Berita Boltim

Parah! Capaian Vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Nuangan Sangat Buruk

Tutuyan, WAKTU.news – Capaian vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Nuangan, menjadi paling terendah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Dari 6.230 target sasaran vaksinasi COVID-19 di kecamatan Nuangan, hingga 1 Oktober 2021 baru ada sekitar 1.350 orang yang berhasil divaksin.

Parahnya, pemberian vaksin dosis kedua bagi para penerima vaksin pada dosis pertama, justru malahan lebih turun lagi yakni hanya  617 orang.

Memburuknya capaian vaksinasi diwilayah kecamatan Nuangan ini diduga penyebabnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi diri dari bahaya terpaparnya virus COVID-19.

Selain itu, diperparah lagi dengan lemahnya dukungan dari para kepala desa se-Kecamatan Nuangan.

“Ini saja Idumun cuman dua orang, banyangkan. Desa Idumun itu baru 30an orang lebih,” ujar Kapolsek Nuangan AKP Sudarsono, Selasa, (5/10/2021) sore tadi pada pelaksanaan vaksinasi massal di balai desa Nuangan.

Menurut Sudarsono, satu-satunya langkah untuk meningkatkan capaian vaksinasi di kecamatan Nuangan dengan cara mendatangi satu-persatu rumah warga. Karena jikalau hanya mengandalkan vaksinasi massal, sepertinya sudah tidak efektif lagi.

“Sedangkan Camat sudah WhatsApp, besok Sangadi (kepala desa) bawah 20 (orang) mana?,” tambah Sudarsono.

Sementara, ditempat sama Camat Nuangan, Haslinda Kadengkang, kepada waktu.news mengatakan, telah menyiapkan formulasi baru demi menggenjot vaksinasi diwilayahnya.

“Tanggal 15 rencananya, kami bersama-sama Kapolsek, Babinsa, dan Kepala Puskesmas akan melakukan himbauan berupa pemahaman kepada masyarakat,” kata Haslinda Kadengkang, didampingi Kepala Puskesmas Nuangan Serly Manoppo.

Dia juga menambahkan, himbauan tersebut akan dilakukannya dengan cara menggebrak lorong atau ron kampung yang ada di kecamatan Nuangan.

Diketahui, pada pelaksanaan vaksinasi massal di balai desa Nuangan hanya berjumlah 56 orang. Adapun vaksin yang digunakan adalah jenis Biofarma 4 vial ditambah 6 vial Sinovac. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button