Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Hukrim

Polres Boltim Gandeng Hansip Jaga Keamanan Lingkungan

Advertisement

Kepolisian Resor (Polres) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus menunjukkan komitmennya dalam menciptakan keamanan di wilayahnya. Salah satunya adalah menjalin kemitraan dengan Satuan Keamanan Lingkungan Masyarakat (Satkamling) atau Hansip.

Komitmen ini diwujudkan melalui kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan (latkatpuan) Satkamling yang diselenggarakan oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Boltim pada Selasa (21/5/2024).

Advertisement

Kapolres Boltim, AKBP Sugeng Setyo Budhi S.I.K., M.Tr.Opsla, megatakan Satkamling merupakan elemen penting dalam menjaga rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya menggandeng Hansip sebagai mitra Polri dalam mewujudkan ketertiban masyarakat.

“Dengan dukungan Bhabinkamtibmas yang profesional dan berdedikasi, Satkamling di wilayah Polres Boltim diharapkan akan semakin efektif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” ujar Sugeng Setyo Budhi di aula Sanika Satyawada Polres Boltim.

Advertisement

Lebih lanjut, Sugeng menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan langkah nyata dari upaya kemitraan antara Polres Boltim dan Satkamling.

Polres Boltim Gandeng Hansip Jaga Keamanan
Puluhan Satuan Keamanan Lingkungan Masyarakat (Satkamling) atau Hansip saat menjalani latihan baris berbaris di lapangan Polres Boltim.

Tujuannya, kata dia, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Hansip dalam berbagai aspek, seperti dasar-dasar linmas dalam pelaksanaan tugas, peran serta dan kewajiban linmas, latihan baris berbaris serta penanganan masalah terbatas.

“Salah satu langkah nyata dari upaya kemitraan ini adalah memberikan pelatihan peningkatan kemampuan Satuan Keamanan Lingkungan (satkamling),” jelas Sugeng.

Selain itu, Sugeng juga menyampaikan bahwa situasi Boltim saat ini masih aman dan kondusif. Meski begitu, ia mengingatkan agar seluruh jajaran kepolisian dan Hansip tetap waspada, terutama menjelang Pilkada 2024.

Advertisement

“Hingga saat ini Boltim masih dalam situasi aman dan kondusif. Namun, aparat dan Linmas tidak boleh lengah, apalagi tahapan Pilkada 2024 sudah berjalan,” ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Kepala Satuan Binmas Polres Boltim, AKP Sriyono, menambahkan bahwa Satkamling memiliki peran penting sebagai garda terdepan yang mengetahui situasi dan kondisi di tengah-tengah masyarakat. Ia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan para Satkamling untuk mewujudkan keamanan di desa.

“Untuk mencapai situasi yang aman dan kondusif di suatu daerah, terlebih dahulu harus menjaga keamanan di tingkat desa, kemudian kecamatan, dan selanjutnya kabupaten. Inilah pentingnya kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Satkamling ini, sekaligus juga memberdayakan potensi masyarakat,” tambahnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 34 peserta. Puluhan peserta tersebut merupakan perwakilan Hansip dari 7 Kecamatan di Kabupaten Boltim. (aah).

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button