Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
DaerahKotamobagu

Upacara Adat Megah: Pj. Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani dalam Prosesi Poponikan Mogutun Kon Komalig Moloben

Advertisement

Waktu.news | Dalam sebuah upacara yang memukau dan sarat dengan tradisi, Penjabat (Pj) Wali Kota yang karismatik, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, telah mengikuti Prosesi Adat yang disebut Poponikan Mogutun Kon Komalig Moloben. Acara ini penuh makna dan telah berlangsung dengan khidmat pada hari Senin, 4 Oktober 2023.

Dalam peristiwa yang begitu berwarna ini, Orang Tua Adat dari Rumah Dinas Wali Kota pertama-tama berkunjung ke kediaman pribadi Pj. Wali Kota di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur. Mereka datang membawa pesan bahwa Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu telah siap untuk menyambut kedatangan Pj. Wali Kota dan juga Istri beliau, Ny. Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, SE.

Advertisement

Setelah menyampaikan pesan dengan khidmat, Pj. Wali Kota dan Istri melanjutkan Prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Moloben menuju Rumah Dinas Walikota dengan mengendarai kendaraan yang dikawal oleh Orang Tua Adat dari Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Tiba di Rumah Dinas, Pj. Wali Kota Kotamobagu dan Istri mereka disambut oleh Orang Tua Adat dengan penuh kehormatan. Mereka kemudian melangkah dengan anggun melewati Tolatak Sinontanday, sebuah tangga yang mengisyaratkan kebesaran, sebelum akhirnya memasuki Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu.

Advertisement

Seluruh Prosesi Adat ini diakhiri dengan Mintahang, atau Doa Syukuran yang didoakan bersama oleh para pejabat Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, Orang Tua Adat, Keluarga Pj. Wali Kota, dan masyarakat Kotamobagu yang hadir.

Selain sosok karismatik Pj. Wali Kota Asripan Nani, acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, seperti Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, mantan Wakil Walikota Kota Kotamobagu periode 2018 – 2023, Nayodo Koerniawan, S.H, para pimpinan DPRD Kota Kotamobagu, Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol. Inf. Topan Angker, S.Sos., Kajari Kotamobagu, Elwin Agustian Khahar, S.H., M.H., Wakapolres Kotamobagu, Kompol. Arie Prakoso, S.I.K., M.H., Bupati Bolaang Mongondow periode 2001 – 2011, Dra. Hj. Marlina Moha Siahaan., Bupati Bolaang Mongondow, periode 2017 – 2022, Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow., Sekda Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.H., M.E, para Asisten, pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, Pimpinan Perbankan, BUMN, BUMD, Camat, Lurah dan Sangadi, serta Tokoh adat dan Tokoh Masyarakat yang turut menyemarakkan acara ini dengan semangat dan kehangatan. (red)

Advertisement

Advertisement

Redaksi

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button