Berita Bolmut

Yani Lasama Target Anugerah Parahita Ekapraya Dalam Pelatihan PPRG

Waktu.news | Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terus berupaya melakukan berbagai terobosan.

Pasalnya, Dinas PPKBPPPA Bolmut melakukan kegiatan pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), Rabu (24/02/2021) bertempat di hotel boroko.

Pelatihan ini ikuti oleh empat belas satuan perangkat kerja daerah dan dihadiri oleh perwakilan dari Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak provinsi sulut, Wakil Bupati Amin Lasena, Sekretariat Daerah Asripan Nani dan Beberapa Kepala OPD.

Kepala Dinas PPKBPPPA, Yani Lasama, SKM berharap, dengan adanya pelatihan ini, semoga mereka yang ini akan mendapatkan pengetahuan tekhnis sehingga dapat mewujudkan strategi perencanaan dan penganggaran yang responsif terhadap gender,” harapnya.

“Tidak menutup kemungkinan, Kata Yani Lasama Bolmut bisa mendapat penghargaan berupa Anugerah Parahita Ekapraya (APE), apabila responsif gender ini dapat dijalankan sesuai dengan mekanisme yang diatur pada Permendagri Nomor 67 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di daerah,” jelasnya.

Untuk diketahui, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah suatu penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dengan menunjukan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

Anugerah Parahita Ekapraya

Empat Kategori Penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) :

  1. Tingkat Pratama (Pemula)
  2. Tingkat Madya (Pengembang)
  3. Tingkat Utama (Peletakan dasar dan Keberlanjutan).
  4. Mentor

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dinilai dari 7 (Tujuh) Komponen kunci, terdiri dari:

  1. Komitmen (Perda PUG, Pergub PUG)
  2. Kebijakan (RPJMD, Renstra OPD)
  3. Kelembagaan (POKJA PUG, Focal POINT)
  4. Sumber Daya Manusia dan Anggaran (SDM Terlatih PPRG dan Jumlah Anggaran Provinsi Responsif Gender)
  5. Alat Analisis Gender (Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Budgeting Statement (GBS)
  6. Data Gender (Data Terpilah Perempuan dan Laki terkait berbagai hal dalam NTB satu Data)
  7. Partisipasi Masyarakat (PUSPA: Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan Dan Anak, anggotanya: Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media)

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button