Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Pulau Ponteng: Surga Wisata untuk Berlibur

Advertisement

Tempat wisata yang menyajikan banyak keindahan alam merupakan salah satu tujuan dari kegiatan liburan. Berlibur dengan melihat keindahan alam pada salah satu wilayah Indonesia tepatnya di Desa Tumbak Kecamatan Posumaen Kabupaten Minahasa Tenggara dapat Anda lakukan dengan mengunjungi pulau Ponteng. Pulau ini terkenal lantaran pesona bawah laut.

Mengenal Lebih Dekat Pulau Ponteng

Wisata pada pulau Ponteng sempat viral dan menjadi perbincangan publik lantaran menjadi daerah sepi dan tidak mempunyai penduduk. Hal ini justru membuat para wisatawan tertarik untuk mengulas terkait fakta yang menjadi penyebab daerah tersebut tidak terdapat tanda-tanda kehidupan.

Advertisement

Fasilitas dan layanan yang terdapat pada pulau andalan minahasa memang belum banyak dan menarik. Hal ini tentu saja tidak dapat terlepas dengan pengaruh sepi penduduk. Poin tersebut sebenarnya juga bermanfaat, lantaran seluruh biaya bisa Anda dapat secara gratis.

Akses menuju pulau ini juga masih sangat terbatas, namun hal ini tidak menjadi halangan bagi yang menyukai petualangan. Layanan berupa persewaan perahu dapat Anda jadikan sebagai alternatif transportasi untuk menyusuri pulau minahasa dengan aman dan nyaman.

Advertisement

Fakta Menarik

Pulau ini menyajikan banyak fakta menarik yang sangat pas untuk Anda ulas lebih tuntas. Belajar terkait fakta- fakta sebuah tempat juga berfungsi sebagai penambahan pengetahuan dan wawasan pada diri seseorang. Berikut ini fakta menarik yang terdapat pada pulau Ponteng:

  1. Pulau Indah

Ponteng memang tidak mempunyai tanda-tanda kehidupan, walaupun begitu tempat ini menyajikan pemandangan indah dan menakjubkan. Keindahan akan mulai terasa saat mulai memasuki lokasi dari wisata satu ini. Sekeliling pulau juga terdapat tumbuhan hijau yang menyebabkan suasana sejuk.

  1. Bukit Landai

Perbukitan yang mengelilingi pulau Ponteng juga turut menjadi salah satu fakta menarik dari tempat ini. Bukit menjulang tinggi juga dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk melihat pemandangan dari atas ketinggian, sehingga kegiatan liburan jauh lebih berkesan dan masih banyak lagi.

  1. Tempat Piknik

Hamparan lahan yang luas membuat Anda bisa melakukan camping dengan nyaman dan leluasa. Ketenangan juga terasa saat menghabiskan waktu dengan camping, hal ini lantaran tempat ini sangat sepi dan jauh dari hingar bingar kehidupan perkotaan.

Advertisement
  1. Keindahan Bawah Laut

Anda yang menyukai aktivitas menyelam dengan kedalaman tertentu dapat melakukan tindakan tersebut saat berlibur di Pulau Ponteng. Hal ini lantaran pulau tersebut menyajikan keindahan bawah laut yang begitu menarik dan menyajikan kekayaan alam berupa satwa air seperti ikan.

Pulau ponteng
Foto Mikel Mengga

Kegiatan yang dapat Anda Lakukan

Pulau Ponteng menjadi salah satu tujuan pariwisata bagi seseorang yang membutuhkan ketenangan setelah aktivitas bekerja selama seharian. Liburan akan tampak menyenangkan jika seseorang dapat melakukan kegiatan bermanfaat selama momen tersebut. Berikut ini kegiatan yang wajib Anda coba:

  1. Menyusuri Pulau

Kegiatan yang dapat Anda lakukan selama berlibur pada pulau ini yaitu menyusuri sepanjang perjalanan dengan menggunakan perahu. Hal ini tentu saja dapat menenangkan pikiran dan merasakan momen menyenangkan selama berlibur dengan memanfaatkan perahu.

Menyusuri perahu mungkin akan terasa menyenangkan jika tidak hanya terdapat satu orang. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jika sewaktu-waktu mengalami kecapekan. Fungsi teman pada kegiatan ini yaitu untuk berbagi peran dalam mengendalikan perahu sehingga tidak lelah.

  1. Berenang

Renang merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan dan tubuh seseorang. Hal tersebut bisa Anda lakukan jika mengunjungi pulau Ponteng saat liburan atau momen tertentu. Kegiatan berenang pada pulau tersebut sangat pas lantaran air bersih dan jernih.

