Travel

Air Terjun Batunangan yang Menarik untuk Diulik

Waktu.news | Objek wisata Air Terjun Batunangan sering menjadi rujukan para wisatawan yang ingin berlibur menjadi ketenangan. Kesejukan udaranya dapat membuat pikiran semakin rileks dan membuat stres berkurang secara signifikan. Para pengunjung juga akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik. Dengan begitu, berlibur pun akan lebih menyenangkan lagi.

Cerita Rakyat yang Terkenal

Ada cerita menarik di balik keindahan Air terjun batunangan yang memiliki dua aliran air sekaligus. Konon dulunya terdapat dua orang muda dan mudi yang sedang memadu kasih di tempat tersebut kemudian meninggal dunia karena suatu hal. Kejadian ini juga menjadi sumber penamaan spot wisatanya.

Cerita legenda ini sudah tersohor dan tersebar secara turun temurun pada warga sekitar. Meski memiliki kisah kelam di masa lalunya, namuan air terjun ini menjadi spot wisata yang tepat untuk menjadi rujukan Anda saat liburan baik bersama keluarga maupun individu.

Bagi para wisatawan jika ingin bermain air di bawah air terjun alangkah lebih baiknya memiliki bekal dasar-dasar berenang. Hal ini karena tingkat ketinggiannya mencapai sekitar 15 meter, sehingga sangat berbahaya jika nantinya ada air datang terutama saat terjadi hujan lebat.

Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan

Kisah kelam di masa lalu mengenai Air Terjun Batunangan mungkin sering dikaitkan dengan hal mistis atau kekuatan supranatural. Oleh sebab itu, pengunjung penting untuk selalu waspada  agar dapat terhindar dari malapetaka terutama saat berenang dengan cara terjun dari ketinggian.

Umumnya warga sekitar yang berkunjung ke air terjun ini berenang dengan cara meloncat dari atas air terjun, batu yang licin dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan dan akhirnya terpeleset.

Di sisi lain, Anda jangan lupa untuk bawa baju ganti agar tidak kedinginan setelah berenang di air terjun. Sebab umumnya pengunjung diizinkan membawa sabun atau sampo asalkan penggunaannya tidak berlebihan guna menghindari terjadinya pencemaran.

Oleh karena itu, hindari membuang sampah sembarangan untuk menjaga kebersihan dan keasrian tempat wisata satu ini.

Artikel Terkait: Keindahan Objek Wisata Air Terjun Botuliodu Bolsel

Lokasi Air Terjun Batunangan

Keeksotisan air terjun Batangan sudah tersohor sampai ke berbagai penjuru baik masyarakat sekitar maupun luar wilayah. Secara administratif, lokasi dari destinasi wisata menakjubkan tersebut terletak di Desa Sidodadi, Kecamatan Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi utara.

Waktu yang Anda perlukan untuk mencapai arter ini jika Manado sekitar 4,5 sampai 5 jam menggunakan transportasi darat. Setelah sampai di suatu titik, pengunjung tinggal menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 1 km dengan melewati sungai berkedalaman tumit orang dewasa.

Akses jalan menuju lokasi sudah bagus, sehingga tidak perlu khawatir kesulitan mencapainya. Pada beberapa titik juga terdapat penunjuk arah supaya tidak ada pengunjung yang tersesat. Meski berkunjung pada siang hari, sebaiknya membawa jaket untuk melindungi tubuh dari kedinginan.

Keindahan Air Terjun Batunangan

Terlepas dari mitos yang beredar, ada banyak keindahan alam yang sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke daerah Sulawesi Utara. Dengan lebar sekitar 20 m dan ketinggian 15 m membuat memiliki daya tarik tersendiri apalagi kejernihan airnya memberi efek sejuk dan menenangkan.

Sebagian pengunjung mandi dibawah guyuran air terjun, menurut beberapa penuturan titik-titik air yang mengenai kepala memiliki manfaat tersendiri yang bisa menjadi bahan terapi. Sebab di sekitar lokasinya terdapat banyak pepohonan membuat suhunya menjadi cukup dingin.

Sebaiknya jangan terlalu lama berendam di air terjun untuk menghindari kedinginan atau masuk angin. Jangan lupa membawa baju ganti agar tubuh bisa mendapatkan kehangatan secepatnya. Destinasi wisata seperti ini sangat cocok untuk menenangkan diri dan menyatu dengan alam.

