Health

Pemenuhan Cath Lab di 207 Kabupaten/Kota, Kotamania Masuk Dalam Daftar?

Waktu.news | Menkes (Menteri Kesehatan) RI Budi G Sadikin menargetkan pemenuhan cath lab di berbagai provinsi dan kabupaten kota.

Hal tersebut disampaikan oleh Menkes dalam rapat kerja pengurus peusat Aspsiasi Isntitusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) periode 2022-2025 di surabaya, kamis juli 2022.

Di Indonesia, salah satu penyakit yang paling banyak adalah jantung. dan alat medis yang dibutuhkan untuk pengobatan jantung adalah cath lab.

Cath lab hanya di 28 provinsi dari 34 provinsi. provinsi yang belum bisa melakukan layanan cath lab kateterisasi antara lain, bangka belitung, sulawesi barat, maluku, maluku utara, papua dan papua barat,” ungkapnya.

Selain pemenuhan alat medis seperti cath lab, Menkes Budi juga menekankan harus diiringi dengan pemenuhan dokter spesialis.

“Pemenuhan dokter spesialis dapat dilakukan melalui design program Academic Health System (AHC),” katanya.

Dalam AHC ada 4 level strategi yakni mahasiswa, dosen, wahana yaitu RS pendidikan dan pengampuan prodi atau fakultas kedokteran

Dari sisi RS pendidikan, yaitu peningkatan jumlah RS pendidikan dan yang terakhir adalah level fakultas kedokteran, yakni dilakukan dengan peningkatan jumlah prodi atau fakultas kedokteran baru,” jelasnya. (red)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button