Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

Keindahan Objek Wisata Air Terjun Botuliodu Bolsel

Advertisement

Waktu.news | Anda suka berekreasi ke tempat wisata air terjun? Nah, jika Anda pecinta destinasi wisata air terjun, Anda dapat mengunjungi Air Terjun Botuliodu. Air terjun ini berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara.

Air terjun ini masih sangat terjaga keasriannya sehingga sangat cocok bagi para wisatawan yang inigin melepaskan penat dari hiruk-pikuk perkotaan. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk serta pepohonan yang rindang menambah keindahan dan daya tarik air terjun ini.

Advertisement

Sebelum membahasa lebih lanjut mengenai Air Terjun Botuliodu, mari simak penjelasan mengenai induk dari Air Terjun Botuliodu yaitu Kabupaten Bolsel. Langsung saja berikut ulasannya di bawah ini.

Tentang Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Mengungjungi sebuah destinasi wisata rasanya kurang lengkap jika tidak mengenal tentang daerah wisata tersebut. Oleh karena ini, Anda setidaknya perlu mengetahui secara singkat mengenai Kabupaten Bolsel jika ingin berkungjung ke Air Terjun Botuliodu. Berikut penjelasan singkat mengenai Kabupaten Bolsel.

Advertisement

1. Sejarah Berdirinya Kabupaten Bolsel

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan atau Bolsel merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Ibu kota dari Kabupaten Bolsel yaitu Bolaang Uki. Kabupaten ini tergolong kabupaten yang baru saja terbentuk di Indonesia, karena baru berdiri selama 13 tahun.

Pada awalnya, hanya ada Kabupaten Bolaang Mongondow saja. Namun, pada tahun 2008, tepatnya pada tanggal 30 September, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan resmi menjadi kabupaten baru dan diresmikan oleh Mardiyanto, Menteri Dalam Negeri saat itu, di Manado.

2. Letak Geografis Kabupaten Bolsel

Letak geografis Kabupaten Bolsel ini berada pada 00°22″ 545″” LU dan 123°28″ 59,2″”BT. Kabuten ini juga berbatasan dengan beberapa daerah. Pada sebelah utara, Kabupaten Bolsel berbatasan dengan Kecamatan Sangtombolang dan Kecamatan Dumoga Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. Sedangkan, di sebelah selatan kabupaten ini berbatasan langsung dengan Teluk Tomini.

Selanjutnya, di sebelah barat kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Provinsi Gorontalo. Sedangkan untuk daerah timur, Kabupaten Bolsel berbatasan dengan Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur  dan Kecamatan Lolayan kabupaten Bolaang Mongondow.

Advertisement

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan memiliki luas wilayah sebesar 1.932,30 km2 dengan total populasi penduduk sebanyak 71.533 jiwa. Mayoritas penduduk di sini memeluk agama islam dan sisanya memeluk agama kristen, hindu, dan budha.

Pada saat ini, bupati dan wakil bupati Kabupaten Bolsel yaitu Hi. Iskandar Kamaru, S. Pt. Dan Deddy Abdul Hamid. Kabupaten ini sendiri memiliki total kecamatan sebanyak 7 dan total kelurahan sebanyak 71. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai pemerintahan Kabupaten Bolsel, Anda dapat mengunjungi web resmi Kabupaten Bolsel di http://bolselkab.go.id/.

3. Sektor Wisata

Pemerintah Kabupaten Bolsel saat ini terus menggencarkan pengembangan di sektor pariwisata. Hal ini bertujuan untuk menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Bolsel, salah satunya yaitu destinasi wisata Air Terjun Botuliodu. Selain itu, pengembangan di sektor wisata juga bermanfaat untuk menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) di Bolsel.

Beberapa cara telah pemerintah lakukan untuk mengembangkan sektor pariwisata tersebut, seperti pengadaan Festival Teluk Tomini yang menjadi ajang untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya, pariwisata, dan  kekayaan alam dari Kabupaten Bolsel. Selain itu, pemerintah juga terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas di sektor pariwisata, seperti pengadaan toilet, tempat ibadah, shelter, dan fasilitas lainnya di tempat wisata.