Baca Juga: Air Terjun Ayuhulalo dengan Panorama yang Sejuk

Air Terjun Batunangan

Daya Tarik Wisata Air Terjun Batunangan

Destinasi wisata di Indonesia terbilang cukup banyak yang tersebar di beberapa daerah termasuk Sulawesi Utara. Bagi pecinta traveling kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi arter ini karena keindahannya sangat memukau. Berikut ulasan lengkapnya:

Berita Lainnya: Pantai Minanga Kota Jin Menyimpan Berbagai Pesona dan Cerita

  1. Posisi Air Terjun Tidak Terlampau Tinggi

Indonesia memiliki destinasi wisata air terjun yang terbilang cukup banyak.Lokasinya tersebar di beberapa daerah mulai dari Abang sampai Merauke. Salah satunya yang bisa Anda pilih adalah air terjun Batunangan karena keindahannya memukau banyak pengunjung dari berbagai kalangan.

Ketinggiannya mencapai sekitar 15 m dengan arus yang tidak terlalu deras. Sesuai legenda yang beredar, alirannya terbagi menjadi dua menggambarkan sepasang kekasih. Melihat kenyataan tersebut menjaadikannya aman untuk Anda gunakan mandi namun tetap harus mematuhi aturan.

  1. Banyak Spot Foto

Traveling kurang lengkap jika tidak mengabadikannya baik dalam bentuk foto maupun video. Untuk tujuan keamanan pengunjung disarankan membawa perangkat elektronik yang sudah waterproof atau membawa pelindungnya. Hal ini karena view bagus terletak pada momen ketika di dalam air.

Pemandangan alam dapat menjadi spot foto menarik untuk mengisi media sosial maupun mempostingnya untuk keperluan umum. Dengan demikian sebenarnya Anda sudah membantu melakukan branding pada suatu tempat sehingga nantinya lebih ramai oleh para wisatawan.

Artikel Lainnya: Air Terjun Meranti Bone Bolango yang Menakjubkan

  1. Airnya Sangat jernih

Kejernihan airnya sudah tidak dapat Anda ragukan lagi karena alirannya berasal dari sumbernya. Tingkat kedinginannya terbilang cukup tinggi. Alam menyajikan ketenangan yang membuat pengunjung bisa melupakan sejenak berbagai masalah hidupnya yang berat sekalipun.

Salah satu kegiatan yang paling cocok ketika berkunjung di air terjun adalah berenang atau mandi. Ada tidak perlu khawatir terkait tingkat kebersihannya, hanya saja sebaiknya hindari jika arusnya terlalu besar misalnya saat musim penghujan seperti sekarang ini.

Baca Juga: Air Terjun Dodandian Matabulu Patut Dijempol

  1. Udaranya Masih Sejuk dan Jauh dari Polusi

Tinggal di wilayah perkotaan sangat erat kaitannya dengan udara yang sudah tercemar polusi. berkunjung ke wisata alam dapat menjadi pilihan untuk menenangkan diri dan menghirup oksigen segar. Hal ini karena masih banyaknya pepohonan rindang dan jauh dari pusat kota.

Gemericik air yang saling bersahutan menimbulkan suasana menenangkan. Anda bisa menikmatinya sambil duduk di bebatuan sekeliling jika tidak ingin basah. Bagi para travel blogger atau konten kreator tempat ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengambil foto dan membuat video.

  1. Hemat Biaya

Menurut informasi yang beredar, tempat wisata satu ini tidak mematok biaya karena belum adanya pengelola resmi. Kondisi ini mempengaruhi ketersediaan fasilitas pendukung yang belum memadai seperti kantin, gazebo, dan kamar mandi.

Baca Juga: Wisata Pantai Batu Pinagut Menyimpan Bukti Peninggalan Sejarah

Letaknya sendiri lumayan jauh dari pemukiman warga, sebaiknya bagi para wanita menghindari mandi atau bermain air supaya baju tidak basah. Selain itu sebelum petang segerakan bergegas utuk kembali ke pemukiman penduduk sebab lokasinya sendiri masih terdapat banyak pepohonan rindang.

Demikian penjelasan mengenai Air Terjun Batunangan yang menyimpan keindahannya. Saat ini destinasi wisata tersebut mengalami peningkatan pengunjung dari masyarakat sekitar dan juga wilayah luar daerah. Keindahan serta keasriannya menjadi daya tarik tersendiri untuk banyak orang. (rhp)

Refli Puasa

Blogger, Web Design, IT Consultant, Copywriter dan Cyber Journalisme dari Bolaang Mongondow Bagian Utara, Sulawesi. Aktif di dunia blogging sejak 2003 dan bergerak lebih jauh di dunia pengembangan web media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button