Sukseskan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024

bLOG Waktu
Advertisement
Bisnis

Bantalan Sosial Untuk Penanggulangan Dampak Kenaikan BBM

Advertisement

Waktu.news | Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam Rakor TPID bersama Mensos, Menaker, Kementrian Desa, Pihak TNI dan Jaksa Agungdi di kanal Kemendagri, Senin 05 september 2022.

Mendagri Tito menyampaikan tentang langkah dan tips dalam rangka pengendalian inflasi pada Rakor Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Advertisement

Jadikan Inflasi sebagai prioritas dan masukkan dalam agenda utama untuk menangani inflasi daerah masing-masing, kemudian bersinergi dengan semua stakeholder seperti kita mengcopy saat penanganan pandemi covid 19, kebersamaan sebetulnya kuncinya,” ungkap Tito.

Tito juga berharap, selain dari APBN dan APBD manfaatkan juga CSR di daerah masing-masing, dari pengusaha-pengusaha dan masyarakat yang mampu dengan skema mengembangkan kegotong royongan,” kuncinya. (rhp)

Advertisement

Bantalan Sosial Untuk Penanggulangan Dampak Kenaikan BBM

1. Bansos yang dikelolah oleh kemensos

Bantuan langsung tunai (BLT) dengan alokasi anggaran sebesar Rp12,4 triliun dan menyasar 20,65 juta kelularga penerima manfaat (PKM).

bantuan langsung tunai disalurkan oleh kementrian sosial melalui PT Pos Indonesia. akan dibayarkan kemensos sebesar Rp.150 ribu selama empat kali. dalam hal ini kemensos akan membayarkan du akali Yaitu Rp.300 ribu pertana dan Rp.300 ribu kedua

Tim Pengendalian Inflasi Jaga Stabilitas Harga Pangan

Advertisement

2. Refocusing Dana 2% dari dana alpkasi umum nasional

Pemerintah daerah diminta menyiapkan sebanyak 2% (dua persen) dari dana transfer umu (DTU) yaitu dan alokasi umum (DAU) dan DBH (dana bagi hasil) untuk pemberian subsidi disektor transportasi. subsidi ini akan di peruntukan bagi angukutan umum, ojek hingga nelayan serta perlindungan sosial tambahan. selain itu, pemda juga diminta untuk melindugi daya beli masyarakat. kementrian dalam negeri akan menerbitkan aturan, dan kementrian keuangan juga menetapkan peraturan menteri keuangan yang mengatur hal tersebut.

3. Dana reguler APBD yang ada di anggaran pemda masing-masing (BTT + Bansos)

Total alokasi anggaran belanja tidak terduga pada APBD provinsi dan kab/kota tanun anggaran 2022 sebesar Rp13,76 triliun, dengan realisasi mencapai 12,04% (Rp1,65 triliun) dan bantuan sosial pada APBD provinsi kab/kota sebesar Rp11,45 triliun dengan realisasi mencapai 35,75% (Rp4,09 triliun) per tanggal 3 september 2022.

4. Dana Desa maksimal 30% yang digunakan untuk bansos bagi masyarakat yang terdampak inflasi

Total dana desa seluruh indonesia tahun 2022 sebesar Rp68 triliun dengan penyaluran dana desa per tanggal 29 agustus 2022 sebesar Rp49,64 triliun (73,06%)

Ini Pesan Mendagri Tito Karnavian Kepada Kepala Daerah Untuk Atasi Stabilitas Harga Bahan Pokok

Advertisement

Advertisement

Refli Puasa

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010. "Mengamati, merespons, merekam dan menceritakan kisah" #DSAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button