Tentang Objek Wisata Air Terjun Botuliodu

Air Terjun Botuliodu merupakan destinasi wisata alam yang paling populer di Kabupaten Bolsel. Air terjun ini sangat terkenal karena keindahan pemandangan dan air terjun yang disuguhkan. Penasaran bagaimana keindahan Air Terjun Botuliodu ? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Air Terjun Botuliodu

1. Keindahan Air Terjun Botuliodu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air terjun ini sangat terkenal di Kabupaten Bolsel. Letaknya yang strategis dan keindahannya membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya pada hari libur.

Advertisement

Selain keindahan air terjun, tersedia pula sebuah pemandian jernih yang dapat pengunjung nikmati sembari menikmati keindahan air terjun. Pengalaman berenang sambil menikmati keindahan alam dan air terjun seperti ini tentu jarang Anda dapatkan di objek wisata lainnya.

Selain pemandian yang jernih, objek wisata ini juga memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami yang menghiasi sekitar area air terjun. Lokasi air terjun ini juga memiliki tebing yang cock untuk olahraga panjat tebing. Oleh karena itu, air terjun ini sangat cocok untuk Anda jadikan destinasi wisata untuk keluarga, bersama teman, maupun sebagai study tour pelajar.

2. Fasilitas di Air terjun Botuliodu

Air terjun ini telah memiliki beberapa fasilitas penunjang di tempat wisata ini. Fasilitas pertama yaitu berupa pos tiket sebanyak 1. Selain itu, terdapat pula toilet sebagai tempat buang air kecil/air besar bagi para pengunjung. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari kamar mandi.

Di tempat wisata ini juga tersedia satu musholla yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat muslim. Oleh karena itu, bagi Anda yang beragama islam tidak perlu khawatir tidak dapat melaksanakan ibadah sholat jika berkunjung ke air terjun ini. Fasilitas lainnya yaitu lahan tempat parkir dan shelter sebanyak 4 buah.

3 Destinasi Wisata Cantik Lainnya di Kabupaten Bolsel

Selain terkenal akan keindahan dari Air Terjun Botuliodu, kabupaten Bolsel juga terkenal dengan pariwisata laut dan pantainya. Hal ini karena Bolsel memang memiliki banyak pantai-pantai indah yang cocok untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata. Apa saja wisata laut dan pantai tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Pantai Modisi

Destinasi yang pertama yaitu Pantai Modisi. Pandai Modisi berada di Desa Linawan, Kecamatan Pinolosian. Akses menuju pantai ini juga sangat mudah. Anda hanya akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 menit dari Kota Molibagu.

Pantai modisi memiliki pemandangan laut yang indah dengan pantai yang banyak ditumbuhi pohon kelapa. Selain itu, terdapat pula fasilitas berupa gazebo yang berjejer di tepi tanggul. Di sini Anda dapat merasakan keindahan laut dan juga pantai yang mengagumkan.

2. Pantai Sondana

Pantai Sondana sangat populer di Kabupaten Bolsel karena merupakan pusat wisata kuliner. Selain itu, pantai ini juga kerap kali dijadikan tempat perayaan hari-hari besar nasional dan even-even besar Kabupaten Bolsel, seperti Festival Teluk Tomini yang rutin ada setiap tahunnya. Oleh karena itu, keindahan pantai ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

3. Pantai Biniha Timur

Tak kalah dengan dua pantai di atas, Pantai Biniha Timur juga memiliki pesoan yang indah. Pantai ini terletak di pusat kota Molibagu, sehingga sangat mudah untuk Anda akses. Jarak tempuh dari Kota Molibagu pun hanya sekitar 15 menit saja.

Nah, demikianlah penjelasan tentang Air Terjun Botuliodu dan juga beberapa rekomendasi destinasi wisata di Kabupaten Bolsel. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda, ya.(rhp)

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button