Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Lipsus

Pilkada Boltim 2024 Resmi Digelar 27 November, Ini Jadwal dan Tahapannya

Advertisement

Waktu.news | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur akan digelar pada tanggal 27 November 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Daerah Kabupaten Boltim, Ikal Salehe, menyanpaikan bahwa tanggal pemungutan suara tersebut telah resmi.

Advertisement

Hal itu mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

“KPU RI telah memutuskan pemungutan suara Pilkada Serentak pada hari Rabu 27 November 2024. Itu artinya Boltim juga akan menggelar pemunggutan suara dihari dan tanggal yang sama,” ujar Ikal Salehe.

Advertisement

Ikal menjelaskan, tahapan Pilkada serentak telah dimulai pada 26 Januari 2024 yaitu perencanaan program dan anggaran.

Ada pun tahapan pengumuman pendaftaran pasangan calon perseorangan akan dibuka pada 24 sampai 26 Agustus. Sementara pendaftaran calon dimulai pada tanggal 27 sampai 29 Agustus.

Selanjutnya untuk penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus – 21 September, penetapan pasangan calon pada 22 September, pelaksanaan kampanye 25 September – 23 November.

Namun meski begitu, pihaknya mengaku masih menunggu instruksi lebih lanjut dari KPU RI terkait tindaklanjut dari jadwal dan tahapan Pilkada serentak 2024.

Advertisement

“Untuk saat ini tentunya fokus kita terkonsentrasi pada Pemilu di tanggal 14 Februari. Setelah itu, baru kita akan fokus diseluruh tahapan Pilkada,” jelas Ikal.

Kendati demikian, Ikal juga menghimbau kepada seluruh warga Boltim untuk bersiap untuk menyambut Pilkada serentak 2024.

“Kami berharap Pilkada Boltim 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan jujur,” tandasnya.

Berikut rincian Jadwal dan Tahapan Pilkada Serentak 2024.

Pilkada Boltim 2024

Pilkada Boltim 2024

Itulah rincian Jadwal dan Tahapan Pilkada Serentak 2024 sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024. (aah)

Advertisement

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button