan pelihara”, ungkapnya.

Advertisement

Selain warisan tradisi lanjut Praseno Hadi, situs sejarah yang ada di Bolsel, lewat Balai Pelestarian Cagar Budaya beserta Dinas terkait harus bisa melindungi dan memperkenalkan kepada publik bahwa ini kekayaan Daerah bolsel yang harus dilestarikan.

Pameran Cagar Budaya Bolsel
foto by suply van gobel

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yanni Ronny Tuuk S.Th  dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam hal berkebuyaan, kita harus menjaga nilai lama yang baik dan menerima nilai baru yang lebih baik.

“Pameran Cagar Budaya ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap budaya leluhur,” harap Wabup,”kata Tuuk.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan (Kabid) Dikbud Bolmut, Drs. Enamety Humokor yang turut hadir dalam Kegiatan tersebut mengatakan, pelestarian Budaya ini selain di lestarikan karena asaet berharga daerah juga merupakan bentuk penghormatan kita pada leluhur kita.

Advertisement

Bolmong Utara nantinya akan menggelar kegiatan-kegiatan seperti ini tahun-tahun berikutnya karena ini bagian dari melindungi serta memperkenalkan Budaya yang ada di Bolmut.

Untuk diketahui, Pameran Cagar Budaya Bolsel ini digelar selama 4 hari (16-20) dengan menerapkkan protocol Kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yanni Ronny Tuuk S. Th, sejumlah pejabat teras kabupaten Bolsel dan wakil Ketua 1 Tim Penggerak PKK Kabupaten Bolmut, Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan.(rhp/svg)

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button