Travel

Pesona Air Terjun Soguo Bolsel

Air terjun Soguo adalah salah satu wisata alam yang patut masuk ke dalam daftar kunjungan Anda saat liburan panjang tahun ini. Destinasi wisata ini sendiri berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan atau yang terkenal dengan nama Bolsel.

Mungkin nama kota ini cukup asing di telinga kita semua, karena memang Bolsel adalah salah satu kota kecil yang ada di Sulawesi Utara. Namun meski begitu, kota ini memiliki pesona yang sangat indah khas Indonesia bagian timur.

Air Terjun Soguo Bolsel Pesona Indah yang Belum Terjamah

Tak hanya pantai dan wisata bawah airnya yang indah, namun Bolaang Mongondow Selatan juga memiliki banyak sekali wisata alam lain yang tak kalah indah. Salah satunya seperti air terjun ini. Meski letaknya yang masih terbilang jauh dan belum terjamah banyak orang karena aksesnya yang susah.

Tapi justru hal inilah yang menjadi keunikan dari air terjun tersebut. Sebab air terjun ini belum banyak orang kunjungi sehingga masih terkesan alami. Karena belum terjamah tangan banyak orang.

Salah satu hal yang membuat air terjun ini juga unik adalah, tiga air terjun yang terdapat di sana. Sehingga saat berkunjung ke air terjun ini, Anda tidak hanya bisa melihat satu air terjun saja. Namun juga melihat 3 air terjun sekaligus.

Maka tidak heran jika tempat ini banyak orang rekomendasikan untuk Anda kunjungi pada saat liburan nanti. Jadi bagi Anda yang sudah bosan liburan di pantai, maka tempat ini bisa menjadi alternatif.

Artikel Terkati; Keindahan Objek Wisata Air Terjun Botuliodu Bolsel

Dan sebelum mengunjungi air terjun Soguo, berikut ini adalah beberapa fakta yang harus Anda ketahui:

  1. Lokasi dan Jam Buka

Air terjun ini berada di Desa Salongo Timur, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan termasuk dalam Provinsi Sulawesi Utara.

Jam buka air terjun ini sendiri 24 jam, tapi karena lokasinya yang cukup terpencil maka Anda sebaiknya datang di siang hari.

  1. 3 Titik Air Terjun

Seperti yang sudah sempat kami jelaskan sebelumnya jika air terjun ini memiliki 3 titik air terjun. Dan letaknya juga tidak terlalu jauh antara satu air terjun dengan air terjun yang lainnya. Hal inilah yang membuat air terjun ini menjadi unik dan patut untuk Anda kunjungi.

Setiap air terjun juga memiliki ketinggian yang beragam antara 50 meter hingga 70 meter yang pastinya akan memberikan pemandangan yang luar biasa.

Pada beberapa air terjun, lokasinya penuh dengan bebatuan dan sungai yang cukup dangkal sehingga bisa Anda jadikan tempat untuk bermain, bersantai atau berfoto di depan air terjun. Sambil duduk di bebatuan.

Namun ada salah satu air terjun yang memiliki kolam cukup dalam sehingga bisa Anda gunakan untuk berenang. Anda juga bisa naik ke tebing untuk lompat ke dalam kolam jika Anda cukup berani dan ingin menantang adrenalin. Agar perjalanan liburan di air terjun ini menjadi tidak biasa.

Karena air terjun ini masih jarang dikunjungi banyak orang, tempatnya masih terbilang alami. Dengan pepohonan yang cukup rindang dan hijau. Tempat ini tidak hanya menyenangkan tapi juga bisa membuat Anda merasa tenang saat mengunjunginya.

Apalagi karena air terjun ini cukup sepi dan tidak banyak pengunjung, maka bagi Anda yang ingin menenangkan diri sejenak. Bisa coba datang ke sini untuk melihat hijaunya pemandangan alam dan gemericik air yang jatuh dari atas.

