Berita Boltim

Sejumlah Tokoh Masyarakat Adat Turun Tangan Dorong Vaksinasi di Boltim

Tutuyan, WAKTU.news – Rendahnya capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur membuat Aliansi Masyarakat Adat Nusantara atau AMAN terpaksa turun tanggan.

Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan memberikan berbagai hadia berupa peralatan rumah tangga dan voucher Wi-Fi internet gratis demi merangsang masyarakat ikut dalam program vaksinasi COVID19.

Walhasil, antusiasme warga Desa Matabulu Timur di Kecamatan Nuangan mendatangi tempat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pun meningkat signifikan dari sebelumnya.

Data yang diperoleh waktu.news, dari 156 peserta vaksinasi COVID-19, sebanyak 142 orang berhasil divaksin, sementara 14 orang lainnya tunda.

“Masing-masing penerima terdiri dari 60 orang dosis 1 dan 82 orang dosis 2,” kata Kapus Nuangan, Serly Manoppo, Rabu (22/12/2021) tadi.

Selain mengucapkan terima kasih kepada para tokoh adat yang terlibat dalam mengedukasi warga tentang pentingnya mengikuti vaksinasi COVID-19, Serly juga menyebutkan jenis vaksin yang mereka gunakan.

“Jenis vaksin yang digunakan pada vaksinasi tadi yaitu Sinovac 64 vial, Moderna 1 vial dan Pfizer 1 vial,” sebutnya.

Hal sama juga diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan Boltim, Helmi Lasama, ia menilai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dibalut dengan pemberian doorprize tersebut, sangat efektif membangkitkan antusiasme warga.

“Pendekatan yang dilakukan cukup diterima di masyarakat, dimana para orang tua adat yang mengundang masyarakat secara langsung dari rumah ke rumah untuk mengikuti vaksinasi, dan hasilnya cukup baik,” ungkap Helmi Lasama.

Diketahui, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut ikut dihari langsung salah satu pengurus AMAN Sulawesi Utara, Jerry Makausi bersama Ketua AMAN Boltim Deddy Ginoga dan Sekretaris AMAN Boltim, Chendry Mokoginta. (aah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button