Techno

iPhone 13 akan Jadi Serba Wireless? Refresh Rate 120 Hz?

Teknologi yang Dirumorkan pada iPhone 13

Waktu.news | Belum setahun setelah iPhone 12 dirilis, sudah beredar lagi rumor tentang teknologi yang akan digunakan di iPhone 13. Apple dikabarkan akan meluncurkan series terbaru dari iPhone ini pada musim gugur tahun 2021, tepatnya pada bulan September. Apa saja teknologi terbaru yang dirumorkan akan digunakan pada iPhone 13? Simak ulasannya berikut ini.

Touch ID Pada Layar

Jika pada iPhone series 11 dan 12 touch id dihilangkan dan diganti dengan face id, maka di iPhone 13, teknologi fingerprint ini kembali digunakan, dan letaknya di dalam layar. Soal apakah face id akan tetap digunakan atau justru diganti dengan teknologi fingerprint pada layar ini masih belum diketahui kejelasannya.

iPhone 13 Serba Wireless

Yang tak kalah mengejutkan lagi adalah iPhone 13 dirumorkan tidak akan memiliki port untuk pengisian daya. Pengisian daya akan dilakukan melalui MagSafe, yang merupakan aksesori tambahan untuk pengisian nirkabel yang lebih cepat atau Smart Connector seperti yang digunakan di iPad. Apple kembali memberikan keputusan kontroversialnya dengan tidak menambahkan kepala pengisi daya dan Earpods dalam upaya mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Performa Baterai yang Lebih Baik

Mungkin daya tahan baterai yang lebih lama bukanlah peningkatan yang mengejutkan. Tetapi itu bisa jadi sangat penting, mengingat bahwa Apple menerapkan konektivitas 5G yang mengkonsumsi cukup banyak baterai. Peningkatan pada sisi baterai ini berarti pengoptimalan yang lebih baik dan mungkin lebih banyak kapasitas, untuk mengakomodasi masa pakai baterai yang lebih lama.

Upgrade pada Kamera

Penggemar IPhone baru-baru ini disajikan dengan sensor LiDAR di iPhone 12 dan 12 Pro Max, jadi mungkin sekarang saatnya bagi Apple untuk meningkatkan resolusi kamera utama iPhone ke angka lebih dari 12MP. Atau, Apple mungkin lebih tertarik untuk memberikan peningkatan zoom optik 5x atau lebih sehingga dapat mengejar ketinggalan dengan banyaknya ponsel Android kelas flagship yang telah melakukannya terlebih dahulu.

Refresh rate 120Hz

Dukungan yang lebih fresh pun didapatkan oleh iPhone 13 ketika mencapai rating 120hz, sesuai yang dilansir dari LeaksApplePro. Fitur ini dikatakan diatur untuk tiba di iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max tahun ini, tetapi akhirnya dibuang karena masalah teknis dan biaya. Kesediaan Apple untuk menggunakan fitur ini tentu menjadi angin segar bagi para penggunanya.

Notch yang lebih kecil

Kabar baik pun hadir, saat Notch yang lebih kecil dikabarkan telah dimiliki iPhone 13. Hal ini berkaitan dengan poin pertama di mana kehadiran Face ID akan membuat Apple lebih fleksibel dalam menyesuaikan ukuran takik, mengingat Face ID kemungkinan akan dihilangkan. Sama seperti refresh rate 120Hz, ini juga merupakan salah satu perubahan yang diinginkan pengguna iPhone pada ponsel kesayangan mereka.

Modem 5G dan WiFi 6E

Pengurasan baterai lebih berkurang dari iPhone 13 berkat modem X60 dengan fabrikasi 5 nm, yang langsung terintegrasi ke chipset utama. Tidak hanya itu, performa 5G juga akan semakin baik karena modem X60 dapat menghubungkan jaringan 5G mmWave dan sub-6GHz secara bersamaan.

Analis Barclays percaya bahwa model iPhone 13 akan mendukung WiFi 6E, yang menawarkan fitur dan kemampuan WiFi 6 yang diperluas ke dalam pita 6GHz. WiFi 6 memberikan kinerja yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah, dan tingkat data yang lebih cepat, sementara spektrum tambahan WiFi 6E menawarkan peningkatan bandwidth di atas pita WiFi 2,4 dan 5GHz yang ada.

Bagaimana menurut anda teknologi yang dirumorkan akan digunakan pada iPhone 13? Menurut anda sendiri, teknologi manakah yang kira-kira akan benar-benar terealisasikan pada iPhone 13? Dan kira-kira berapa harga yang akan diberikan Apple untuk iPhone terbarunya kali ini?

Redaksi Waktu

Berita yang masuk di Email, Whatapps dan Telegram Redaksi akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Waktu.news kemudian di publish.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button