Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
LifestyleTravel

Air Terjun Kandawu Ndawuna: Destinasi Petualangan di Buton, Sulawesi Tenggara

Advertisement

Jika Anda pencinta petualangan, Air Terjun Kandawu Ndawuna di Buton, Sulawesi Tenggara, adalah tempat yang wajib Anda kunjungi. Terletak di tengah hutan dengan pemandangan alam yang masih sangat alami, air terjun ini menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Lokasi dan Perjalanan

Air Terjun Kandawu Ndawuna berada di Desa Waondo Wolio, Kecamatan Kapontori, sekitar 76 kilometer dari Kota Bau Bau. Perjalanan ke sana memakan waktu sekitar dua jam dengan kendaraan, melewati jalan raya hingga Kecamatan Kapontori, kemudian dilanjutkan menuju Desa Waondo Wolio. Dari desa ini, perjalanan diteruskan dengan trekking beberapa kilometer melalui hutan dengan medan yang cukup menantang hingga mencapai air terjun.

Advertisement

Keindahan dan Keunikan

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan air yang jatuh deras dari tebing batu yang memanjang. Dari kejauhan, tebing tersebut tampak seperti tembok batu raksasa dengan air yang mengalir di sisinya, menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Di bagian atas, tebing tersebut berundak kecil, sehingga aliran air membuat kelokan yang cantik. Pengunjung dapat melihat keindahan air terjun ini dari dekat, baik dari atas tebing maupun dari kolam air di bawahnya. Namun, perlu diingat bahwa bebatuan di sekitar air terjun sangat licin, sehingga harus berhati-hati.

Pengalaman Tak Terlupakan

Kawasan sekitar Air Terjun Kandawu Ndawuna sangat asri dan terjaga. Udara yang sejuk dan suara gemericik air terjun memberikan suasana yang menenangkan. Pengunjung dapat menikmati piknik di sekitar air terjun atau berenang di kolam air yang jernih dan menyegarkan. Tempat ini juga sempurna untuk berburu foto dengan latar belakang alam yang luar biasa.

Advertisement

Tips Berkunjung

  • Waktu Kunjungan: Air terjun ini terbuka untuk umum selama 24 jam, namun disarankan untuk berkunjung pada pagi hingga sore hari agar tidak terjebak dalam gelap malam hutan.
  • Cuaca: Hindari berkunjung saat musim hujan karena jalan menjadi sangat licin dan volume air bisa meningkat drastis.
  • Perlengkapan: Bawa bekal makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung atau fasilitas di sekitar air terjun. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk trekking.
  • Kewaspadaan: Medan perjalanan cukup menantang, jadi siapkan fisik dan mental sebelum berangkat.

Air Terjun Kandawu Ndawuna adalah surga tersembunyi di Buton yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Bagi Anda yang suka berpetualang, tempat ini harus masuk dalam daftar destinasi liburan Anda. Nikmati keindahan alam yang masih perawan dan segarkan diri Anda dengan gemericik air terjun yang menenangkan.

Advertisement

Fifi Farla

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button