Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

Berkunjung ke Raja Ampat, Destinasi Wisata dengan Keindahan Tak Terlupakan

Advertisement

Kali ini, saya akan benar-benar akan membuat Anda merasa takjub. Sebab, kali ini saya akan mengulas mengenai tempat wisata yang bisa di bilang sangat favorit di Indonesia, bahkan menjadi perbincangan di dunia internasional— Tepatnya di Raja Ampat Papua Barat.

By the way, kenapa sih saya tertarik membahas kepulauan yang satu ini. Selain mempunyai kekayaan alam yang memiliki puspa warna, keindahan alamnya yang sangat mempesona – yang tak kalah penting adalah mitos ceritanya yang menarik.

Advertisement

Perlu di ketahui pembaca bahwa pulau papua adalah tempat wisata yang memiliki keindahan pemandangan bawah laut. Karena keindahannya inilah, tak jarang penyelam kelas dunia pun menjadikan destinasi wisata pulau ini sebagai tujuan utama.

Saking menarinya Kepulauan Papua ini, wisata yang tersohor karena selamannya ini pernah di abadikan dalam sebuah film dokumenter bertajuk Edis Paradise 3. Film dokumenter ini berhasil di buat oleh Avant Premiere, seorang turis yang tertarik dengan keindahan alam di pulau ini. Di dalam film dokumenternya tersebut, ia menyebut Raja Ampat sebagai Amazon Lautan Dunia. Julukan ini di karenakan sebab posisi pulau papau ini berada di pusat segitiga karang dunia.

Advertisement

Map: Cari Lokasi

Raja Ampat Surganya Para Penyelam

Jika Anda ingin ke sana, berkeliling melihat Kepualauan papua barat, kiranya Anda perlu menyiapkan bekal khusus. Dengan biaya hanya Rp. 8 juta – 30 juta, Anda sudah bisa mengelilingi Kepualauan papua. Biasanya, kegiataan mengelilingi pulau papua ini di lakukan mulai pukul 07.00 WITA dan berakhir sampai malam.

Adapun tempat-tempat yang bisa Anda tempuh, Anda bisa berlayar melihat kepulauan-kepulauan yang dekat dengan Raja Ampat seperti Selat Dampir, Pulau Pensil, Gua Karang, Resor Sorido dan Pulau Lege Peley.

Air yang terdapat di Kepulauan Papua ini tidaklah terlalu berombak besar, namun juga tidak terlalu kecil. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya para turis yang datang ke pulau papua untuk menyelam. Adapun hal-hal yang menarik untuk para penyelam antara lain karena adanya spesies laut seperti halnya Kuda Laut Katai, Ikan Pari Manta, Ikan Eviota Raha, Wobbedog dan lain sebagainya.

Advertisement

 

Raja Ampat

Underwaternya kerennn

Lebih menariknya lagi, bila Anda menyelam di Kepualauan Papua, Anda pun bisa melihat Ikan Duyung dan Penyu Raksasa berenang bersama Anda. Waw …menarik bukan?

Dari berbagai sumber yang penulis dapatkan, peraritan di Kepulauan Raja Ampat ini merupakan salah satu dari 10 perairan yang kualitasnya terbaik di dunia; dalam hal diving sive. Hal ini di dukung pula dengan kelengkapan flora dan fauna bawah lautnya meliputi 75% spesies karang yag ada di dunia, 540 jenis karang keras kemudian ada sekitar 1000 jenis ikan karang dan lebih dari 700 jenis moluska.

Itu bagi Anda yang memiliki hobi untuk menyelam. Jangan khawatir bagi Anda yang belum bisa menyelam, sebab di sana Anda bisa bermain dengan pasir putih nan bersih. Di pulau papua itu sendiri cukup terkenal dengan putihnya pasir. Bersama dengan buah hati Anda, teman atau kekasih, Anda bisa bermain membuat istana yang terbuat dari pasir Pantai papua.

