Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Bisnis

Perjalanan Sang Rupiah Hingga 7 Pecahan Uang Kertas Emisi 2022

Advertisement

Waktu.news | Uang rupiah menjadi alat transaksi dalam kehidupan sehari hari. Interaksi terjalin pada setiap transaksi menggunakan rupiah di seluruh pelosok negeri selama rupiah tercipta melalui serangkaian proses pengelolaan.

Mulai dari perencanaan Bank Indonesia berkoordinasi dengan pemerintah, menghitung kebutuhan jumlah uang rupiah yang harus dicetak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Advertisement

Uang rupiah dicetak seluruhnya di dalam negeri oleh perum peruri menggunakan peralatan dan teknologi terkini.

Untuk menjamin keamanannya, setiap lembar uang rupiah kertas dilengkapi dengan unsur pengamanan dan diberi nomor seri unik yang spesifik.

Advertisement

Uang rupiah dikeluarkan dan diedarkan Bank Indonesia ke seluruh penjuru Nusantara, mulai dari kota kota besar hingga ke pulau pulau terdepan terluar dan terpencil.

Untuk menjaga kelayakan uang beredar di masyarakat, Bank Indonesia secara rutin melakukan pemusnahan terhadap uang rupiah tidak layak edar maupun uang rupiah yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran.

Selembar rupiah mampu melukiskan indahnya kebhinekaan Indonesia direncanakan dan didesain dengan sepenuh hati untuk ibu Pertiwi. Setiap guratan pada lembar uang rupiah sarat akan makna Indonesia menampilkan sosok para pahlawan dan kaya akan keragaman flora, fauna, keindahan wisata, hingga budaya Nusantara.

BI Luncurkan 7 Pecahan Uang Rupiah Kertas Baru Tahun Emisi 2022, Menyulitkan Pemalsuan

Advertisement

Sebagai persembahan bagi segenap bangsa Indonesia, Bank Indonesia dan pemerintah mengeluarkan 7 pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2002 2 dengan desain dan spesifikasi yang telah diperbaharui kini uang rupiah semakin mudah dikenali keasliannya dengan kualitas lebih baik yang menjamin masa edar lebih lama dan teknologi unsur pengamanan yang semakin menyulitkan pemalsuan.

Mari kita gelorakan cinta bangga dan paham rupiah sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia karena Bank Indonesia ada di setiap makna Indonesia. (rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button