Berita Bolmut

Pemkab Bolmut Ikut Vicon Penyerahan Sertifikat PTSL Tahun 2020 Secara Virtual Oleh Presiden Jokowi

Waktu.news | Pemerintah daerah kabupaten bolaang mongondow utara, selasa (05/01/2021) mengikuti acara secara virtual Penyerahan Sertifikat PTSL Tahun 2020 Di Auditorium Pohohimbunga Kantor Bupati Bolmut.

Penyerahan Sertifikat PTSL Tahun 2020 untuk masyarakat di 26 provinsi dan 273 kabupaten/kota dipimpin langsung oleh presiden Jokowi dari Istana Negara oleh Presiden Republik Indonesia. Adapun jumlah sertifikat tanah yang diserahkan adalah sebanyak 584.407 sertifikat untuk masyarakat di 26 provinsi dan 273 kabupaten/kota.

“Penyerahan Sertifikat PTSL Tahun 2020 ini adalah komitmen yang sudah terus menerus saya sampaikan: komitmen pemerintah untuk terus mempercepat sertifikasi tanah di seluruh tanah air,” tutur Presiden di Istana Negara, Jakarta.

Penyerahan sertifikat tersebut akan memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan redistribusi tanah yang selama beberapa tahun terakhir dijalankan pemerintah.

Maraknya sengketa pertanahan sebagaimana yang sering didengar langsung oleh Presiden saat kunjungannya ke daerah, membuktikan bahwa percepatan penerbitan sertifikat untuk seluruh masyarakat memang sangat mendesak.

Untuk itu, sejak beberapa tahun terakhir jokowi memberikan target khusus bagi jajarannya di Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk dapat menerbitkan sertifikat dalam jumlah yang sangat besar tiap tahunnya.

Selain itu, presiden juga detail menjelaskan, bahwa Tahun 2017, BPN telah menerbitkan sebanyak 5,4 juta sertifikat. Jumlah yang jauh melampaui tahun-tahun sebelumnya dengan hanya kurang lebih 500 ribu sertifikat per tahunnya.

Tahun 2018 dengan 9,3 juta sertifikat dan sebanyak 11,2 juta sertifikat di tahun 2019. Adapun pada tahun 2020, disebabkan oleh pandemi, realisasi masih tetap mampu membukukan angka 6,8 juta sertifikat,”jelas Jokowi.

Turut Hadir Kepala BPN Kabupaten Bolmut, dan Jajaran, Pimpinan SKPD terkait, serta peserta penerima Sertipikat tanah.(rhp)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button