Finance

Tujuan dan Manfaat Program Wirausaha Merdeka 2022 Serta Persyaratannya

Waktu.news | Bagi anda mahasiswa yang memiliki minat dan cita-cita untuk menjadi seorang wirausaha, inilah saat yang ditunggu-tunggu.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Wirausaha Merdeka dalam rangka mendorong sekaligus memfasilitasi mahasiswa dalam menjalankan dan mengembangkan wirausaha.

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Program Wirausaha Merdeka berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Pelaksana Program mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha, dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa.

Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang membantu meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dan menjadi agen penggerak dalam memberikan solusi inovasi untuk membuka lapangan pekerjaan melalui peluang dan perkembangan bisnis mahasiswa, serta menjadi agen pelopor (agent of creator) untuk menumbuhkan potensi kewirausahaan baru di Indonesia.

Wirausaha Merdeka merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia spesial bagi para mahasiswa yang memiliki Ketertarikan terhadap dunia Wirausaha. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti Program Wirausaha Unggulan dari Perguruan Tinggi Lainnya.

TUJUAN PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA 2022

  • Program Wirausaha Merdeka hadir
  • Memantik minat dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha
  • Menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan
  • Mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa
  • Meningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa
  • Membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan Perguruan Tinggi

MANFAAT PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA 2022

Beragam Manfaat Wirausaha Merdeka

Bagi Mahasiswa

Memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam kegiatan wirausaha dan mendapatkan kesempatan untuk dapat belajar di luar kampus untuk mengembangkan ilmu di bidang kewirausahaan.

Bagi Perguruan Tinggi Pelaksana Program

Perguruan Tinggi mampu melakukan berbagai kajian, inovasi dan kreatifitas dalam pengembangan wirausaha mahasiswa serta membantu pencapaian (IKU-1) yaitu aspek peningkatan kualitas lulusan dalam kesiapan kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak/berwirausaha setelah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dan pencapaian (IKU-2) yaitu aspek peningkatan kualitas mahasiswa berupa dukungan dan apresiasi terhadap mahasiswa untuk bisa belajar dan berprestasi dalam kegiatan di luar kampus

Bagi Perguruan Tinggi asal Mahasiswa

Mendapatkan manfaat melalui peningkatan kompetensi dan daya kerja mahasiswa terutama dalam pengembangan wirausaha mahasiswa serta membantu pencapaian (IKU-1) yaitu aspek peningkatan kualitas lulusan dalam kesiapan kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak/berwirausaha setelah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dan pencapaian (IKU-2) yaitu aspek peningkatan kualitas mahasiswa berupa dukungan dan apresiasi terhadap mahasiswa untuk bisa belajar dan berprestasi dalam kegiatan di luar kampus.

Persyaratan mahasiswa untuk bisa mengikuti program Wirausaha Merdeka

  • Mahasiswa Aktif
  • S1 / D3 / D4 : Minimal Semester 5
  • D2 : Minimal Semester 3
  • S2 / S3 : Tanpa batasan semester (tanpa konversi SKS)
  • Tidak sedang menyusun skripsi atau tugas akhir pada waktu mengikuti program.
  • Tidak mengambil mata kuliah di Perguruan Tinggi asal selama mengikuti program.
  • Memperoleh surat rekomendasi dari Ketua Program Studi dan pimpinan perguruan tinggi bidang Akademik.
  • Bersedia mengikuti program penuh waktu (satu semester) dibuktikan dengan surat pernyataan mahasiswa.

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button