Travel

Wisata Pantai Tanjung Dulang dengan Segudang Keindahannya

Waktu.news | Salah satu tempat yang cocok untuk menjadi rujukan berlibur adalah wisata Pantai Tanjung Dulang. Keindahan alamnya memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun luar daerah. Meningkatnya jumlah pengunjung memberi menjadikan peluang tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Beberapa Keindahan Wisata Pantai Tanjung Dulang

Pantai Tanjung Dulang memiliki keindahan yang sangat menawan, melihat peluang tersebut pemerintah mulai membangun fasilitas tambahan guna menunjang kenyamanan. Tujuan lainnya yakni sebagai bentuk branding guna meningkatkan daya tariknya. Lebih lengkapnya berikut ulasannya:

  1. Pasir Putih yang Membentang

Tidak semua pantai memiliki pasir putih, salah satu destinasi wisata yang memberikan view tersebut adalah Tanjung Dulang. Bagi penyuka traveling dapat menjadikan wilayah ini sebagai rujukan karena terdapat banyak pemandangan menakjubkan. Pastikan membawa perlengkapan kamera atau HP.

Warna putih yang terdapat pada pasir menambah kesan keindahan dari pantai satu ini. agar terik matahari tidak membakar kulit, maka jangan lupa menggunakan sunscreen. Selain itu juga dapat mengimbanginya dengan topi, kaca mata hitam untuk menghindari terjadinya silau.

  1. Pepohonan Rindang

Saat sampai di lokasi pantai para pengunjung akan disambut dengan pepohonan yang membentang. Warna hijaunya dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan udara menjadi semakin segar. Meski tidak terdapat gazebo namun dapat berlindung di bawah rimbunnya dedaunan.

Anda tidak perlu khawatir, meskipun ada banyak pepohonan di sekitar pantai namun kebersihannya tetap terjaga dengan baik. Ada petugas yang secara rutin membersihkannya, meskipun demikian hindari membuang sampah sembarang apalagi jenis plastik guna meringankan beban mereka.

  1. Bebatuan Cadas yang Terdapat di Beberapa Titik

Tampilan yang membedakan pantai Tanjung Dulang dengan lainnya adalah adanya batuan cadas yang tersebar di beberapa titik. Tempat tersebut cocok untuk Anda gunakan menikmati pemandangan sekitar. Ukurannya sendiri terbilang luas sehingga aman jika ada orang di atasnya.

Namun tetap perlu kehati-hatian apalagi saat air pasang karena tidak menutup kemungkinan ombak dari pantai bisa menjadi posisi batuan cadas. Hal yang membuatnya unik adalah warnanya putih dan menggelembung di beberapa sisi. Saat siang hari panas matahari akan mengenai tubuh pengunjung.

Artikel Terkait: Pantai Tanjung Dulang Sering Jadi Primadona Apalagi Underwaternya

Pantai Tanjung Dulang

  1. Keindahan Bawah Lautnya Cocok Bagi Pecinta Diving

Diving merupakan kegiatan mengeksplorasi keindahan alam bawah air dengan mengenakan perlengkapan khusus tergantung tingkat kedalamannya. Pantai Dulang juga menyajikan pemandangan sangat indah. terdapat banyak biota laut mulai dari karang, ikan, dan lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin melakukan diving atau snorkeling tidak perlu repot membawa berbagai perlengkapannya, karena petugas sudah menyediakannya lengkap. kualitasnya juga dipilih berstandar SNI supaya melindungi tubuh pengguna secara lebih maksimal dari ujung kaki sampai rambut.

  1. Tempat Bertelurnya Para Penyu

Destinasi wisata Tanjung Dulang terletak di Desa Solo, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Dulang Mongondow Utara. Posisinya jauh dari keramaian yang memberikan kesan ketenangan lengkap hembusan angin sepoi dan deburan ombak pantai. Jika membawa anak-anak tetap jaga keselamatan.

Jangan sampai melepaskan pandangan dari anak-anak terutama saat bermain di bibir pantai. Hamparan pasir yang ada di pantai satu ni terbilang luas yakni mencapai 2 km. Setiap masyarakat berkunjung ke pantai dengan tujuan berlibur. Jumlahnya akan naik pada saat ramadhan.

Berita Lainnya: Tanjung Haji Bolmut, Cerita Historis Sebuah Makam dan Hamparan Batu Hitam Menjadi Keunikan Tempat ini

  1. Pantai Tanjung Dulang Dekat dengan Ibukota

Jarak ke Kota Boroko bisa Anda tempuh dengan dua cara yakni dengan jalur darat dan air. Terkait fasilitasnya sudah terbilang memadai karena jalannya beraspal sedangkan untuk perahunya tersedia banyak pilihan. Pengunjung bisa menentukannya dengan menyesuaikan budget dan kebutuhan.

