Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Techno

10 Fitur Baru iOS 17 yang Apple ‘Pinjam’ dari Android

Advertisement

Baru-baru ini, Apple memperkenalkan sistem operasi mobile terbarunya, iOS 17, dengan fitur-fitur dan kemampuan baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna iPhone di WWDC 2023. Beberapa fitur baru ini segar dan cerdik dimasukkan dalam versi baru iOS, tetapi Apple juga ‘mengadopsi’ beberapa fitur dari Android.

Peta Offline Apple kali ini pertama kali memperkenalkan peta offline pada aplikasi navigasi bawaannya. Fitur ini telah tersedia pada Google Maps dan penyedia layanan navigasi seluler lainnya dalam waktu yang cukup lama. Bahkan, pengguna iPhone juga dapat mengakses peta offline melalui aplikasi Google Maps. Dengan pembaruan iOS 17, pengguna iPhone dapat mengakses peta offline pada aplikasi Apple Maps.

Advertisement

Beberapa Timer Sebelumnya, Apple tidak memiliki dukungan bawaan untuk mengatur beberapa timer di aplikasi jam bawaannya. Dengan iOS 17 dan iPadOS, pengguna akhirnya dapat mengatur beberapa timer pada aplikasi jam bawaan, sekali lagi, fitur ini terinspirasi dari sistem operasi Android.

Berikut ini adalah 10 Fitur Baru iOS 17 yang Apple ‘Pinjam’ dari Android

Contact Poster

Contact Poster adalah fitur lain yang terinspirasi oleh smartphone Samsung yang menjalankan OneUI 5.1. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur gambar layar penuh dengan teks yang dapat disesuaikan untuk ID panggilan.

Advertisement

NameDrop

NameDrop adalah fitur baru lainnya pada iOS 17, yang memungkinkan pengguna iPhone untuk dengan cepat berbagi kontak mereka dengan pengguna iPhone dan Apple Watch di sekitarnya. Ponsel Android dengan kemampuan NFC telah memiliki fitur bernama Android Beam selama lebih dari satu dekade, yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat berbagi detail mereka. Dengan iOS 17, Apple memperkenalkan fitur serupa untuk iPhone.

Standby Mode

Standby mode mengubah iPhone menjadi jam meja digital dan menampilkan detail penting seperti waktu dan pemberitahuan, dan juga berfungsi sebagai album foto digital. Fitur serupa telah tersedia pada beberapa ponsel Android dengan nama screen saver atau tampilan always-on selama hampir satu dekade.

Album untuk Hewan Peliharaan

iOS 17 akhirnya dapat membuat album khusus untuk hewan peliharaan di aplikasi galeri default. Pengguna Google Photos telah menikmati fitur serupa pada perangkat Android dan iOS dalam waktu yang cukup lama.

Widget Interaktif

Apple awalnya memperkenalkan widget pada iPhone dengan pembaruan iOS 14, dan perusahaan terus memperbaikinya dengan setiap versi baru. Dengan iOS 17, iPhone sekarang mendukung widget interaktif yang dapat digunakan untuk mengontrol musik, mengendalikan perangkat pintar, dan mengakses berbagai layanan aplikasi tanpa membukanya. Widget interaktif telah menjadi bagian penting dari sistem operasi Android dengan dukungan untuk widget pihak pertama dan pihak ketiga.

Advertisement

Pesan Voicemail

Langsung iOS 17 akhirnya memungkinkan pengguna iPhone untuk mengirim pesan suara langsung secara real-time dengan dukungan transkripsi otomatis. Fitur ini telah tersedia pada aplikasi panggilan Google untuk Android dalam waktu yang cukup lama. Meskipun implementasi Apple sedikit lebih canggih, keduanya memiliki fungsi yang sama.

Pesan FaceTime

FaceTime sekarang dapat menampilkan pratinjau video, dan pengguna dapat mengirim pesan audio dan video selama FaceTime. Fitur serupa telah tersedia pada aplikasi panggilan video Duo dan Meet milik Google dalam waktu yang cukup lama.

Check-In

Check-In pada iOS 17 adalah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk memberitahu teman atau keluarga tentang perjalanan yang sedang berlangsung, dengan otomatis memberikan detail seperti lokasi yang diketahui saat ini, tingkat baterai, sinyal seluler, dan lainnya. Google memperkenalkan fitur serupa bernama Safety Check dalam aplikasi Personal Safety pada tahun 2020.

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button