Mitos 7 Telur di Kepulauan Raja Ampat

Keunikan dan ciri khas tempat-tempat wisata adalah adanya mitos atau cerita awal terjadinya tempat tersebut. Begitu pula dengan Kepulauan yang letaknya di papu barat ini, konon, nama atau sebutan Raja Ampat itu sendiri adalah nama seorang wania yang mendiami pulau tersebut.

Singkat cerita, wanita tersebut pada suatu hari menemukan 7 telur; 4 di antaranya menetas menjadi 4 pangeran. Pangeran tersebut masing-masing menduduki tahta sebagai raja di Pulau WAIGEO, pulau Misool, Pulau Salsawati dan Pulau Batanta.

Advertisement

Adapun ketiga telur lainnya, menurut mitos yang penulis dapatkan ada yang menetas kemudian menjadi hantu, kemudian seorang wanita dan yang terakhir menetas menjadi batu. Berkaitan dengan mitos, tentu saja akan membicarakan bagaimana karakteristik masyarakatnya secara umum.

Masyarakat di wilayah Kepulauan ini sangat populer dan banyak di kenal oleh para pendatang sebagai masyarakat yang ramah dan penuh sopan santun. Apalagi bila Anda juga membuat mereka senang, dalam artian memberikan mereka buah tangan berupa pinang, mereka akan sangat menghormati Anda sebagai tamu yang istimewa.

Ya, sebab pinang merupakan makanan kesukaan mereka, bahkan di kepulauan itu sendiri terdapat sebuah tradisi unik “Para-para Pinang” yang artinya mengobrol sambil makan pinang. Mengenai hunian masyarakat di wilayah papua, kepualauan ini di huni masyarakat yang letak rumahnya sangat berjauhan. Bahkan, di antara penghuni-penghuni lainnya bisa berbeda pulau.

Hehehe… Barangkali Anda mau tinggal di sana?

Msayarakatnya famous dengan keramah-tamahan, hidup rukun dan saling mebantu. Meskipun di sana pemeluknya mayoritas Islam dan Kristen, namun sangat jarang terjadi perseteruan. Masyarakat papua tetap hidup rukun berdampingan.

Akses Menuju Kepulauan Papua

Hemat penulis, bila Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya Anda persiapkan sejak awal kebutuhan dan keperluan Anda nanti. Baik di jalanan maupun di tempat wisata tersebut.

Jangan segan-segan untuk meminta bantuan para guide baik yang berasal dari Kepulauan Raja Ampat sendiri, ataupun saudara yang pernah mengunjungi wisata pulau papua.

Yups, perjalanan menuju pulau papua ini memang cukup memakan biaya besar. Selain itu, perjalanan menuju wisata pulau papua sangat memakan banyak waktu. Oleh karena itu, selain persiapan barang-barang bawaan, ada baiknya juga Anda menyiapkan kebugaran fisik.

Bila Anda sudah sampai di Kota Sorong, kini Anda bisa naik dengan angkutan umum menuju pelabuhgn. Selanjutnya, Anda bisa membeli tiket untuk masuk kawasan Kepulauan ini.

Dari Pelabuhan Sorong, Anda beserta rombongan dapat memanfaatkan kapal rakyat yang akan mengajak Anda berlayar setiap pukul 14.00 WIT untuk menuju Ibu Kota papua. Hanya dengan biaya yang cukup murah sebesar Rp.120.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati perjalanan Anda sambil sesekali menorehkan puisi di atas kertas putih.

Jadi, kapan kamu akan menikmati surga tersembunyi di pulau keren ini?. Rencanakan dan bersyukurlah semoga bisa di berikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam di tanah Papua Barat. Demikianlah sedikit ulasan penulis mengenai wisata di Papua Barat. Barangkali bisa membantu para pembaca untuk meyakinkan bahwa Kepulauan Raja Ampat adalah destinasi wisata yang tepat.(16b)

Baca Artikel terkait lainnya;

Advertisement

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button