Foto

Situs Komalig Adalah Bukti Sejarah Kerajaan Kaidipang Besar

Waktu.news | Situs Komalig berhadapan dengan lapangan kembar dipusat Kota Boroko. Rumah Kerajaan ini didirikan oleh Paduka Ram Suit Pontoh, Raja Kaidipang Besar. Daya tarik dari situs ini adalah Istana Kerajaan Kaidipang Besar dengan taman istana yang di tumbuhi pohon dan rumput hijau.

Situs Komalig terletak di Pusat Kota yang berhadapan dengan lapangan kembar dengan Ibukota Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolmong Utara.

Keunikan/Kelangkaan terlihat dari bangunan istana yang terbuat dari kayu yang dihiasi ornament khas. Atraksi budaya meliputi Tari Giomu (menjemput Tamu).

Kolintang yang ditabuh jika ada acara Kerajaan dan ada Keluarga Raja yang Meninggal dan adat perkawinan. Kondisi lingkungan masih asli dalam kawasan dimana belum ada penataan ruang.

Situs Komalig
foto by refli
Situs Komalig
foto by refli

Masih tersedia lahan untuk pengembangan. Dari segi aksesibilitas, Istana Komalig berada di lintasan Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Gorontalo dan Kota Manado, sehingga mudah di jangkau dengan kenderaan darat roda dua dan empat.

Walaupun berada dipusat kota, namun belum ada rambu-rambu penunjuk menuju lokasi objek, yang ada hanya papan pengenal.

Sebagai salah satu obyek wisata budaya, Situs Komalig memerlukan sarana dan prasarana penunjang wisata. Pengelolaan objek saat ini masih dilakukan oleh Keluarga Kerajaan.

Permasalaan yang dihadapi untuk menjadikan situs Komalig sebagai obyek wisata budaya sebagai berikut :

  • Barang-barang peninggalan kerajaan tidak tersedia di istana.
  • Upacara adat dan atraksi budaya tidak dilakukan di istana.
  • Rendahnya kesadaran pelestarian budaya.

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button