Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Menjelajahi Telaga Bintang: Permata Hijau Tosca di Tengah Karst Raja Ampat

Advertisement

Raja Ampat, sebuah surga wisata bahari di Papua Barat, menyimpan berbagai destinasi menakjubkan yang siap memukau setiap pengunjungnya. Salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan adalah Telaga Bintang, sebuah telaga dengan air berwarna hijau toska yang mempesona. Terletak tak jauh dari Piaynemo, hanya sekitar lima menit perjalanan, Telaga ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, terutama saat dilihat dari ketinggian. Tak heran banyak wisatawan terpukau oleh pemandangan yang disuguhkan di sini. Jika Anda berada di Papua Barat, pastikan Telaga raja ampat ini masuk dalam daftar kunjungan Anda.

Sering disebut juga Laguna Bintang, telaga ini dinamai demikian karena bentuknya yang menyerupai bintang dengan lima sudut. Dikelilingi perbukitan batu karst, Telaga ini menawarkan panorama air hijau toska yang memukau. Pemandangan ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, terlebih lagi keindahan yang bisa dinikmati dari atas bukit batu.

Advertisement

Untuk menikmati pesona Telaga Bintang, Anda perlu mendaki bukit karst yang mengelilinginya. Namun, tidak perlu khawatir karena medan yang harus dilalui tidak sesulit Piaynemo atau Wayag. Bukit di sekitar objek wisata lebih rendah dan tidak terlalu curam, sehingga lebih mudah untuk didaki. Oleh karena itu, tempat ini menjadi salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi.

Biasanya, paket wisata ke Piaynemo juga mencakup kunjungan ke Telaga Bintang karena jaraknya yang berdekatan. Meskipun biaya wisata ke Raja Ampat relatif mahal, pengalaman yang didapatkan sepadan dengan harga yang dibayarkan. Anda tertarik mencoba?

Advertisement
Telaga Bintang
Pic: Trio HaHaHa

Salah satu daya tarik utama Telaga Bintang adalah airnya yang berwarna hijau toska. Dari puncak bukit, Anda bisa menikmati keindahan air telaga yang jernih dan alami. Banyak pengunjung yang mengabadikan momen mereka di sini karena pesonanya yang luar biasa.

Telaga Bintang dikelilingi oleh perbukitan batu yang cukup tinggi, meskipun tidak setinggi Wayag atau Piaynemo. Pemandangan yang ditawarkan benar-benar luar biasa dan telah menarik perhatian turis mancanegara. Sebelum menikmati pemandangan ini, Anda harus mendaki tebing tanpa tangga, menjadikan perjalanan ini sebagai tantangan tersendiri.

Pendakian ini justru menjadi daya tarik Telaga Bintang. Rasa lelah yang Anda rasakan selama mendaki akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah. Di sini, Anda akan merasakan kepuasan yang luar biasa saat menikmati panorama dari atas bukit.

Telaga Bintang terletak di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Perjalanan menuju lokasi ini memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dari ibukota Raja Ampat, Waisai, menggunakan speedboat atau kapal cepat. Meskipun lokasinya tidak jauh dari Piaynemo, Anda masih perlu mendaki bukit untuk melihat keindahan telaga ini dengan jelas.

Advertisement

Meskipun jalurnya tidak seterjal Piaynemo atau Wayag, tetap berhati-hatilah dan gunakan sepatu khusus untuk mendaki. Hal ini untuk melindungi kaki Anda dari batu karst yang tajam. Selain itu, kenakan pakaian yang nyaman untuk memastikan perjalanan Anda tidak terganggu.

Untuk berkunjung ke Telaga Bintang, Anda bisa memilih paket wisata ke Piaynemo yang biasanya sudah mencakup layanan lengkap. Dengan demikian, perjalanan Anda akan lebih nyaman. Biaya yang perlu disiapkan untuk open trip sekitar Rp 7 juta dan untuk private trip sekitar Rp 15 juta. Biaya ini sudah termasuk konservasi masuk ke Raja Ampat, yaitu Rp 1 juta untuk wisatawan mancanegara dan Rp 500 ribu untuk wisatawan domestik. Meskipun mahal, biaya ini sebanding dengan keindahan yang akan Anda nikmati di Raja Ampat, yang merupakan wilayah konservasi dengan alam yang dijaga dengan baik.

Aktivitas utama di Telaga Bintang adalah mendaki tebing untuk mencapai puncak bukit, di mana Anda bisa melihat keindahan telaga dari ketinggian. Bagi sebagian orang, mendaki bukit ini adalah pengalaman seru yang menantang dan memerlukan tenaga ekstra. Namun, semua usaha akan terbayar ketika Anda tiba di atas dan disuguhi pemandangan yang luar biasa.

Selain menikmati pemandangan, di sekitar lokasi juga terdapat tempat untuk duduk dan bersantai sambil melepas lelah. Pastikan Anda menikmati keindahan Telaga sampai puas.

Untuk menjaga kebersihan lokasi, pastikan Anda tidak membuang sampah sembarangan. Bawalah botol air minum sendiri untuk mengurangi sampah bekas makanan atau minuman. Ini adalah cara sederhana namun efektif untuk menjaga kebersihan dan keindahan Telaga Bintang.

Mengabadikan momen dengan lensa kamera adalah kegiatan wajib di sini. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan pemandangan indah yang ditawarkan Telaga ini. Banyak spot foto menarik yang bisa Anda temukan di sini, menjadikan Telaga ini sebagai latar belakang foto yang sempurna.

Fasilitas di Telaga Bintang tidak sekompleks objek wisata alam lainnya, mengingat lokasinya yang berada di wilayah perbukitan batu. Namun, tidak jauh dari lokasi ini terdapat sebuah penginapan yang bisa Anda manfaatkan untuk beristirahat, beribadah, atau menggunakan toilet. Pastikan Anda meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik penginapan sebelum menggunakan fasilitas tersebut.

Advertisement

Raja Ampat memang kaya akan keindahan alam yang luar biasa, salah satunya adalah Telaga Bintang. Pesonanya telah terkenal hingga ke mancanegara, membuat banyak orang ingin berkunjung ke sini. Anda bisa mengunjungi Telaga andalan raja ampat ini dengan paket wisata yang juga akan membawa Anda ke berbagai lokasi indah lainnya di Raja Ampat.

Menikmati keindahan alam Raja Ampat, khususnya Telaga ini, adalah pengalaman yang tak terlupakan. Keindahan telaga dengan air hijau toska dan pemandangan dari atas bukit akan membuat perjalanan Anda menjadi momen yang sangat berharga. Pastikan Telaga Bintang masuk dalam daftar kunjungan Anda saat menjelajahi Raja Ampat.

Advertisement

Fifi Farla

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button