Sebaiknya kunjungi tempat ini di musim kemarau karena volume air yang tidak terlalu banyak sehingga lebih aman untuk Anda saat bermain-main di air terjun ini. Apalagi jika Anda ingin berenang di kolamnya.

Karena pada saat musim hujan, volume air pastinya akan lebih banyak dan membuat kolam cukup berbahaya jika Anda ingin berenang di sana.

  1. Akses Jalan yang Belum Tersedia

Air terjun ini memang berada di Kecamatan Bolaang Uki dan terbilang cukup terpencil. Karena wilayahnya yang berada di lokasi yang belum banyak terjamah orang. Sehingga akses jalan pun belum tersedia.

Namun lokasinya juga tak terlalu jauh dari Kota Bolaang Uki dan hanya berjarak sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, akses jalan untuk mobil sedikit lebih sulit. Karena setengah perjalanan sudah menggunakan jalanan beraspal. Namun setengahnya lagi masih merupakan jalanan berbatu.

Sehingga membutuhkan tekad yang kuat untuk bisa mencapai tempat ini. Tapi begitu melihat air terjun yang ada di sana. Pastinya lelah Anda akan terbayar. Lagipula pemandangan selama perjalanan juga sangat menakjubkan.

Karena daerah Bolaang Mongondow Selatan sendiri masih cukup terjaga kealamiannya. Sehingga pemandangan di sekitarnya sangat indah dan masih asri. Sehingga meski akses untuk menuju ke air terjun ini masih cukup sulit.

Anda akan tetap merasa terhibur selama perjalanan dengan pemandangan yang cukup segar. Apalagi jika Anda sudah berhasil sampai di lokasi air terjun. Rasa lelah pun terbayar dengan pemandangan yang sangat indah.

Jadi pastikan saat akan menuju ke air terjun ini, Anda harus menyiapkan beberapa hal sebelum memulai perjalanan. Seperti menyiapkan fisik, kondisi kendaraan dan perbekalan. Seperti makanan ringan dan minuman.

  1. Dekat dengan Wisata Alam Lain

Selain bisa berkunjung ke air terjun Soguo Anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata alam lainnya yang tak kalah indah. Yakni, Puncak Soguo. Jaraknya juga tak terlalu jauh bahkan jika Anda hendak ke air terjun.

Anda akan melewati puncak ini karena lokasinya yang cukup dekat bahkan bersebelahan. Puncak ini juga bisa menjadi tujuan Anda berikutnya selain air terjun. Karena di sini Anda tidak hanya bisa melihat pemandangan alam Bolaang Selatan yang indah.

air terjun Soguo
Agung Nugraha Pic

Namun Anda juga bisa melihat beberapa spot foto yang letaknya di ketinggian. Sangat indah dan dan instagramable. Di sini Anda juga bisa duduk duduk santai sambil menikmati pemandangan alam di sekitar dengan bebas.

Karena letaknya yang ada di daerah perbukitan maka panorama di sana akan terbuka dengan luas dan Anda akan melihat hijaunya perbukitan di sekitar Puncak Soguo. Dan langit biru yang selalu cerah khas Indonesia wilayah timur ya.

Jarak air terjun dari Puncak Soguo ini cukup dekat hanya 8 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tapi untuk menuju ke puncak, Anda harus mendaki kurang lebih selama 1 jam dengan medan yang cukup berat.

Artikel Lainnya; Air Terjun Dodandian Matabulu Patut Dijempol

Tapi perjalanan tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang indah dari atas puncak. Di sana Anda tidak hanya bisa melihat hijaunya perbukitan tapi bisa melihat panorama dari 3 teluk sekaligus.

Jadi bagi Anda yang memiliki waktu luang, coba jalan jalan ke Bolsel karena ada banyak wisata alam yang bisa Anda jelajahi di sini. Mulai dari pantai hingga air terjun.

Salah satunya seperti air terjun Soguo ini, dan jika Anda berkesempatan mengunjungi air terjun tersebut. Jangan lupa untuk mampir ke Puncak Soguo ya. (rhp)

Yuni Supit

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button