Selama di perjalanan akan tersaji pemandangan indah berupa keasrian alam dan birunya wilayah perairan. Daya tarik dari menempuh jalur laut adalah dapat menikmati pemandangan batu karang dan makhluk hidup. Waktu paling tepat adalah siang hari ketika matahari masih bersinar terang.

  1. Akses Jalan Sangat Mudah

Akses jalan menuju lokasi memanage pada awal pembangunannya masih sangat sederhana. Seiring peningkatan jumlah pengunjung menjadikan pemerintah setempat memperbaiki akses dengan mengaspal serta membuatnya layak untuk dilewati para pengunjung baik masyarakat sekitar / luar kota.

Harapan pemerintah dengan akses jalan yang mudah adalah meningkatkan pengunjung,dengan demikian roda perekonomian masyarakat sekitar dapat berjalan dengan lancar. Rencana kedepannya pihak pemerintah desa ingin menjalin kerjasama dengan destinasi beberapa wisata lainnya.

  1. Fasilitas Memadai

Peningkatan pengunjung dari waktu ke waktu semakin signifikan. Agar dapat memenuhi ekspektasi dari pengunjung maka pihak pengelola terus melakukan pengembangan termasuk pada pengadaan listrik. Ketika malam tiba, lokasi sekitar penuh dengan warna warni lampu menjadikan suasana lebih romantis.

Tersedia juga tempat parkir yang memadai dengan biaya murah yakni Rp 5000 untuk mobil, sedangkan motor Rp 2000. Tentunya Anda bisa menghemat pengeluaran apalagi jika melakukan perjalanan bersama keluarga besar. sesampainya di lokasi pengunjung akan melihat pemandangan pepohonan.

  1. Jarang Terjadi Kasus

Menurut beberapa penuturan, tempat ini jarang terjadi kasus yang berbau dengan kejadian mistis misalnya meminta tumbal nyawa.  Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung terutama saat weekend atau libur panjang. Pengunjung bisa mencapai 100 orang dari berbagai kalangan usia.

Peningkatan pengunjung paling banyak terjadi pada Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini terjadi sudah sejak lama bahkan sebelum jalan sekitar di aspal sampai sekarang yang sudah bagus. perbaikan pada beberapa fasilitas terus pengelola gencarkan untuk menunjang kenyamanan para pengunjung.

Baca Juga: Tanjung Silar Jiko, Tosca Airnya Keren, Underwaternya Mamamia

Pantai Tanjung Dulang

  1. Peningkatan Pengunjung Pantai Tanjung Dulang di Hari Libur

Objek wisata alam sering menjadi rujukan para wisatawan yang ingin berlibur guna mendapatkan ketenangan. Kesejukan udaranya dapat membuat pikiran semakin rileks dan membuat stres berkurang secara signifikan. Para pengunjung juga akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik.

Hari libur sering menjadi ajang untuk keluarga atau pasangan kekasih mencari tempat dengan view yang bagus. Selain merefresh otak, tujuan lainnya adalah agar mendapatkan banyak foto menarik untuk diupload pada media sosial mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, dan Line.

  1. Udara Pantai Tanjung Dulang Masih Sangat Segar

Tinggal di perkotaan yang cenderung ramai dengan aktivitas masyarakat terutama kendaraan bermotor menjadikan udara tidak begitu segar. Banyaknya pepohonan di daerah Pantai Tanjung pulung dapat membuat mata lebih segar sehingga pikkiran semakin fresh.

Keberadaan kawasan wisata pantai ini menguntungkan warga sekitar dengan cara berjualan atau menawarkan jasa. Warga setempat juga mendapatkan fasilitas berupa cafe atau warung dengan sistem sewa tempat kepada pihak Badan Usaha Milik Desa. Berikut keunggulan lainnya:

  • Menggerakkan pariwisata yang masih asri agar khalayak luas lebih mengenal.
  • Hawanya yang sejuk lengkap dengan udara sepoi-sepoi menjadi penghilang stres.
  • Terdapat penginapan terdekat dan warung yang menyediakan kebutuhan para pengunjung.

Demikian penjelasan mengenai wisata Pantai Tanjung Dulang yang dapat menjadi referensi Anda Ketika ingin menjalankan liburan. Alam dapat menjadi pilihan karena ada banyak manfaat di baliknya misalnya memunculkan semangat kembali.

Selanjutnya

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media dan Pemerintah Daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button