Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Travel

Air Terjun Dodandian Matabulu Patut Dijempol

Merasakan Kesejukan Air Alami dari Puncak Gunung

Advertisement

Air terjun merupakan suatu destinasi wisata alam yang memberikan nuansa segar dalam pandangan mata. Gemercik air yang turun dari atas, membuat pikiranpun semakin terpicu adrenalin kita. Ada salah satu destinasi wisata alam andalan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Boltim. Wisata itu adalah Air Terjun Dodandian.

Air Terjun Dodandian biasa di sebut dengan Air Terjun Matabulu karena berada di Desa Matabulu Kecamatan Nuangan Boltim dengan ketinggian kurang lebih 75 mater dan Lokasi air terjunnya sekitar 2 km dari Desa Matabulu

Advertisement

Kesejukan area air terjun membuat para pengunjung betah berlama-lama di sana. Orang yang senang dengan tantangan, atau para wisatawan yang benar-benar ingin menikmati lokasi wisata ini pasti akan tetap semangat menujuke air terjun ini.

Tantangan Akses Menuju Air Terjun Dodandian

Advertisement

Tempat wisata yang satu ini, Air Terjun Matabulu merupakan salah satu wisata air terjun yang akses menuju lokasi agak sulit. Tidak hanya berjarak 2 km saja untuk menuju kesana, dalam waktu separuh perjalanan kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor, lalu di parkir di tepi jalan di tempat perkebunan warga.

Namun setelah itu kalian menuju kesana dengan berjalan kaki dan menempuh waktu sekitar 15 menit. Kemudian kalian harus melalui lereng bukit. Setelah melewati perjalanan yang melelahkan, Lelah kalian akan terbayar dengan pesona alam air terjun ini.

Sebuah air terjun yang curah ketinggiannya 75 meter ini membuat mata kalian akan terkagum-kagum. Pemandangan air yang jatuh dari sebuah tebing tinggi, dan dengan kesegaran angin yang menyertainya. Apalagi lihatnya ketika sore hari, ada cahaya matahari yang mengiringi gemercik air.

Artikel Terkait: Keindahan Objek Wisata Air Terjun Botuliodu Bolsel

Advertisement
Air Terjun Dodandian
Foto by Umamphotowork via drone

Lelahnya Terbayarkan

Cahaya di pagi hari ketika matahari baru saja terbit juga dapat menembus dan menghiasi air sekaligus tebing air terjun ini. Kenampakan alam ini tidak selalu dapat terjadi loh, karena ada beberapa air terjun dengan posisi yang kurang tepat sehingga tidak menghasilkan pemandangan alam dengan cahaya yang indah seperti Air Terjun Dodandian.

Mengapa di daerah ini jalan aksesnya radak sulit? Karena ada beberapa penjelasan dari pihak aparatur desa yang mengatakan, bahwa tidak apa-apa akses jalan radak sulit, karena ini nantinya jadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang bertandang kelokasi wisata ini.

Apa Saja Manfaat Minum Air Putih? Berikut ini Penjelasannya

Sehingga ketika pelaporan tentang wisata lokal yang mempunyai potensi luar biasa ini, sengaja tidak di berikan pelaporan dan tidak memohon dana untuk perbaikan jalan dalam bentuk aspal, tetapi jalan tersebut sudah ada perbaikan, tidak dalam bentuk jalan beraspal, kemudian ada perbaikan lagi untuk tempat wisata dan juga beberapa fasilitas yang ingin di tambahkan.

Yah, apa yang di rasakan ketika kita ke air terjun ini rupa-rupanya benar. Dengan jalan yang tidak terlalu bagus ini membuat tantangan tersendiri kepada para wisatawan yang bertandang kelokasi wisata Air Terjun Dodandian. Sehingga mereka bisa merasa lebih puas ketika sampai di lokasi wisata air terjunnya.

BACA JUGA: KEINDAHAN PANTAI AIR BELANDA

Memandangi Air Terjun Dengan Mata yang Tertutup

 Apa bisa sih memandangi air terjun dalam keadaan mata tertutup? Bisa saja, karena wisata alam ini berupa air terjun yang keadannya bisa di rasakan. Air terjun merupakan kenampakan alam yang berupa air dan turun dari ketinggian yang amat tinggi. Sehingga ada suara khas yang menyertainya. Suara ini akan membuat setiap orang yang mendengarkan seakan hatinya ikut bergemuruh.

Advertisement

Dengan keadaan yang seperti ini akan membuat satu hal yang positif jika kalian renungkan. Pasalnya, suara itu akan membuat garis-garis kekuatan dalam hati bahwa kita adalah makhluk Tuhan yang lemah. Dan untuk menunjukkan bahwa kita kuat adalah menata tekad kita untuk melakukan hal yang lebih baik.

Wahana wisata alam air terjun ini sangat cocok untuk perenungan. Silahkan kalian coba dengan mata tertutup ya, dan rasakan bagiamana sensasi saat mendengar suara bisikan air terjun tanpa melihatnya. Lakukan itu hingga beberapa menit.

13 Rekomendasi Destinasi Wisata Sulawesi Utara

Dengan beberapa penjelasan di atas, kita dapat tahu bahwa Air Terjun Matabulu merupakan suatu wisata alam yang cenderung kepada wisata yang memicu adrenalin. Namun kesegaran dan kesejukan, serta jauh dari hiruk-pikuk polusi kota, akan membuat kita semakin sehat. Melepas penat dengan cara berteriak juga merupakan sebuah solusi untuk mengobati kepenatan. Sehingga kita akan kembali ketempat asal kita dengan semangat yang baru.

Semoga dengan informasi yang kami sajikan tentang Air Terjun Matabulu dapat memberikan manfaat tentang pariwisata yang menarik yang ada di daerah Kabupaten Boolang Mongondow Timur Sulawesi Utara, dan menjadikan tempat wisata ini sebagai referensi kalian ya. Demikian info dari kami, semoga bermanfaat.(rhp)

Baca juga: Air Terjun Ayuhulalo dengan Panorama yang Sejuk

Advertisement

Fifi Farla

Ibu Rumah Tangga yang hoby Travel dan Memasak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button