Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
HealthLifestyle

Rahasia Tubuh Sehat: Dampak Mengonsumsi Vitamin dengan Perut Kosong?

Advertisement

Bagi sebagian besar orang, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dapat diperoleh melalui diet sehat. Tapi tahukah Anda bahwa separuh populasi AS—bahkan 70 persen warga senior—tetap mengonsumsi vitamin secara teratur? Baik untuk mengatasi kekurangan vitamin maupun untuk memastikan kecukupan nutrisi harian.

Namun, apakah Anda pernah bertanya-tanya apakah aman mengonsumsi vitamin dengan perut kosong?

Advertisement

Menurut Christa Brown, ahli diet diabetes di New Jersey, mengonsumsi vitamin dengan perut kosong tidak akan memberikan dampak jangka panjang yang signifikan. “Tidak ada bahaya yang signifikan dalam mengonsumsi vitamin dengan perut kosong,” katanya.

Namun, ada pengecualian. Beberapa jenis vitamin, terutama yang larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, dapat menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi dengan perut kosong. “Disarankan untuk mengonsumsi vitamin tersebut bersamaan dengan makanan untuk mengurangi kemungkinan efek samping dan meningkatkan penyerapan,” tambah Brown.

Advertisement

Jadi, jika Anda mengalami mual, nyeri perut, atau bahkan muntah setelah mengonsumsi vitamin tanpa makan terlebih dahulu, Anda mungkin ingin mencoba mengonsumsinya bersama makanan. Ini tidak hanya membantu mencegah efek samping yang tidak menyenangkan, tetapi juga meningkatkan penyerapan nutrisi.

Untuk membantu “memulai sistem pencernaan” sebelum mengonsumsi vitamin, Brown merekomendasikan mengonsumsi segenggam kacang atau seiris roti panggang dengan sedikit mentega.

Jadi, sebelum Anda mengonsumsi vitamin apa pun, pastikan untuk membaca label dan memperhatikan bagaimana tubuh Anda meresponsnya. Dan jika Anda merasa tidak nyaman atau mengalami kesulitan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kesehatan Anda adalah prioritas utama!

Advertisement

Advertisement

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button