Hal tersebut tentu saja membuat Anda tidak perlu khawatir jika terjadi iritasi atau gatal-gatal pada permukaan kulit. Aktivitas renang pada pulau tersebut juga dapat merasakan sensasi air pada daerah setempat. Pastikan untuk mengukur kemampuan berenang terlebih dahulu .

  1. Olahraga

Tidak hanya dapat melakukan kegiatan berenang saja, namun juga bisa berolahraga saat mengunjungi pulau iji. Olahraga tersebut dapat Anda lakukan bersama dengan teman seperti volly, sepak bola, dan masih banyak lagi. Daratan yang luas membuat kegiatan olahraga berjalan dengan lancar.

Advertisement

Permainan sepak bola ataupun volly pada tempat ini dapat menjadikan pengalaman seru di kemudian hari. Pastikan untuk tidak terlalu capek, hal ini lantaran fasilitas layanan kesehatan belum tersedia pada tempat ini. Hal yang tidak kalah penting yaitu membawa perlengkapan untuk olahraga.

  1. Foto

Foto merupakan salah satu kegiatan yang hampir menjadi kegemaran oleh banyak orang khususnya perempuan. Aktivitas tersebut banyak menjadikan kegemaran lantaran mampu menghasilkan dokumen yang dapat Anda jadikan sebagai kenangan-kenangan pada kemudian hari.

Berfoto pada pulau Ponteng sangat pas lantaran menyajikan keindahan yang belum tentu terdapat pada tempat lain. Kegiatan tersebut dapat Anda lakukan secara maksimal, hal ini lantaran lokasi sangat sepi penduduk. Poin tersebut bermanfaat lantaran sebagian orang malu foto di tempat umum.

  1. Menyelam

Hampir mirip dengan berenang, kegiatan lain yang dapat pengunjung lakukan saat mendatangi pulau Ponteng yaitu menyelam. Kegiatan tersebut umumnya bertujuan untuk mengetahui kedalaman pulau dan melihat ekosistem yang terdapat pada bawah laut. Kegiatan ini hanya berlaku bagi orang terlatih.

Anda yang belum mahir dalam menyelam sebaiknya tidak melakukan hal tersebut supaya tidak terjadi hal membahayakan keselamatan diri sendiri. Menyelam membuat seseorang dapat menikmati keindahan bawah laut dan mengetahui satwa apa saja yang terdapat pada area tersebut.

Pulau Ponteng Minahasa
Foto Mikel Mengga

Rute dan Biaya

Kunjungan pada pulau Ponteng umumnya tidak memerlukan biaya lantaran tempat tersebut bersifat umum dan belum ada pihak pengelola. Hal ini tentu saja membuat liburan seseorang lebih hemat tanpa perlu mengeluarkan biaya. Seluruh keindahan alam pada pulau ini dapat Anda nikmati gratis.

Pulau ini berlokasi pada Desa Tumbal, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Mitra, Sulawesi Utara. Perjalanan yang startnya pada daerah Manado akan memakan waktu sekitar 3 jam untuk sampai pada pulau andalan minahasa.

Sepi penduduk tidak membuat tempat ini mengalami kesusahan dalam akses. Penunjuk lokasi juga terdapat pada sepanjang perjalanan. Akses menuju lokasi juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan mobil ataupun motor.

Kelebihan Pulau Andalan Mitra Ini

Pulau Pontang juga menyajikan beragam kelebihan yang akan mulai pengunjung rasakan saat pertama kali tiba di tempat tersebut. Kelebihan juga menjadi salah satu faktor utama seseorang rela datang dari luar pulau. Berikut ini kelebihan yang terdapat pada pulau :

  • Suasana sepi sehingga lebih tenang
  • Tempat bersih dan asri
  • Wisata dapat pengunjung rasakan secara gratis
  • Keindahan alam sudah terjamin keberadaannya
  • Air jernih dan bersih
  • Udara segar dan dingin
  • Lahan luas dapat menjadi area perkemahan
  • Pas untum menenangkan pikiran
  • Jauh dari hingar-bingar kehidupan kota

Poin-poin di atas bisa menjadi salah satu alasan bagi seseorang untuk mengunjungi wisata tersebut. Seseorang yang menyukai ketenangan dan suasana liburan berbeda bisa datang pada lokasi tersebut. Kegiatan liburan berkesan dan berbeda bisa Anda nikmati saat mengunjungi pulau Ponteng. (sffs)

Artikel Lainnya;

Advertisement

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button